Lagu Daerah Sulawesi Barat

Lagu Daerah Sulawesi Barat – Selamat datang kembali di Blog Senipedia, Blog yang menyajikan konten terlengkap mengenai Dunia Budaya dan Kesenian. Pada kesempatan kali ini, admin telah merangkum materi tentang Lagu Tradisional Indonesia, yakni kumpulan Lagu Daerah Sulawesi Barat.

Sebagai generasi penerus yang hidup ditengah-tengah perkembangan Digital yang pesat, sangat disarankan untuk mengetahui dan memperdalam wawasan seputar sejarah budaya dan cara menerapkannya. Hal ini akan berdampak baik terhadap eksistensi kebudayaan asli, yang semakin lama semakin memudar ini.

Kumpulan Lagu Daerah Sulawesi Barat Terlengkap

Sulawesi Barat (Sulbar) adalah salah satu provinsi yang terletak di Pulau Sulawesi bagian barat. Provinsi ini memiliki luas daerah sekitar 16.787,18 km², dengan total penduduk sebanyak 1.3 juta jiwa (Wikipedia). Provinsi ini dibentuk pada 5 Oktober 2004.

Sulbar memiliki 6 kabupaten, 69 kecamatan, 71 kelurahan dan 575 dewa. Soal kepercayaan, hanya Konghucu yang tidak ada di Provinsi ini. Suku yang mendiami antara lain Mandar, Toraja, Bugis, Jawa, Makassar dan suku lainnya.

Sedangkan bahasa yang digunakan di Sulawesi Barat diantaranya Bahasa Indonesia, Mandar, Bugis, Toraja, Mamasa dan Melayu. Selain keanekaragaman agama, suku dan bahasa, juga memiliki beberapa Lagu Adat Sulawesi Barat yang patut untuk kita kenal.

Untuk itulah artikel ini saya buat, yakni memperkenalkan kepada kamu semua mengenai Lirik Lagu Daerah Sulawesi Barat beserta makna didalamnya. Silakan simak ulasan di bawah ini sampai selesai, dan saya harap bisa bermanfaat. Check this out…

1. Tenggang-Tenggang Lopi

Lagu daerah Sulawesi barat
Lagu Tenggang-Tenggang Lopi | Youtube

Arti dari judul di atas adalah Berlayar dengan perahu. Nah, sesuai dengan judulnya, Lagu Tenggang-Tenggang Lopi bercerita tentang kebiasaan masyarakat suku Mandar yang mata pencariannya adalah nelayan. Berikut, lirik lagunya :

Tenggang tenggang lopi,
Lopinna I anak kodra,
Anak kodra di panja’ja’,
Di panja’ja, uluanna…

Uluanna lepa-lepa,
Lepa-lepa lambing liwang,
Lambing liwang di lallute’,
Mapparotton tinja’na…

Polea’, polea’ liwang,
Natoana ma’ dro’mai,
Tedrong lotong tammettandu’,
Apa’ mokadra ma’ande’…

2. Panawar Sililiu

Lagu Daerah asal Sulawesi Barat berikut berjudul Panawar Sililiu. Bertemakan asmara, lagu ini bercerita tentang keikhlasan cinta seseorang terhadap pasangannya. Hingga kini, masih dijadikan media dalam mengekspresikan rasa cinta dan kasih sayang kepada pasangan. Berikut, lirik lagunya:

Tanna ratang sukku’na,
Cinnau dziwatammu,
Tannaratang kalepunna,
Sayanggu mating…

Iyau nauwwa toa,
I’o dzi pa’mai’ u,
Tammalama’ na lele,
Ditau laeng…

Sayanggu mating,
Sayang tongatongan ho…

I’o simata I’o,
Usenga’ u salili,
I’o simata I’o,
Monaya dzipa’ mai’ u…

I’o simata I’o,
Panawar salili’u,
I’o simata I’o,
Rannunna nyawau…

3. Pulo Karampuang

Pulau Karampuang adalah sebuah pulau yang terletak di Simboro Kepulauan, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, yang sekaligus menjadi objek wisata favorit di Kabupaten ini, yang ukurannya sekitar 6 km persegi.

Lagu Pulo Karampuang bercerita tentang rasa rindu seseorang terhadap orang yang ia cintai. Ia selalu berharap, ada yang bisa menyampaikan rasa rindunya, meskipun hanya angin timur dan barat. Berikut, lirik lagunya buat kamu :

Oh pulo karampuang,
Di olona mamuju,
Merio-rio nikita di wattu,
Simbar karampuang…

Oh pulo karampuang,
Di olona mamuju,
Merio-rio nikita di wattu,
Simbar karampuang…

Karaomo lampana tonisenga’ di ate,
Ateku’ rapang nikojo,
Bennu bulo pammoso,
Pallarina utara…

Situru-turu’ salatang,
Pengkata nda’ko di ia,
Di tomarao…

4. Bulu Londong

Lagu adat sulawesi barat
Tari Bulu Londong | DisparSulbar.com

Lagu tradisional Sulawesi Barat selanjutnya berjudul Bulu Londong. Sebenernya, ini adalah nama tarian adat di sana, namun memiliki musik / lagu pengiring dengan judul yang sama. Itulah mengapa, info mengenai lirik lagunya sangat susah dicari.

Ini dikarenakan, kemungkinan besar hanya pembawa alat musik dalam tarian ini yang hapal dengan lagunya. Namun seiring perkembangan zaman, Tari Bulu Londong sudah sangat jarang dimainkan, baik di acara-acara resmi maupun non formal.

Baca juga : Lagu Daerah Sulawesi Selatan

5. Sayang-Sayang

Lagu berikutnya berjudul Sayang-Sayang, sebuah lagu daerah yang berasal dari Suku Mandar. Masih sama dengan lagu Bulu Londong di atas, informasi detail mengenai lagu ini sudah sangat minim, dikarenakan pelestariannya yang tidak terurus, sehingga hampir punah ditelan zaman.

6. Malluya

Lagu Daerah Sulawesi Barat selanjutnya berjudul Malluya. Lagi-lagi, masih sama dengan dus di atas, tidak ada informasi lebih lanjut yang bisa saya dapatkan mengenai lagu ini, baik lirik maupun makna dan artinya. Yang pasti, lagu Malluya berasal dari Sulbar.

7. Ma’ pararuk

Selanjutnya berjudul Ma’ pararuk, sebuah lagu tradisional yang berasal dari Provinsi Sulawesi Barat, dengan eksistensi yang hampir pudar dan sudah sangat jarang diaplikasikan, baik sebagai pengiring tarian, pentas seni, pelajaran di sekolah dan sejenisnya.

8. Io-Io

Lagu adat asal Sulawesi Barat berjudul Io-Io, sebuah lagu yang dulunya sangat populer di kalangan suku-suku dan masyarakat di Sulbar. Namun kini, keberadaannya hampir punah karena faktoe perkembangan dalam banyak hal.

Simak pula : Lagu Daerah Sulawesi Tengah

Penutup Lagu Daerah Sulawesi Barat

Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai Kumpulan Lagu daerah Sulawesi Barat beserta beberapa lirik dan maknanya. Semoga, dengan adanya informasi di atas, bisa menambahkan wawasan dan ilmu pengetahuan kamu. Terima kasih. (Ref)

Tinggalkan komentar