7 Persiapan Penting sebelum Belajar Main Gitar

Persiapan sebelum belajar gitar – Dalam belajar main gitar dari nol, ada beberapa poin yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu sebelum memulai, poin-poin ini menyangkut kesuksesan dan keberhasilan dalam belajar main gitar, agar apa yang kamu ingin bisa didapatkan.

Anggap saja saat ini kamu belum paham mengenai permainan gitar, sehingga kamu hanya bisa melihat teman-teman tongkrongan dalam memainkannya. Tidak lama setelanya, Saya yakin kamu berkesimpulan bahwa “Hmm, bermain gitar ternyata tidak begitu rumit ya..”.

Stop! Hentikan pemikiran seperti itu. Ketahuilah, cara mudah bermain gitar itu tidak seperti yang dibayangkan, mereka yang telah mahir tentunya terlihat sangat gampang, bahkan tanpa melihat apa yang mereka pegang. Namun jangan lupa, itu karena mereka sudah mahir.

Lalu bagaimana dengan kamu? Yang masih awam dan belum tahu apa-apa, bahkan memegang gitar saja masih gemetar? Apakah belajar sehari-dua hari bisa langsung seperti mereka? Tentu tidak.

Masih cukup panjang perjalanan yang harus kamu lalui, banyak tahap-tahap inti yang harus dipahami, sederhananya mulai dari cara menghapal dan mengingat Chord gitar, mengenal tempo pemindahan chord, menyesuaikan dengan nada lagu dan lain-lain.

Persiapan sebelum Belajar Gitar untuk Pemula

Pada artikel ini, kita tidak akan langsung melangkah ke poin diatas, tapi lebih kepada beberapa poin dasar, yakni Persiapan sebelum belajar gitar bagi kamu yang benar-benar pemula.

Pahami semua poin yang akan saya sampaikan di bawah ini dengan seksama. Memang ada beberapa poin yang terkesan sederhana bahkan terasa tidak penting, namun kali ini buang jauh-jauh pemikiran seperti itu, karena semuanya bersifat penting. Oke langsung saja, simak ulasan di bawah ini sampai selesai.

1. Niat yang Kuat

Yang paling utama tentunya adalah Niat. Apapun hal yang kamu rencanakan untuk segera direalisasi, niat adalah poin pertama sekaligus paling penting. Tanpa adanya niat yang kuat, peluang untuk gagal atau berhenti di tengah jalan akan semakin besar.

Tidak ubahnya sebelum belajar bermain gitar. Keinginan kamu adalah bisa menggunakan alat musik tersebut dengan baik, setidaknya hasil yang didapat tidak mengecewakan saat dalam tahap pembelajaran.

Kuatkan niat terlebih dahulu baru kemudian susun rencana, mulai dari waktu, berbagai persiapan hingga motivasi untuk belajar main gitar lebih giat dari waktu ke waktu.

2. Punya Teman yang Bisa Bermain Gitar

Kalau kamu adalah seorang laki-laki remaja, biasanya dalam tongkrongan kamu pasti ada yang mahir memainkan gitar, setidaknya satu orang. Hal ini akan mempermudah kamu dalam belajar.

Misalnya saja untuk : tempat bertanya tentang beberapa hal yang mungkin membingungkan, sebagai motivasi tambahan, hingga ajang meniru dengan memperhatikan dia saat bermain gitar.

Memang saat ini banyak badan yang menyediakan jasa, seperti kelas musik hingga kursus musik. Meskipun jasa seperti ini akan lebih efektif, namun tidak semua orang punya waktu dan modal untuk bergabung.

Menurut saya, mempunyai seorang teman yang bisa bermain gitar sangat mempermudah kamu dalam belajar hingga mengerti. Ini adalah pengalaman pribadi saya ketika pertama kali memegang alat musik gitar.

Saya pertama kali belajar bermain gitar pada tahun 2011 silam, ketika duduk di kelas X (1 SMA). Di masa SMP, tidak ada sedikitpun niat untuk belajar, namun ketika memasuki SMA dan punya banyak teman baru yang pandai bermain gitar, saya langsung terniat untuk belajar.

Kelebihan belajar kepada teman adalah, kamu bisa bertanya apa saja bahkan sampai dia pusing sekalipun, tapi meskipun begitu, dia akan tetap setia membantu kamu karena yang namanya teman, akan selalu mendukung sepenuh hati.

Tidak tanggung-tanggung, hasil yang saya dapatkan sangatlah memuaskan, karena hanya butuh waktu 2 mingguan, saya sudah bisa menghafal kunci dasar A sampai G. Dan dalam kurun waktu satu bulan saja, beberapa lagu sudah bisa saya mainkan dengan baik.

3. Terdapat Jiwa Musik dalam Diri

Ketika saya SMA dulu, guru Seni Budaya saya pernah berkata bahwa, seseorang yang punya jiwa seni musik dalam dirinya, akan mempermudah dia dalam belajar dan memahami berbagai jenis alat musik.

Tapi seni yang dia maksud bukan kemampuan bernyanyi saja, namun lebih kepada mudahnya pemahaman terhadap alat pengiring nyanyian, misalnya gitar, drum, piano dan sejenisnya.

Hal ini juga saya rasakan dalam diri saya. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, bahwa saya berhasil menghapal semua kunci dasar gitar hanya dalam waktu 2 minggu saja, ini adalah waktu yang termasuk singkat.

Sebagai bukti adalah, bukan hanya bermain gitar saja, tapi juga Bass, Drummer dan bernyanyi. 3 jenis alat musik tersebut saya pelajari hanya dalam waktu singkat. Memang belum bisa dianggap ahli, tapi setidaknya saya paham dan mengerti pola serta aturan mainnya.

Disini saya tidak bermaksud untuk mematahkan semangat kamu, jika seandainya kamu kurang berbakat dalam bidang seni musik. Kamu bisa jika kamu yakin dan terus belajar.

Memiliki jiwa seni musik, hanya sebagai pembantu dan keuntungan secara individual saja saat belajar memainkannya, sehingga proses latihan akan sedikit lebih cepat dibanding kurang mengerti mengenai musik.

Paham Cara Bernyanyi

Hal yang harus diperhatikan sebelum belajar main gitar berikutnya adalah, kamu harus paham bagaimana cara bernyanyi. Yang saya maksud dengan paham disini adalah, kamu bisa menyesuaikan dan menyelaraskan suara dengan musik yang mengalir.

Yang kita kenal selama ini hanyalah orang yang tidak bisa bernyanyi, tapi ini berbeda, orang yang saya maksud tidak paham ini ialah mereka yang ketika bernyanyi, suaranya benar-benar tidak ‘masuk’, alias suara dan musik tidak “klop” atau tersambung.

Nah, kamu sudah paham kan? Orang yang seperti ini akan sangat sulit belajar alat-alat musik, seperti bermain gitar contohnya, karena tahukah kamu, sarat tidak langsung untuk bisa menguasai gitar adalah, kamu harus paham cara bernyanyi.

4. Optimis

Syarat belajar main gitar selanjutnya adalah rasa optimis dan keyakinan, bahwa kerja keras dan ketekunan yang kamu lakukan pasti membuahkan hasil. Jangan mudah menyerah di tengah jalan, apalagi hanya karena hal sepele.

Cukup pakai prinsip bahwa apa yang ditanam itu yang dipetik. Pesimis hanya akan menghantarkan kerja keras pada hal yang sia-sia. Jangan sampai ketika kamu sudah berusaha keras dalam belajar, namun berhenti di tengah jalan, kemudian gagal.

Kamu harus mampu mempersiapkan mental diri kamu sematang mungkin. Selain itu, kamu juga harus menyadari bahwa proses belajar bermain gitar itu tidak semudah yang dibayangkan.

6. Jangan Vakum dalam Berlatih

Ini merupakan salah satu masalah terbesar yang dialami seseorang saat dia berlatih main gitar. Banyak yang secara tiba-tiba berhenti untuk belajar, padahal kemampuan yang diraih masih sangat minim.

Ada pepatah yang mengatakan : Lancar kaji karena diulang, hapal jalan karena ditempuh. Serutin dan serajin apapun kamu berlatih, tapi jika berhenti mengulanginya saat ditengah jalan, otomatis kamu akan lupa segalanya dan memulai lagi dari awal.

Berbeda dengan mereka yang sudah paham atau mahir, meskipun sudah bertahun-tahun tidak memainkan gitar, namun ingatan tentang cara mainnya tidak akan pernah lupa, karena telah menjadi kebiasaan.

7. Membeli sebuah Gitar (Opsional)

Hal yang harus diperhatikan sebelum belajar main gitar yang terakhir adalah, belilah sebuah gitar jika kamu punya modal. Tidak perlu yang mahal dan bagus, asalkan kuakitasnya layak untuk sijadikan properti dalam latihan.

Apakah wajib membeli sebuah gitar saat belajar? Jawabannya tidak. Tapi dengan adanya gitar pribadi, proses belajar akan semakin mudah, karena akan sangat susah jika belajar dengan teman / orang lain, dengan hanya mengandalkan satu gitar saja.

Penutup

Nah, itulah informasi mengenai 7 Persiapan sebelum belajar gitar bagi pemula. Untuk kamu yang ingin benar-benar serius, perhatikan 7 poin diatas lalu terapkan, semoga kamu bisa segera mahir bermain gitar. (Referensi)

Baca juga :

Satu pemikiran pada “7 Persiapan Penting sebelum Belajar Main Gitar”

Tinggalkan komentar