130+ LAGU DANGDUT LAWAS Terbaik Selamanya

Lagu Dangdut Lawas – Indonesia merupakan negara dengan tingkat kesenian yang tinggi, ini terbukti dari catatan sejarah yang membuktikan betapa banyaknya lagu tradisional pada tiap-tiap daerah, dan berumur cukup tua. Nah, salah satu aliran musik asli Indonesia yang tersohor ialah Musik dangdut.

Di tahun 70an, sebenarnya sudah banyak lagu dangdut lama dan tetap eksis hingga saat ini. Begitu pula dengan kemunculan penyanyi dangdut lawas seperti Rhoma Irama, Hamdan ATT, A. Rafiq, Muchsin Alatas, Rita Sugiarto dan masih banyak lagi.

Jika dikaji lebih dalam, Aliran musik dangdut sudah ada sejak tahun 60an, namun eksistensinya mulai terlihat beberapa tahun setelahnya. Salah satu Lagu Dangdut Nostalgia yang terkenal saat itu ialah tembang kenangan dari Raja Dangdut, Rhoma Irama.

Uniknya lagi, kumpulan Lagu dangdut 70an dan 80an bukannya menghilang, namun saat ini malah menjadi makin populer, dan terus hidup di sanubari masyarakat tanah air. Memang diakui, lantunan musik dan lirik yang “ngena” memang menjadi unggulan sampai sekarang.

Kumpulan Lagu Dangdut Lawas Terbaik Sepanjang Masa

Pada kesempatan kali ini, Senipedia telah merangkum kumpulan Lagu Dangdut Lawas Terbaik dan paling populer sepanjang masa. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu mengenai musik dangdut zaman dulu. Check this out…

1. Begadang – Rhoma Irama

Lagu Dangdut Terbaik pertama versi Se iinipedia ialah tembang santai dari The King Of Dangdut kita, yakni H. Rhoma Irama. Saya percaya, siapapun kamu yang membaca artikel ini, pasti kenal bahkan hapal dengan lirik lagu ini.

Lagu ini benar-benar sudah Lawas, dirilis pada tahun 1973 dan dilabeli oleh Yukawi Indo Music. Ketenaran lagu ini tidak akan lekang oleh waktu, ditambah pula, lantunan musik yang tidak ketinggalan zaman. Sehingga, eksistensinya akan abadi.

Makna lagu begadang sendiri mengisyaratkan kepada kita bahwa, akibat yang tidak baik yang didapat jika begadang semalaman penuh, tanpa ada tujuan yang jelas. Nah, berikut lirik lagu dangdut Begadang dari Rhoma Irama :

Begadang jangan begadang,
Kalau tiada artinya,
Begadang boleh saja,
Kalau ada perlunya…

Reff :
Kalau terlalu banyak begadang,
Muka pucat karena darah berkurang,
Bila sering kena angin malam,
Segala penyakit akan mudah datang…

Darilah itu sayangi badan,
Jangan begadang setiap malam…

2. Sekuntum Mawar Merah – Elvy Sukaesih

Lagu dangdut lawas terbaik
Planetdangdut.com

Berikutnya datang dari artis dangdut wanita terbaik milik Indonesia, yakni Bunda Elvy Sukaesih, melalui salah satu tembangnya yang berjudul “Sekuntum Mawar Merah”. Sedikit lebih tua dari lagu “Begadang”, lagu ini dirilis tahun 1971.

Ketika saya kecil dulu, di desa saya akan selalu mengadakan Organ Tunggal di malam harinya ketika ada acara resepsi pernikahan. Nah, salah satu lagu dangdut favorit yang selalu dibawakan para biduan ialah lagu ini. Lantunan musik yang dinamis, membuatmu pasti menggoyangkan tangan dan badan.

Cerita dalam lagu “Sekuntum Mawar Merah” ini sendiri ialah, tentang wanita yang menerima hadiah dari kekasihnya, berupa setangkai bunga mawar. Bunga tersebut menjadi pengingat di kala ia rindu akan pria itu. Nah, simak lirik lagunya di bawah ini :

Sekuntum mawar merah,
Yang engkau berikan kepadaku,
dimalam itu,
Ku mengerti apa maksudmu…

Sampai kini kusimpan,
Bunga pemberian Darimu,
Biar ku lihat,
Ku terkenang pada dirimu…

Reff :
Bunga mawar merah satu tanda cinta,
Yang berarti bahwa kau cinta padaku,
Dengan senang hati ku terima cintamu,
Karena aku juga cinta kepadamu..

Oh bahagia,
Dua hati telah berpadu…

3. Pagar Makan Tanaman – Mansyur S.

“Kau bagaikan Pagar, yang makan tanaman”… Kepingan lirik Lagu Dangdut Lawas di atas saya rasa pasti kamu mengenalinya. Ya, kepingan dari lirik lagu dangdut yang sangat fenomenal dan tersohor, milik Mansyur S yang sampai saat ini masih amat sering dinyanyikan.

Lagu dangdut yang ngetrend era 90an ini begitu hits, ditambah pula pemaknaan sindiran yang kental dalam lirik lagunya. Jika diartikan, Pagar makan tamanan berarti seorang teman akrab yang berkhianat dan tega merusak persahabatan karena cinta. Berikut, lirik lagunya buat kamu :

Engkau teman karibku lebih dari saudara,
Jangankan makan minum tidur kita berdua,
Bukankah engkau tahu dia itu milikku…

Namun begitu tega kau rampas segalanya,
Inikah balasannya ahklak teman setia…

Putus kini lah sudah persaudaraan kita,
Yang lama kita bina susah senang bersama,
Apa arti berteman dibelakang kau menikam..

Reff :
Kau bagaikan pagar yang makan tanaman,
Sungguh tiada aku menduga,
Engkau teman karibku lebih dari saudara,
Namun begitu tega kau rampas segalanya…

4. Pandangan Pertama – A. Rafiq

Lagu dangdut lama
Wikipedia.org

Sebagai seorang anak muda yang baru berusia 24 tahun, lagu dangdut romantis pertama yang admin dengar adalah lagu ini, namun admin lupa kejadiannya tahun berapa. Admin bisa pastikan, bahwa ketika lagu ini diputar, setidak-tidaknya kamu akan menggoyang badan.

Lagu Populer A. Rafiq ini dirilis tahun 1978, sekaligus menjadi lagu pengisi dalam film lawasnya. Di era Modern, lagu ini juga pernah di cover ulang oleh Slank yang berduet dengan Nirina Zubir dalam film “Get Married”. Selain menjadi penyanyi dangdut, beliau juga merupakan seorang pemain film dan sutradara.

Nah, makna Lagu Pandangan Pertama ini bercerita tentang seorang laki-laki yang langsung jatuh hati, ketika pertama kali menatap seorang wanita yang ia temui. Sehingga, wanits tersebut menjadi pembangkit mentalnya untuk bernyanyi di depan umum. Berikut, lirik lagunya :

Pandangan pertama awal aku berjumpa,
Pandangan pertama awal aku berjumpa,
Seolah-olahnya hanya impian yang berlalu,
Sungguh tak kusangka dan rasa tak percaya…

Gadis Secantik dia datang menghampiriku,
Hampir-hampir aku tak sadar dibuatnya,
Sungguh karena dia aku di depan anda,
Memberanikan diri bergaya dan bernyanyi…

Memang kecantikannya,
Dan kelembutan hatinya,
Membuat aku berani,
Menghadapi dunia…

Pandangan pertama awal aku berjumpa,
Pandangan pertama awal aku berjumpa,
Membuat aku rindu ingin slalu berdua…

5. Sakit Gigi – Meggy Z.

Dulu, awalnya saya mengira bahwa lagu ini bercerita tentang seseorang yang sedang menderita sakit gigi, karena menyesuaikan dengan judulnya. Ternyata salah besar. “Sakit Gigi” yang dimaksud dalam lagu ini dikadikan pembanding dengan sakit hati.

Penyanyi Dangdut legendaris yang juga berprofesi sebagai pemain sinetron serta film layar lebar ini, mempopulerkan lagu “Sakit Gigi” dan lagu-lagu lainnya yang menjadi hits di tangga lagu dangdut indonesia era 90an. Berikut, lirik lagunya :

Putus lagi cintaku,
Putus lagi jalinan kasih-sayangku dengannya,
Cuma karena rupiah lalu engkau berpaling muka,
Tak mau menatap lagi…

Kecewa kecewa hatiku,
Terluka karena cinta…

Kalau terbakar api,
Kalau tertusuk duri,
Mungkin,
Masih dapat kutahan…

Tapi ini sakit lebih sakit,
Kecewa karena cinta…

Reff :
Jangankan diriku,
Semut pun kan marah,
Bila terlalu sakit begini…

Daripada sakit hati,
Lebih baik sakit gigi ini,
Biar tak mengapa,
Rela rela rela aku relakan…

6. Pacar Dunia Akhirat – Rita Sugiarto

Rita Sugiarto merupakan penyanyi Lagu Dangdut Lawas asal Jawa Tengah, yang lahir pada 19 September 1965. Awalnya, beliau berperan sebagai pengisi suara dalam film-film Rhoma Irama, seperti Gitar Tua, Berkelana, dan Darah Muda. Bergabung bersama Raja Dangdut melambungkan namanya dengan cepat.

Album pertamanya dengan lagu bertajuk “Jacky” menjelma menjadi album dangdut terlaris sepanjang masa, yang mencalai angka penjualan 2 juta keping. Dari sederet singlenya, salah satu lagu dangdut terbaik besutannya ialah berjudul “Pacar Dunia Akhirat”. Berikut, lirik lagunya :

Hari ini saya umumkan,
Pada bulan,
Pada bintang,
Dapatkah kumiliki seorang kekasih,
Dunia akhirat…

Kalau ada cari satu untukku,
Kalau bisa kabarkan kepadaku,
Untuk pacarku dunia akhirat,
Tidak perlu kaya asal dia setia,
Cinta dari muda,
Sampai tua sama-sama…

Kalau ada cari satu untukku,
Kalau bisa kabarkan segera…

Buat apa banyak cinta,
Buat apa banyak cinta,
Tapi semua pendusta,
Manisnya hanya di bibir saja…

Yang gagah banyak ulahnya,
Yang gagah banyak ulahnya,
Yang tampan banyak tingkahnya,
Lebih-lebih kalau sudah jaya…

‘Ku tak butuh cinta kaya dunia,
Yang kucari kasih dunia akhirat…

7. Masih Adakah Cinta – Muchsin Alatas

Lagu dangdut nostalgia
Smule.com

Nama Muchsin Alatas tentu tidak asing lagi dalam belantika musik dangdut Nusantara. Selain sebagai penyanyi kondang, Muchsin juga berprofesi sebagai seorang Aktor. Beliau lahir di Makassar tahun 1944. Hingga kini, beliau masih sering terlihat tampil manggung.

Kesibukannya dalam dunia perfilman bersama sang istri, dia juga aktif dalam industri musik. Ini dibuktikan dari lagunya yang berjudul “Masih Adakah Cinta” yang menjadi salah satu lagu dangdut paling dikenal sepanjang masa. Berikut, lirik lagunya :

Aduhai…
Sang arjunaku…
Benarkah… kau membenciku…
Atau memang… kau tak sudi lagi….

Masih adakah rasa sayang dihatimu,
Masih adakah sisa cinta dihatimu,
Serta kerinduan… didalam hatiku,
Untuk diriku yang mencintaimu…

Masih adakah rasa sayang dihatimu,
Masih adakah sisa cinta dihatimu…

Reff:
Getarkan bibirmu,
Bicaralah sayang,
Walau kau berdusta,
Aku takkan marah…

Pabila dirimu,
tak mau bicara,
Berarti hatimu,
ada kebimbangan…

Izinkanlah aku untuk meyakinkan,
Bahwa dirimu masih sayang padaku…

8. Bukan Pengemis Cinta – Jhonny Iskandar

Berikutnya ialah lagu yang berjudul “Bukan Pengemis Cinta” oleh Jhonny Iskandar, musisi dangdut asal Jawa Timur kelahiran 20 Oktober 1960. Kepopulerannya dimulai tahun 1980-an sampai 1990-an, baik sebagai penyanyi tunggal maupun vokalis utama grup musik dangdut jenaka, OM PMR.

Salah satu lagunya yang hingga kini masih sering dinyanyikan berjudul “Bukan Pengemis Cinta”. Penyanyi pemilik suara melengking ini sukses membawakan lagu tersebut dan sontak makin melambungkan namanya. Nah, berikut, lirik lagunya :

Aku bukan pengemis cinta,
Yang slalu harus mengalah,
Bila diputuskan cinta,
Dari sang kekasih…

Wanita bukan engkau saja,
Yang ada dalam dunia,
Cantik bukanlah utama,
Menghiasi jiwa…

Persetan dengan cinta,
Persetan dengan janji,
Kalau harus menyakiti…

Persetan dengan sumpah,
Persetan dengan wajah,
Kalau harus menderita…

Patah hati bukan sifatnya lelaki,
Apalagi sampai nekat bunuh diri,
Putus cinta itu soal yang biasa,
Aku tak putus asa…

Sumpah dan janji bukan satu yang pasti,
Alasan hanya jadi tuntutan hati,
Sudah sering kali kau sakiti hati,
Aku tiada perduli…

Jangan kau sangka aku akan menderita,
Bila putus bercinta,
Aku bukan pengemis cinta,
Yang slalu harus mengalah,
Bila diputuskan cinta,
Dari sang…

9. Wakuncar – Camelia Malik

Lagu dangdut lawas terbaik selanjutnya berjudul Wakuncar, yang dipopulerkan oleh Camelia Malik. Artis dangdut wanita yang satu ini lahir di Jakarta, pada 22 April 1955 dan berdarah Minangkabau. Prestasi gemilang menghantarkan dia mendapat julukan “Diva Dangdut Jaipong”.

Lagu gubahannya yang berjudul “Colak-Colek” menjadikan namanya disejajarkan dengan penyanyi dangdut hits lainnya seperti Rhoma Irama, Rita Sugiarto, Elvy Sukaesih dan lainnya. Camelia juga pernah manggung dalam acara Live Show Camelia Malik di Shibuya Seed Hall, Tokyo, Jepang.

Selain aktif sebagai penyanyi, beliau juga sempat menekuni dunia  perfilman. Nah, salah satu lagu favoritnya dan hingga kini masih sering diputar ialah yang berjudul “Wakuncar” atau “Waktu Kunjung Pacar”. Penasaran dengan liriknya? Berikut untuk kamu :

Bila malam malam minggu tiba,
Anak muda mengatur rencana,
Pacar yang mana,
Yang mana mana, giliran jumpa…

Bila malam malam minggu tiba,
Anak muda mengatur rencana…

Reff :
Wakuncar waktu kunjung pacar,
Wakuncar cari cari pacar,
Wakuncar waktu kunjung pacar,
Wakuncar cari cari pacar…

Wakuncar ho… 3x,
Wakuncar ho… 3x…

Simak Juga : 170+ LAGU REGGAE INDONESIA Terbaik

10. Terlena – Ikke Nurjanah

Musik dangdut 90an
Liputan6.com

Bernama lengkap Hartini Erpi Nurjanah, beliau adalah sosok dibalik kepopuleran lagu “Terlena”. Lahir di Jakarta, 18 Mei 1974, Ikke telah aktif bernyanyi sejak usia 13 tahun yakni tahun 1987. Album pertama bertajuk “Ojo Lali” menjadi hits dan mendapat banyak respon positif kala itu.

Lagu-lagu Ikke yang sangat populer diantaranya Sun Sing Suwe dan duetnya bersama sang suami (saat itu belum bercerai), Memandangmu. Namun, salah satu yang paling diingat dan membekas ialah tembang yang berjudul “Terlena”. Berikut, lirik lagunya :

Masih terngiang ditelingaku,
Bisik cintamu,
Betapa lembut dan mesranya,
Aku terlena…

Tiada terasa air mataku,
Basahi pipi,
Aku terharu dan terbuai,
Aku terlena terlena…
Ku terlena 

Sungguh aku bahagia,
Benih cinta yang kau tanam,
Bersemi indah di hati…

Air mata bahagia,
Jangan menjadi duka,
Bersama kita selamanya,
Ku terlena dalam buai,
Asmara…

Kumpulan Lagu Dangdut Lama untuk Nostalgia

Berstatus sebagai aliran musik asli Indonesia, lagu-lagu dangdut tentu berjumlah sangat banyak, dibarengi dengan jutaan penggemar yang penuh loyalitas. Dari dulu hingga kini, lagu maupun musisi dangdut terus bertambah dan dipertahankan.

Meski saat ini aliran musik pop dan lainnya kian mendominasi, namun eksistensi musik dangdut di Indonesia akan selalu berkibar dan selalu dicari-cari oleh sebagian besar masyarakat. Nah, sekarang kamu tidak perlu repot-repot mencarinya lagi, karena di bawah ini telah saya buatkan daftar Lagu Dangdut Lawas terlengkap :

  • Alam – Mbah Dukun
  • Fahmi Shahab – Kopi Dangdut
  • Yopie Latul – Simalakama
  • Elvy Sukaesih Feat. Mansyur S – Gadis atau Janda
  • Rhoma Irama Feat. Rita Sugiarto – Piano
  • Elvy Sukaesih – Kereta Malam
  • Nini Carlina – Gantengnya Pacarku
  • Ine Sinthya – Lima Menit Lagi
  • Evie Tamala – Selamat Malam
  • Cici Paramida – Wulan Merindu
  • Ashraff – Gembala Cinta
  • Imam S. Arifin – Jandaku
  • Imam S. Arifin – Bekas Pacar
  • Imam S. Arifin – Dia Lelaki Aku Lelaki
  • Imam S. Arifin – Do’a Suci
  • Noer Halimah – Bayang-Bayang
  • Noer Halimah – Janur Kuning
  • Cucu Cahyati – Penonton
  • Cucu Cahyati – Mabuk Judi
  • Uut Permatasari – Goyang Dombret
  • Uut Permatasari – Putri Panggung
  • Inul Daratista – Goyang Inul
  • Inul Daratista – Kocok-Kocok
  • Mega Mustika – Bukan yang Pertama
  • Mega Mustika – Bulan
  • Nita Thalia & Krisna Mukti – Gadis atau Janda
  • Nita Thalia – Bang Mandor
  • Alam – Mbah Dukun
  • Rhoma Irama & Rita Sugiarto – Malam Terakhir
  • Ellya Kadam – Boneka dari India
  • Ine Sinthya – Lima Menit
  • Lilis Karlina – Siapa Kau
  • Abiem Ngesti – Pangeran Dangdut
  • Iyeth Bustami – Laksamana Raja di Laut
  • Ona Sutra – Sisa-Sisa Cinta
  • Nini Carlina – Gantengnya Pacarku
  • Ade Irma – Kumbang-Kumbang
  • Itje Trisnawati – Madu Merah
  • Asmin Cayder – Tembok Derita
  • Trio Macan – Iwak Peyek
  • Ria Amelia – SMS
  • Cici Paramida – RT 05 RW 03
  • Anies Fitria – Diam Bukan Tak Tahu
  • Ida Laila – Siksa Kubur
  • Nais Larasati – Takdir
  • Yus Yunus – Sapu Tangan Merah
  • Ayu Soraya – Cuma Satu
  • Mirnawati Dewi – Bukan Tak Mampu
  • Herlinda Effendi – Suling Bambu
  • Rhoma Irama – Darah Muda
  • Rhoma Irama – Santai
  • Rhoma Irama – Berkelana
  • Rhoma Irama – Judi
  • Rhoma Irama – Adu Domba
  • Rhoma Irama – Gitar Tua
  • Rhoma Irama – 135.000.000
  • Rhoma Irama – Penasaran
  • Rhoma Irama – Gali Lobang Tutup Lobang
  • Rhoma Irama – Lari Pagi
  • Rhoma Irama – Bujangan
  • Rhoma Irama – Gelandangan
  • Elvy Sukaesih – Tiada Seindah Cintamu
  • Elvy Sukaesih – Cinta Abadi
  • Elvy Sukaesih – Aku Tak Mau
  • Elvy Sukaesih – Mandi Madu
  • Elvy Sukaesih – Izinkanlah
  • Mansyur S – Kertas dan Api
  • Mansyur S – Surat Cinta
  • Mansyur S – Khana
  • Mansyur S – Hati Terluka
  • Mansyur S – Salam Terakhir
  • Mansyur S – Jangan Datang Lagi
  • Mansyur S – Untuk Apa Lagi
  • A. Rafiq – Lirikan Matamu
  • A. Rafiq – Tercantik di Dunia
  • Meggy Z – Senyum Membawa Luka
  • Meggy Z – Gubuk Bambu
  • Meggy Z – Jatuh Bangun
  • Meggy Z – Benang Biru
  • Meggy Z – Mahal
  • Meggy Z – Terlanjur Basah
  • Rita Sugiarto – Mati Aku
  • Rita Sugiarto – Hitam
  • Rita Sugiarto – Do Mi Sol
  • Rita Sugiarto – Janji
  • Muchsin Alatas – Magdalena
  • Muchsin Alatas – Untukmu Wanita
  • Muchsin Alatas – Rena
  • Muchsin Alatas – Pasrah
  • Jhonny Iskandar – Judul-Judulan
  • Jhonny Iskandar – Dosa Kau Anggap Madu
  • Camelia Malik – Colak-Colek
  • Camelia Malik – Rindu Berat
  • Ikke Nurjanah – Ojo Lali
  • Ikke Nurjanah – Iki Lho Mas
  • Evie Tamala – Rembulan Malam
  • Evie Tamala – Dokter Cinta
  • Evie Tamala – Kangen
  • Iis Dahlia – Payung Hitam
  • Iis Dahlia – Tamu Tak Diundang
  • Caca Handika – Cincin Putih
  • Caca Handika – Undangan Palsu
  • Caca Handika – Mandi Kembang
  • Caca Handika – Semua Tahu
  • Caca Handika – Angka Satu
  • Hamdan ATT – Secangkir Kopi
  • Hamdan ATT – Termiskin di Dunia
  • Hamdan ATT – Bekas Pacar
  • Ashraff – Sharmilla
  • Abiem Ngesti – Dahsyat
  • Ona Sutra – Bola
  • Ona Sutra – Terbayang-bayang
  • Ona Sutra – Asam Di Gunung Garam Di Laut.

Jangan Lewatkan : 80+ Lagu Dangdut Koplo Terupdate

Penutup Lagu Dangdut Nostalgia

Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai kumpulan daftar Lagu Dangdut Lawas terbaik sepanjang masa. Semoga dengan adanya list di atas, bisa menambah wawasan dan Kecintaan kita terhadap musik dangdut lama milik asli Indonesia. Terima kasih. (Sumber).

Tinggalkan komentar