Lagu Daerah Kalimantan Tengah

Lagu Daerah Kalimantan Tengah – Halo pembaca setia Senipedia, pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai berbagai macam lagu yang berasal kalimantan tengah. Kita semua tahu bahwa Indonesia memiliki banyak sekali seni dan juga budaya yang sangat unik.

Terutama adalah seni yang terdapat pada setiap daerah ini umumnya sangat beraneka ragam. Salah satu yang kami soroti pada kali ini adalah mengenai lagu tradisional. Setiap daerah di Indonesia dari sabang sampai merauke pasti memiliki lagu daerah yang menjadi ciri khas tempat mereka.

Anak cucu kita mungkin tidak akan mengenal kalau tiap daerah di Indonesia memiliki lagu daerah yang bagus-bagus dan unik sekali. Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda harus selalu melestarikan seni dan kebudayaan Indonesia salah satunya adalah dengan cara mengetahuinya dan juga mengingatnya.

Kumpulan Lagu Daerah Kalimantan Tengah

Provinsi kalimantan tengah ini adalah suatu provinsi yang terdiri dari 1 kota dan juga 13 kabupaten, selain itu ibukota dari provinsi kalimantan tengah ini adalah kota palangkaraya. Provinsi kalimantan tengah dijuluki dengan bumi tambun bungai dan memiliki semboyang yang berbunyi Isen Mulang yang dimana dalam bahasa Indonesia artinya adalah Pantang Mundur.

Provinsi kalimantan tengah ini memiliki berbagai macam kekayaan alam. Di kalimantan selatan banyak sekali pantai, pegunungan dan juga perbukitan yang bagus untuk dikunjungi. Tak hanya itu saja, disana banyak juga keanekaragaman hayati seperti bekantan, kera, beruang, buaya, beruk, kukang, dan masih banyak lagi hewan lainnya.

Oleh karena itu, sangatlah tidak heran apabila wilayah provinsi Kalimantan Tengah ini didominasi oleh hutan, bahkan kurang lebih 80%. Karena memiliki lahan yang luas, provinsi kalimantan selatan memiliki banyak perkebunan seperti karet, kelapa sawit dan juga rotan.

Terdapat juga berbagai macam pertambangan seperti emas, besi, dan juga batubara. Penduduk Provinsi Kalimantan Tengah sebagian besar didominasi oleh suku asli Kalimantan yaitu Suku Dayak yang jumlahnya kurang lebih hampir 50% dari total populasi yang ada di probvinsi ini.

Selain kekayaan alam, Provinsi Kalimantan Tengah juga sangat kaya akan seni dan juga budayanya. Terdapat beberapa rumah adat di kalimantan tengah yang memiliki bentuk yang sangat unik, diantaranya dalah rumah Betang, rumah Baanjung, dan juga rumah betang baanjung.

Tak hanya itu saja, disana ada banyak sekali alat musik tradisional seperti rebab, gong, kecapi, kendang dan juga katambung. Provinsi Kalimantan Tengah juga memiliki berbagai macam tarian yang sangat indah seperti tari putri malawen, tari tuntung tulus, tari giring-giring, tari balian dadas, tari mandau, tari hugo dan huda dan masih banyak lagi.

Nah, yang paling penting adalah kalimantan tengah juga memiliki lagu daerah yang sangat bagus dan juga penuh makna yang dimana ini menjadi pembahasan utama kita kali ini. Tahukah kalian apa saja lagu daerah kalimantan tengah? Nah, silakan simak selengkapnya di bawah ini. Check this out…

1. Kalayar

Lagu daerah Kalimantan tengah
Tokopedia.com

Lagu ini bercerita tentang perjuangan untuk membangun semangat rakyat Indonesia dan juga untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sehingga lagu ini sangat cocok sekali untuk membangun rasa semangat persatuan. Berikut, lirik lagunya :

Kalayar haut layu kai,
Anak wuwut tudi hangwa wungan,
I non habar takam masa ya ti,
Siurah riwut kami ngirim lengan…

Kalayar haut layu kai,
Aron sia angan man taka,
I non habar takam masa ya ti,
Indonesia haut merdeka…

2. Mamangun Mahagu Lewu

Lagu daerah Kalimantan Tengah berjudul mamangun mahagu lewu ini adalah berisi suatu nasehat agar tidak lalai, karena apabila kita lalai maka semua sesuatu akan menjadi berantakan. Oleh karena itu, kita harus membangun sikap disiplin agar bisa terhindar dari kelalaian. Berikut, liriknya :

Aku manyanyi manyampai kabujur,
Maninting itah akan ije Kapakat,
Pakat Mamangun Mahaga Lewu,
Lewu maju kasanang maningkat…

Tagal nahuang maraup amas,
Lanting sedot mangarak baras,
Himba pahewan lepah talampas,
Metu karayap galabah uras…

Ela laya yo ela laya,
Mamangun mahaga lewu,
Sanang mangat eka kahimat,
Bahu himba harajur ihaga…

3. Tumpi Wayu

Lagu Tumpi Wayu ini adalah untuk memperkuat musik dan juga komposisi yang telah disusun berdasarkan nilai kebudayaan dan tradisi yang sudah turun temurun. Sehingga, musik yang dihasilkan akan lebih enak untuk didengar karena lebih harmonis. Berikut, lirik lagunya :

Tumpi wayu lapat wayu,
Palit ira tangkuraran,
Tumpi wayu lapat wayu,
Palit ira tangkuraran…

Tulak hanyu muneng aku,
Kala wundrung balu bayan,
Tumpi wayu tuku hiring,
Lelek pangut lawung lanyung…

Tumpi wayu tuku hiring,
Lelek pangut lawung lanyung,
Tulak hanyu muneng aku,
Kala wundrung balu bayan…

4. Naluya

Lagu daerah kalimantan tengah Naluya ini adalah untuk mengajarkan anak-anak agar selalu bersikap mandiri dan juga teratur. Sehingga lagu ini sangat sering sekali diajarkan kepada anak-anak agar bisa menanamkan sifat yang baik.

Hie isa yaro hanye hoan taro,
Hie isa yanai hanye hoan tunai,
Gersa hanye anak ku kalelo,
Gersa hanye bun suku kahasan…

Anakku kalele,
Bun suku kakas an…

5. Ka Danau

Lagu tradisional kalteng
Scoop.it

Lagu Ka Danau ini adalah merupakan ajakan untuk mendayung perahu ke danau dengan perasaan senang dan gembira. Itulah sebabnya lagu ini memiliki nada yang ceria, karena akan menimbulkan rasa semangat bagi siapapun yang mendengar lagu ini. Berikut, liriknya :

Kakare pahari handiai,
Has umba mambesei akan danau,
Mambesei manalih panatau,
Panatau ain utusku…

Manalih danau ngaju lewu,
Mahapan rangkan je puna laju,
Buli andau tulak hanjewu,
Manenan rengge buwu…

Besei abas yoh,
Besei ka danau,
Hayak manyanyi,
Handiai…

Besei abas yoh,
Besei ka danau,
Mite kahalap,
Danau te…

Baca juga : Pengertian Musik Kontemporer

6. Pesen Itak Kakah

Lagu Daerah asal Kalimantan Tengah selanjutnya berjudul Pesen Itak Kakah. Lagu ini bercerita tentang nasihat bagi anak-anak muda, untuk mengisi masa mudanya dengan berbagai hal positif, menjauhi berhura-hura, narkoba dan perbuatan yang berdampak buruk lainnya. Berikut, lirik lagunya :

Ayu amah ayu umbu,
coba ngarenge lengan pesen ku,
pesen sabujur melang ketuhu,
aku mampesen nampe panalu…

pesen here ga kawan nakia,
ada una kangakan atei,
balang bebas ada natetei,
amun nabakat ta’u nampatei…

bagi kaon kawan nakia,
ada bangah welum sa hura-hura,
apa lagi sangkutan narkoba,
welum sehat deke bahaya…

ingat pesen itak ti kakah,
takam welum ada hampe lengah,
belenglah awe leon panyusah,
ada bapikir bangat gagabah…

7. Andri Arai Atai

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, Andri Arai Atai berarti “Dengan senang hati”. Sesuai dengan arti judulnya, lagu ini bercerita tentang kebembiraan yang dirasakan oleh dua orang yang bertemu, di mana mereka dulunya ialah sahabat dekat tetapi berpisah, dan akhirnya bertemu kembali. Berikut, lirik lagunya :

Andri arai atei,
Takam katuluhni,
Daya takam tau panalu…

Andri naun hang yati,
Isa lawit unengni,
Ware takam ngantuh,
Slamat panalu…

8. Lewungku Utusku

Lagu asal Kalteng selanjutnya berjudul Lewungku Utusku. Lagu Kalteng yang satu i i bercerita tentang nasihat mengenai kemandirian, dan alunan yang membuat anak-anak menjadi senang. Lagu ini cukup populer di Kalimantan dan Nusantara. Berikut, lirik lagu Lewungku Utusku buat kamu :

Jaka aku toh tau tarawang,
Tarawang kilau burung tingang,
Kalute angat je kanahuang,
Manalih eka je ingenang…

Kanih puna lewungku,
Hon hete eka kulangku,
Kanih eka utusku,
Je paham inyayangku…

Mambesei ayo mambesei,
Mambesei akan danau,
Mambesei ayo mambesei,
Mambesei akan danau…

Manjala,
Lauk injala,
Lalaya,
Andau sasanja…

Buli huma mimbit keba,
Basuang pantik saluang,
Sukup simpan,
Dinu malauk manjala…

9. Isen Mulang

Lagu Dayak yang satu ini sangat populer, karena memang mendeskripsikan jati diri suku Dayak yang tidak akan pulang sebelum menang dalam pertempuran di zaman dahulu. Mereka berprinsip, lebih baik pulang dengan nama daripada membawa kekalahan. Berikut, lirik lagunya :

Mamut menteng ureh utusku,
Isen mulang je te penyangku,
Gatang yoh gatang sewut sarita,
Tandak ain tatu te…

O pahari kawan balinga,
Mina mama bakas tabela,
Tanjung miar himbing lenge,
Miar toh itah handiai…

Lahap toh lahap wei,
Ayo lahap lahap,
Miar maju wei,
Lahap toh lahap wei,
Isen Mulang,
Yoh akan penyangku…

Baca juga : Lagu Daerah Kalimantan Barat

10. Bawi Kuwu

Lagu adat Kalimantan tengah
Cerita-kalteng.blogspot.com

Bawi Kuwu adalah tradisi yang ada pada beberapa suku di Indonesia. Pingit berarti pengantin wanita tidak boleh keluar rumah dan bertemu calon pengantin pria, berdasarkan waktu yang telah ditentukan, biasanya sekitar satu minggu. Berikut, liriknya :

Bawi Kuwu Tumbang Rakumpit,
Hantelo nyaho ngaruntung langit,
Kilat manganjang Tumbang Rakumpit,
Alamat intan nihau paririt…

11. Oh Indang Oh Apang

Lagu Daerah Kalimantan Tengah selanjutnya berjudul Oh Indang Oh Apang. Jika diartikan dalam Bahasa Indonesia, maka menjadi “Ob Ibu oh Bapak.”. Lagu ini sering sering terdengar dinyanyikan oleh anak-anak dari suku Dayak Ngaju, terutama ketika merek bermain.

Oh Indang Oh Apang,
Sasupak Mawi Aku,
En Auh Mu Dandau Anak,
Saketong Longge-longget…

Bajai Penda Batang,
Manok Pukong Penda Lisong,
Manok Jampa Penda Huma,
Mbirang Kajang Penda Bua…

12. Manasai

Manasai merupakan sebuah nama Tari Tradisional asal Kalimantan Tengah. Dengan menggambarkan kegembiraan, tarian ini sering digunakan untuk menyambut tamu-tamu terhormat atau tokoh penting kenegaraan, yang berkunjung ke Kalteng. Berikut, lirik lagu pengiringnya :

Pukul gandang garantung,
Hayak dengan kangkanung,
Sambil tuntang Gantau,
Miar Mundur dan Maju…

Bahalai dan Salendang,
Imeteng intu kahang,
Ngaliling sangkai lunuk,
Je Impendeng hong bentuk…

Ayo manari manasai,
manari manasai,
Ela atun je melaii,
ayo manari manasai manari,
manasai ela atun je melai…

Bakas tuntang tabela,
Keleh itah mahaga,
Kesenian daerah,
Ayun tatu hiang itah…

Nyating tilai nyalampai,
Lendek lekai manasai,
Kilau auh marawei,
Akan itah samandiai…

Lagu Daerah Kalimantan Utara

13. Palu Lempong Popi

Hie isa yaro hanye hoan taro,
Hie isa yanai hanye hoan tunai,
Geresa hanye anak ku kalelo…

Geresa hanye bun suku kahasan,
Anakku kalele,
Bun suku kakasan…

14. Haruyung Manggetem

Lagu Tradisional asal Kalimantan Tengah selanjutnya berjudul Haruyung Manggetem. Lagu ini bercerita tentang ungkapan suks cita dan rasa syukur dari para petani, mulai dari masa menanam, merawat hingga masa panen tiba. Berikut, lirik lagunya :

Lo.. lo.. lo.. looo…
Lo.. lo.. looo…
Lo.. lo.. looo…

Ayo itah ka tana,
Manggetem parei,
Pating labat nanta hulei…

Lo.. lo.. lo.. looo,
Lo.. lo.. looo,
Lo.. lo.. looo…

Ayo itah ka tana,
Handep haruyung,
Uka gawi tau gulung…

Duan gentu hong palundu,
Helat sarangan sirih pinang,
Aluh angat puna heka,
Salawah huang lusuk basuang…

Lo.. lo.. lo.. looo,
Lo.. lo.. looo,
Lo.. lo.. looo…

Keleh itah handiai,
Bakas tabela,
Haruyung manggetem parei…

15. Itah Hampahari

Lagu Itah Hampahari bercerita mengenai nasihat untuk menjaga silaturahmi dan tali persaudaraan sesama manusia, karena sangat bermanfaat dan berguna bagi masa kini, hingga masa mendatang. Berikut, liriknya :

Sapuna uras itah tuh sama,
Taharep Tuhan ije kuasa,
Bapangkat tuntang oloh je randah,
Je tatau tuntag je belum susah…

Sapuna itah tu hampaharie,
Awi te patut belom kabua,
Kakare suku tuntang agama,
Dia manjadi itah tu habeda…

Tapi mbuhen je manjadi hong kalunen tuh,
Ka hikajama kasuat kapaut kabantah,
Sampai je purun hampatei mampalepah umur,
Angat paharie jatun handiai…

Oh paharieku samandiai,
Keleh tu bingat tuntang barendeng,
Nganan kapaut yo kabantah,
Awie itah tu je hampaharie samandiai…

Lagu Daerah Kalimantan Timur

16. Hanjak Sanai

Ayo andi bawi hatue,
Ayo aka bakas tabela,
Keleh pakat umba manasai,
Mangaliling lunuk sangkai…

Ayo andi bawi hatue,
Ayo aka kawan balinga,
Has to hingkat nari manasai,
Uka atei hanjak sanai…

Ayo paharie ayun lenge,
Ela melai bute ture,
Manari nasai lemu lembai,
Hanjak sanai itah handiai…

17. Juan Nanture

Lagi Daerah Kalimantan Tengah berjudul Juan Nanture ini menceritakan tentang perasaan seorang gadis, yang memiliki cinta mendalam kepada seorang pria. Sehingga ia meminta ibunya untuk segera dipersunting oleh pria yang ia sukai tersebut. Berikut, lirik lagunya :

Item umai tege oloh,
Ture-ture dengangku,
Lehan umai ampie oloh te,
Jua juan nanture…

Baya umai mbuhen kea,
Hante aku nupi wei,
Hayak kuman jatun belaiku,
Mingat anak mama te…

Duhup umai.. Duhup aku,
Nuntun jalan haga te,
Uka mama mina maja,
Mimbit sangku akangku…

Baya umai mbuhen kea,
Hante aku nupi wei,
Hayak kuman jatun belaiku,
Mingat anak mamate…

Duhup umai.. Duhup aku,
Nuntun jalan haga te,
Uka mama mina maja,
Mimbit sangku akangku…

18. Tjilik Riwut

Lagu pahlawan dari kalteng
Goodnewsfromindonesia.id

Tjilik Riwut adalah nama pahlawan nasional yang berasal dari Kalimantan Tengah. Untuk mengenang dan mengingat jasa serta pengorbanannya, maka diciptakanlah lagu ini yang sesuai dengan namanya. Berikut, lirik lagunya :

Atun ije pamimpin itah,
Ie basewut,
Je inyenta awie rakyat,
Awie ie bajasa,
Mamangun Kalimantan Tengah…

Tjilik Riwut, kalute ara,
Oloh je mamut menteng,
Ie mambela utus itah,
Mahaga adat itah,
Manggatang pambelom itah…

Tjilik Riwut… Tjilik Riwut,
Ie jadi malihi itah samandiai,
Tagal ara harajur ingenang,
Awie oloh Kalimantan Tengah…

19. Malauk Manjala

Lagu yang satu ini menceritakan tentang kegiatan masyarakat saat memancing ikan ke danau, dimulai dari ketika pergi, mendayung sampan di danau hingga pulang ke rumah. Berikut, lirik lagunya :

Mambesei ayo mambesei,
Mambesei akan danau,
Mambesei ayo mambesei,
Mambesei akan danau…

Manjala lauk injala,
Lalaya andau sasanja,
Buli huma mimbit keba,
Basuang pantik saluang,
Sukup simpan dinu malauk manjala…

20. Bua Karuhei

Jaka dia haranan ranggau,
Dia manjadi sarangan antang,
Jaka dia haranan ikau,
Dia baka ateiku hetang…

Ka due telu dia ka tana,
Gantung lah uru je bara parei,
Ka due telu dia hasupa,
Angat bagetu je jantung atei…

Kai angat bua karuhei,
Bilak tau mimbit pampatei,
Kuman pakaruk kurang,
Mangenang oloh je eka huang…

Hakayah indang, hakayah apang,
Aku dia tau batiruh,
Angat bereng ka huyung hayang,
Gulung ketun hakumbang auh…

21. Mamangun Mahaga Lewu

Mamangun tuntang mahaga lewu,
Uka makmur dan sejahtera,
Ayo itah handiai,
Ela laya,
Ela laya…

Maju lewu.. Maju utus,
Akan itah handiai,
Ayo itah mamangun,
Ayo itah mahaga lewu,
Mamangun mahaga lewu…

Akan itah handiai,
Akan itah handiai…

Selanjutnya : Lagu Daerah Kalimantan Selatan

Penutup Lagu Daerah Kalimantan Tengah

Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai Kumpulan Lagu Daerah Kalimantan Tengah beserta makna dan liriknya. Semoga, dengan adanya informasi mengenai Lagu Tradisional Indonesia di atas, bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua. Terima kasih. (Ref).

Tinggalkan komentar