Peralatan Melukis

Sebagai calon atau orang yang berprofesi sebagai seniman, mengetahui beberapa Peralatan Melukis adalah hal yang wajib, demi menciptakan karya lukis yang indah, memiliki kesan serta karakteristik dan harga jual yang tinggi.

Begitu pula bagi anak-anak yang tengah belajar, atau sedang membuat tugas, dengan mengetahui Media Untuk Melukis maka hasil yang diciptakan akan lebih berkualitas, serta mempermudah dalam proses belajar Cara Melukis maupun pembuatan.

Pengertian Seni Lukis adalah salah satu bagian daru Seni Rupa. Disebut pula sebagai bentuk pengembangan d iiari menggambar. Melukis merupakan kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi, untuk mendapat kesan tertentu

Secara umum, beberapa Alat dan Bahan untuk melukis bagi pemula diantaranya adalah Kuas, brush, pensil, penggaris, penghapus, kertas, kanvas, cat dan alat bantu lainnya. Semua hal inti di atas diupayakan untuk dilengkapi sebelum memulai melukis sesuatu.

Dalam prakteknya, juga diperlukan beberapa Teknik dalam Melukis yang harus dikuasai terlebih dahulu, dan juga Unsur Unsur dalam Seni Rupa seperti pemahaman mengenai Titik, Garis, Bidang, Tektur, Pencahayaan, bentuk dan lain sebagainya.

Peralatan Melukis Bagi Pemula & Profesional

Untuk menjadi seorang pelukis profesional bukanlah hal yang mudah, diperlukan kerja keras, kesabaran, banyak belajar, penguasaan teknik dasar dan pendalaman, kerjasama dan lain sebagainya.

Untuk itu, persiapkan Perlengkapan Melukis ini terlebih dahulu. Selain mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan, hal lain yang harus diketahui adalah kegunaan-kegunaan dari semua alat yang kita siapkan.

Nah, sebelum memulai untuk melukis sesuatu, simak dan perhatian terlebih dahulu beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum melukis oleh Senipedia, melalui penjabaran di bawah ini, terlebih yang sifatnya mendasar. Check this out…

1. Kertas

Peralatan melukis

Jika kamu adalah seorang pemula, maka media pertama yang harus kamu siapkan adalah kertas. Kamu bisa memilih kertas dengan ketebalan yang diinginkan dan disesuaikan berdasarkan kebutuhan.

Kertas juga sangat cocok dikombinasikan dengan cat air, karena permukaannya memiliki daya serap yang tinggi dan tidak memiliki pori-pori. Sebagai teknik melukis menggunakan cat air pada media kertas, usahakan cat dibuat tidak terlarut terlalu kental.

Terdapat beberapa Jenis Kertas untuk menggambar / melukis yang biasa digunakan, diantaranya adalah :

  • Kertas Concord / Concorde
  • Kertas Linen
  • Kertas Manila
  • Kertas Padalarang
  • Kertas Samson
  • Kertas Kopenhagen / Copenhagen
  • Kertas Impor

2. Kanvas

Gambar kanvas lukisan

Peralatan melukis selanjutnya ialah Canvas. Sebagai elemen dasar, Canvas memiliki sedikit perbedaan dengan kertas yang umumnya tidak berpori-pori, sedangkan canvas memiliki pori-pori dengan cat dasar berwarna putih sebagai penutup.

Canvas lebih cocok dikombinasikan dengan cat minyak, bukan cat air. Ini disebabkan karena cat minyak membutuhkan media yang agak tebal dalam tahap pewarnaan. Jenis Canvas untuk melukis terdiri dari beberapa macam, diantaranya :

  • Cotton Duck Canvas
  • Canvas Linen
  • Canvas Cat Air
  • Serat Sintetis Sebagai Kanvas

3. Kuas

Jenis kuas untuk melukis

Peralatan untuk Melukis selanjutnya adalah Kuas. Kuas adalah media yang digunakan untuk menggoreskan cat melalui ujungnya yang lembut dan terbuat dari bulu-bulu halus, ke media kertas atau canvas, dengan membentuk objek dari sketsa gambar yang telah dirangkai.

Peran kuas begitu penting dalam dunia seni lukis. Namun meskipun begitu, tidak sedikit pula yang lebih memilih menggunakan jari sendiri daripada menggunakan kuas. Namun cara ini memiliki teknik khusus dan belum cocok dipraktekkan bagi pemula.

Dengan menggunakan jari tangan sendiri, seniman umumnya menggunakan cat akrilik atau cat air yang langsung dikeluarkan dari tub nya, sehingga tekstur nya pun jauh lebih kental. Teknik ini biasanya dilakukan oleh Profesional.

Sejauh ini, telah diciptakan beberapa Jenis-Jenis Kuas untuk melukis, dan dikelompokkan berdasarkan bentuk bulunya. Hal ini penting untuk dipahami, karena nantinya sangat berpengaruh terhadap lukisan yang dihasilkan. Berikut, beberapa jenisnya :

3.1. Kuas Round (Round brush)

Dengan bentuk bulunnya yang bulat, mempermudah kamu dalam membuat garis tebal ataupun tipis, sehingga tidak heran jika kuas ini menjadi favorit banyak seniman. Selain itu, Round Brush juga sangat cocok digunakan pada media Canvas yang berukuran besar.

Keunggulan lainnya dari model Round Brush ini adalah, terdapat variasi ukuran yang beragam. Bila kamu hendak menggambar objek yang kecil, maka kamu bisa memilih kuas yang berdiameter kecil, begitu pula sebaliknya.

Umumnya, Kuas Round ini digunakan oleh para Watercolorist, karena mudah disesuaikan dan karena Agrodinamisnya. Namun bagi seorang pemula, jenis ini juga tergolong cocok untuk digunakan.

3.2. Kuas Flat (Flat Brush)

Berikutnya adalah Kuas Flat, berbentuk pipih, memanjang, datar, persegi dan lurus. Model kuas ini sangat baik diaplikasikan ketika membuat garis berkontur lurus, biasanya di bagian tepi, khususnya yang berukuran kecil. Garis yang dihasilkan juga tidak jauh beda dengan Kuas Round.

Jenis Kuas Flat ini juga dibagi menjadi beberapa macam, yakni Bright Brush, Angel Brush dan Filbert brush. Ketika melihat seorang seniman yang tengah melukis, kuas berjenis Flat ini pasti diikutsertakan, karena kegunaannya cukup vital.

3.3. Kuas Fan

Jenis berikutnya bernama Kuas Fan, bentuknya melebar ke bagian ujung, mirip dengan kipas secara umum. Jenis ini sangat cocok untuk menggambar motif dedaunan, karena model yang kecil di pangkal dan melebar ke ujung, sehingga mudah mencetak motif daun.

3.4.Kuas MOP

Kuas khusus ini tidak dibuat dari bahan umum, tapi biasanya bulunya terbuat dari bulu-bulu domba dan tupai. Kuas ini pada dasarnya digunakan untuk menggambar suatu blok yang besar. Bisa pula diaplikasikan untuk mewarnai dasar dari lukisan yang ingin kamu buat.

3.5. Kuas Rigger

Ini adalah jenis dari kuas dengan bentuk ujung yang runcing. Jenis ini biasanya digunakan pada bagian-bagian lukisan yang memerlukan detail dan kehati-hatian tinggi, karena digunakan untuk menciptakan goresan-goresan tipis, kecil dan minim.

Selain mengetahui jenis-jenis kuas di atas, kamu juga membutuhkan pembersih kuas. Kamu bisa menggunakan cairan minyak seperti tinner, solar, dan minyak tanah. Namun jangan menggunakan bensin, karena bahaya dan juga cenderung merusak kuas.

4. Cat

Perlengkapan melukis

Peralatan melukis selanjutnya adalah Cat. Cat menjadi suatu elemen yang penting dalam proses menbuat sebuah lukisan. Dengan adanya cat, maka kesan pada lukisan akan semakin hidup, berkesan indah dan memiliki tingkat harga jual yang tinggi.

Dalam dunia seni lukis, jenis-jenis cat juga terbagi menjadi beberapa macam, diantaranya adalah cat air, cat minyak, cat akrilik, cat poster, cat semprot dan cat tekstil. Berikut, penjelasan dari masing-masing jenis di atas :

4.1. Cat Air

Jenis pertama adala Cat air. Sesuai dengan namanya, bahan utama dalam komposisi cat ini adalah air sebagai media pengencernya. Tipe cat ini lebih gampang digunakan saat melukis pada media kertas, dengan menggunakan bantuan kuas.

Selain cocok untuk pemula, penggunaan cat jenis ini lebih mudah mengering dibandingkan cat minyak atau lainnya. Namun, diperlukan kehati-hatian yang tinggi karena media kertas yang digunakan lebih mudah sobek dibanding canvas.

4.2. Cat Minyak

Sesuai dengan namanya, minyak menjadi bahan utama sebagai campuran dalam cat ini. Cat minyak kurang cocok dipakai oleh pemula, karena lebih sering digunakan oleh seniman-seniman Profesional dan telah memiliki banyak pengalaman.

Keunggulan cat minyak adalah ketahanan yang diberikan, serta ketajaman warna yang dihasilkan, namun proses pengeringan tidak secepat cat air. Kenapa lebih cocok untuk para profesional? Karena cat ini identik dengan lukisan beraliran naturalis dan realis oleh pelukis handal.

4.3. Cat Akrilik

Jenis cat untuk melukis selanjutnya adalah Cat Akrilik. Bahan utama dalam pencampurannya adalah air, namun teksturnya sedikit lebih kental. Cat akrilik sangat cocok digunakan pada media seperti kanvas, kayu dan styrofoam.

Pada prakteknya, penggunaan cat akrilik lebih memberikan hasil yang maksimal ketika menerapkan teknik transparan. Selain itu, cat ini lebih cepat mengering, sama halnya seperti cat air.

4.4. Cat Poster

Tidak berbeda jauh dari cat air, cat poster juga menggunakan bahan air sebagai komposisi utama, serta juga mudah mengering. Cat ini sangat cocok digunakan untuk melukis di media berbahan kertas. Peebedaan dengan cat air adalah, cat poster memiliki 2 sifat warna yaitu Opaque dan Transparan.

Salah satu kekurangan cat poster adalah, Cat tidak water resistant, jadi tidak cocok digunakan untuk mewarnai barang-barang fungsional kecuali divarnish setelahnya. Dan juga, cat ini tidak cocok digunakan untuk lukisan di atas kanvas karena cat tidak se-vibrant warna acrylic.

4.5. Cat Tekstil

Sesuai dengan namanya, cat tekstil umumnya digunakan untuk menggambar pada media kain dan tekstil, misalnya untuk membuat sepatu lukis, melukis kaos, dan sebagainya. Persamaan dengan cat air adalah, menggunaan air sebagai media pengencernya.

Kelebihan dari cat ini adalah, gambar yang dihasilkan umumnya lebih lembut mengikuti tekstur kain atau tekstil. Pengaplikasian lada kain cenderung lebih mudah dan dikenal cukup cepat mengering.

4.6. Cat Semprot

Yang terakhir ada Cat Semprot, jenis cat ini juga kita kenal dengan nama spray atau pilox. Cat ini lebih umum digunakan untuk mengecat suatu karya seni di tembok / dinding-dinding jalan, rumah, tempat perkumpulan umum dan sejenisnya.

Namun saat ini, tidak sedikit pula seniman dalam negeri maupun internasional yang menerapkan cat semprot ini, untuk menghasilkan lukisan yang menawan di media kanvas, bukan hanya di dinding atau tembok saja.

5. Palet

Jenis palet untuk melukis

Selain Kuas, cat, kertas dan canvas, peralatan melukis selanjutnya adalah Palet. Palet adalah alat berbentuk lempeng menyerupai perisai yang biasa digunakan pelukis untuk menaruh berbagai warna cat, biasa disebut dengan palet warna.

Fungsi Palet digunakan untuk tempat meletakkan cat dan kuas, sebelum diaplikasikan ke media tempat melukis seperti kertas atau canvas. Palet umumnya memiliki dasar yang licin, sehingga jenis cat apapun tidak bisa lengket padanya.

Palet memiliki beragam jenis, ada yang berbentuk kotak, dengan desain tertentu, terbuat dari plastik, Stainless steel, memiliki pelengkap, terbuat dari keramik, aluminium dan bentuk-bentuk yang lainnya.

Selain itu, kamu juga membutuhkan pembersih palet, yang manfaatnya juga bisa untuk mengaduk cat di dalam palet. Namun para maestro seni lukis banyak pula yang menggunakannya untuk membersihkan palet setelah selesai melukis.

6. Easel

Easel untuk lukisan

Perlengkapan Melukis selanjutnya adalah Easel. Mungkin masih banyak para pemula yang asing dengan nama ini, namun jika saya sebutkan “penjepit kertas / kanvas” maka semuanya akan langsung kenal.

Ya, easel adalah penjepit media untuk melukis, berdiri sedikit miring dengan ketinggian yang bervariasi, menggunakan 2 tongkat tiap sudutnya. Ukuran tiap Easel menyesuaikan dengan ukuran canvas / kertas.

7. Pensil

Pensil melukis berwarna

Pensil merupakan peralatan melukis yang bisa dikatakan wajib ada dan tersedia. Pensil umumnya digunakan untuk membuat sketsa awal dari objek lukisan. Hal ini perlu dilakukan untuk memaksimalkan sketsa, karena jika salah masih bisa dihapus.

Pensil yang digunakan untuk melukis juga memiliki beberapa jenis, tergantung kebutuhan dan keinginan kamu. Beberapa diantaranya adalah :

  • Pensil H dan B
  • Pensil HB
  • Pensil 2B
  • Pensil 3B
  • Pensil 4B
  • Pensil 5B,6B,7B, dan 8B
  • Pensil Warna Hitam
  • Pensil Mekanik
  • Pensil Arang
  • Pensil Warna

8. Spidol

Alat untuk menggambar

Berikutnya ada Spidol, yang digunakan untuk melukis di media kain. Spidol khusus ini berbeda dengan jenis yang kita kenal di sekolah ataupun kantor. Spidol ini memang dirancang khusus untuk para seniman. Beberapa Jenis Spidol untuk melukis diantaranya adalah :

  • Giotto Decor Textile
  • Artline Shirt Marker EKT-2
  • Simbalion Fabric Marker
  • Sharpie Stained
  • Rabbitchalk Spidol Kain
  • Crayola Washable Markers Super Tips – 10 Warna
  • Tulip Permanent Nontoxic Fabric Markers – 20 Pack – Multicolor
  • Bianyo Clic Series Alcohol-Based Dual Tip Art Markers.

Berikutnya : Teknik Melukis

Penutup Peralatan Melukis

Nah, demikianlah beberapa Perlengkapan Melukis beserta penjelasan dan gambarnya. Semoga dengan mengetahui alat-alat untuk melukis di atas, bisa membantu kamu menjadi seorang seniman lukis Profesional. Terima kasih. (Ref).

Tinggalkan komentar