7 Kunci Gitar Dasar dan Cara Memainkannya

Kunci Gitar Dasar – Gitar merupakan alat musik yang masuk dalam kelompok Chordphone (Alat musik berdasarkan Bunyi), itu berarti jika kamu ingin memainkannya, adalah dengan cara dipetik.

Gitar menjadi salah satu alat musik modern yang banyak disukai orang, baik pria maupun wanita. Selain tidak begitu sulit untuk dipelajari, gitar sangat bersahabat dengan berbagai keadaan, baik di tongkrongan, mengusir sepi hingga acara hiburan.

Namun untuk bisa memainkan lagu, kamu perlu memahami kunci dasar gitar terlebih dahulu, yakni dari chord A sampai G. Jenis kunci gitar yang beragam akan menghasilkan nada yang berbeda pula.

Macam-macam Kunci Gitar pada dasarnya diawali oleh kunci Mayor, kemudian ditutunkan untuk menghasilkan nada rendah atau tinggi dari versi yang sama.

Biasanya, ketika kamu sedang belajar cara bermain gitar untuk pemula, yang pertama kamu kenal adalah kunci-kunci Mayor ini, karena memang inilah nada dasar dari sebuah gitar.

Kunci Dasar Bermain Gitar dari A > G

Untuk turunannya sangat bervariasi. Nah, pada kesempatan kali ini, Admin Senipedia akan mengulas mengenai Jenis Kunci Gitar beserta gambarnya secara lengkap pada artikel ini.

Disini juga akan saya lengkap dengan tips belajar gitar dengan cepat , terutama bagi kamu yang benar-benar serius untuk bisa menjadi mahir. Untuk itu, artikel ini akan sangat berguna dan kamu berada pada bahan bacaan yang tepat.

Untuk selengkapnya, kamu bisa membaca terlebih dahulu mengenai 7 Poin Penting sebelum Belajar Main Gitar yang saya ulas kemaren.

Sudah ? Oke, langsung saja. Silakan simak uraian mengenai macam-macam kunci gitar dasar lengkap untuk kamu. Silakan perhatikan baik-baik gambar dan nama kunci gitar nya ya, susunannya saya buat daru G > A.

Gambar dan Cara memainkan Chord Dasar

Gambar kunci gitar dibawah ini dilengkapi dengan Angka-angka yang nantinya menjadi tempat untuk ditekan oleh jari kamu, jika terasa masih bingung, saya juga akan menambahkan keterangannya di bawah gambar.

Gambar kunci gitar G
Kunci gitar G mayor mudah

Cara memainkan Kunci Gitar G

No. 1 > Jari telunjuk menekan senar ke-5 dan berada pada Fret 2
No. 2 > Jari tengah menekan senar ke-6 dan berada pada Fret 3
No. 3 > Jari manis menekan senar ke-1 dan berada pada Fret 3 juga.

Belajar kunci F pada gitar
Kunci F dan cara memainkannya

Cara memainkan kunci gitar F

No. 1 > Jari telunjuk menekan senar ke 1 dan 2 (bisa juga dengan menegakkan telunjuk lurus hingga ke senar 6) dan berada pada Fret 1
No. 2 > Jari tengah menekan senar ke-3 dan berada pada Fret 2
No. 3 > Jari manis menekan senar ke-5 dan berada pada Fret 3 juga, namun bisa ditambah dengan jari kelingking yang menekan senar ke-4, yang masih berada pada fret 3.

Gambar chord E
Gambar kunci E pada gitar

Cara memainkan kunci gitar E

No. 1 > Jari telunjuk menekan senar ke-3 dan berada pada Fret 1
No. 2 > Jari tengah menekan senar ke-5 dan berada pada Fret 2
No. 3 > Jari manis menekan senar ke-4 dan berada pada Fret 2 juga.

Chord D gambar
Keterangan kunci D di gitar

Cara memainkan kunci gitar D

No. 1 > Jari telunjuk menekan senar ke-3 dan berada pada Fret 2
No. 2 > Jari tengah menekan senar ke-1 dan berada pada Fret 2
No. 3 > Jari manis menekan senar ke-2 dan berada pada Fret 3.

Bagaimana gambar kunci C
Cara memainkan kunci C

Cara memainkan kunci gitar C

No. 1 > Jari telunjuk menekan senar ke-2 dan berada pada Fret 1
No. 2 > Jari tengah menekan senar ke-4 dan berada pada Fret 2
No. 3 > Jari manis menekan senar ke-5 dan berada pada Fret 3.

Memainkan kunci B dengan mudah
Tutorial memainkan kunci B

Cara memainkan kunci gitar B

No. 1 > Jari telunjuk menekan senar pertama dan berada pada Fret 2. Namun telunjuk juga bisa didirikan ke atas hingga batas senar ke-5
No. 2 > Jari tengah, manis dan kelingking sama-sama menekan senar ke 2, 3 dan 4 yang berada pada Fret ke 4

Kunci gitar A mayor
Cara main A mayor saat bergitar

Cara memainkan kunci gitar A

Yang satu ini cukup mudah, kamu hanya perlu menekan 3 senar sekaligus, yakni senar 2, 3 dan 4 yang berada pad fret ke 2. Umumnya, orang-orang akan mengurutkan dari telunjuk ke manis, yakni dari no. 1 ke no. 3.

Tips Belajar Kunci Dasar Gitar agar Cepat Paham

Alat musik gitar bukanlah salah satu properti musik modern yang terlalu sulit untuk dipahami, seperti alat-alat musik lainnya. Kamu hanya perlu menghapal kunci gitar akustik secara seksama dengan latihan yang disiplin.

Tidak butuh waktu sampai berbulan-bulan jika proses belajar / latihan ditekuni dengan serius, serta optimistis setiap harinya. Namun selain disiplin, ada beberapa tips agar cepat bisa main gitar, apa sajakah itu? Antara lain adalah :

  • Membeli sebuah gitar. Tidak perlu yang bagus-bagus, asalkan layak pakai dan bisa dimanfaatkan untuk berlatih.
  • Potong Kuku. Saat kamu merasa kuku panjangmu terlihat indah, potong saja jika ingin bisa bermain gitar, karena kuku panjang sangat mengganggu, baik di tangan kiri maupun kanan.
  • Biasakan jari. Di awal-awal belajar, ujung jari bagian dalam akan memerah, pedih dan terasa sakit, itu karena belum terbiasa. Untuk itu perlu melakukan senam jari dengan merutinkan latihan setiap harinya.
  • Nyanyikan lagu pertama. Setiap orang punya lagu terbaik dalam hidupnya, nyanyikan lagu tersebut saat kamu sudah berhasil menghapal semua kunci gitar dasar di atas. Lagu favorit tentunya lebih dikuasai sehingga pengimplementasian dengan gitar akan semakin mudah.
Penutup

Demikianlah, informasi mengenai kunci gitar dasar serta cara memainkannya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kamu dan terima kasih.

Baca juga :

Comments are closed.