Kata Bijak Rosa Luxemburg

Kata Bijak Rosa Luxemburg – Selamat Datang Kembali di Blog Senipedia. Di kesempatan kali ini, saya akan kembali mengulas koleksi Kutipan Inspiratif dari tokoh-tokoh dunia, dan tema kali ini adalah Kata Bijak Rosa Luxemburg.

Mungkin bagi sebagian orang, nama Rosa Luxemburg belum terlalu familiar ditelinga, baik itu perjalanan hidupnya, pengaruhnya bagi perubahan dan lainnya. Namun tenang, di sini saya akan uraikan Biografi singkat serta Quote Rosa Luxemburg secara lengkap.

Biografi Singkat Rosa Luxemburg

Rosa Luxemburg lahir di Zamość, Kongres Polandia, Kekaisaran Rusia pada 5 Maret 1871, dan wafat di Berlin, Jerman tanggal 15 Januari 1919 (dalam usia 47 tahun). Beliau adalah seorang teoretikus Marxis, filsuf, ekonom, aktivis antiperang, dan sosialis revolusioner.

Wanita berkebangsaan Polandia ini lahir dari pasangan Eliasz Luxemburg (ayah) dan Line Löwenstein (ibu). Rosa menjadi warga naturalisasi Jerman sejak usia 28 tahun, dan berprofesi sebagai Ekonom, Filsuf dan Revolusioner.

Sepanjang perjalanan karirnya, Rosa Luxemburg telah bergabung bersama 6 Partai Politik, diantaranya Partai Proletariat, Demokrasi Sosial Kerajaan Polandia dan Lithuania, Partai Demokrat Sosial Jerman, Partai Demokrat Sosial Independen Jerman, Liga Spartakus dan Partai Komunis Jerman.

Beliau memiliki suami bernama Gustav Lübeck, serta pasangan serumah diantaranya Leo Jogiches dan Kostja Zetkin. Sayangnya, menurut kabar yang beredar, penyebab kematian Rosa Luxemburg adalah pembunuhan.

Rosa menerbitkan beberapa buku dan pidato yang menggugah dan menginspirasi. Beliau juga telah menerbitkan banyak sekali karya yang tersohor dan menyumbang segenap perubahan besar dalam revolusi dunia, diantaranya adalah :

  • The Accumulation of Capital: an Anticritique, ditulis pada 1915.
  • Gesammelte Werke (Collected Works), 5 volume, Berlin, 1970–1975.
  • Gesammelte Briefe (Collected Letters), 6 volume, Berlin, 1982–1997.

Kumpulan Kata Bijak Rosa Luxemburg

Dari sepanjang perjalanan hidupnya sebagai seorang Revolusioner, banyak kutipan-kutipan yang bisa ditarik serta dijadikan inspirasi dan motivasi bagi kita. Langsung simak saja di bawah ini, Kumpulan Kata Kata Rosa Luxemburg untuk kamu semua.

Kata Bijak Rosa Luxemburg

Saya wanita dan akan tetap bersama karakter iti. Bukan perihal dimana cinta dimulai, tapi dimana ia berakhir.

*** ***

Kebebasan yang hanya bagi pendukung partai, anggota kepemerintahan, betapapun banyaknya mereka, itu bukanlah kebebasan. Kebebasan hanya untuk kebebasan dari pemikir lain.

*** ***

Segala bentuk gerakan buruh yang bersifat modernisasi, akan selalu bersandar pada pengetahuan ilmiah.

*** ***

Dalam segala letusan dan perpecahan ditengah-tengah masyarakat borjuis ini, dalam pendalaman internasional dan dalam peninggian antagonisme kelas, terletak keunggulan sejarah Bolshevisme, didalamnya prestasi kesalahan dan kesalahan spesifik menghilang tanpa meninggalkan jejak.

*** ***

Karena mereka tidak bergerak, maka tidak merasakan rantai yang sedang melilit mereka.

*** ***

Dari mesin perkembangan kapitalis, militerisme telah menjadi penyakit kapitalis.

*** ***

Ada perlunya mempersiapkan massa sedemikian rupa, sehingga ketika mereka mengikuti kita, akan didorong oleh keyakinan yang penuh.

*** ***

Meskipun para pekerja berkreasi dengan tangan mereka sendiri di substrat sosial dalam budaya ini, mereka hanya bisa melangkah sejauh mana akses tersebut dapat memenuhi fungsi mereka dalam perjalanan ekonomi dan sosial dalam masyarakat kapitalis.

*** ***

Kebebasan yang besar akan berada bagi mereka yang selalu berpikir berbeda.

*** ***

Kepemimpinan sudah gagal. Namun meskipun begitu, kegagalan ini harus diperbaharui melalui massa.

*** ***

Quote Rosa Luxemburg

Quotes rosa Luxemburg

Kita harus mengubah dunia. Air mata yang terjadi karena hal yang tidak seharusnya menangis, merupakan sebuah tuduhan. Pelakunya adalah penjahat yang tidak menyadari betapa brutal perbuatannya.


Di dunia, kita semua setara, berbeda aecara manusiawi dan sepenuhnya berhak akan kebebasan.


Liberalisme ekonomi ibarat seekor rubah yang bebas di dalam kandang ayam secara gratis.


Salah satu tempat paling pas atas Demokrasi adalah bagi para pekerja. Karena dengan itu, mereka bisa memperjuangkan hak-hak mereka. Maka proletariat dapat menyadari kepentingan kelasnya dan tugas historisnya.


Massa asalah kunci, mereka merupakan pilar dimana kemenangan revolusi akhir akan dibangun.


Keadilan kelas borjuis, ibaratkan seekor hiu yang terjerat jaring lemah, yang seharusnya digunakan untuk menangkap ikan sarden.


Jangan pernah lupa, bahwa sejarah tidak akan ada tanpa kebesaran roh, moralitas yang tinggi dan tanpa gerak yang luhur.


Tanpa adanya pemilu, kebebasan pers, kebebasan berekspresi dan berkumpul, serta tanpa perjuangan pendapat yang bebas, kehidupan di semua lembaga publik akan redup dan padam.


Kita wajib membela, tapi bukan hanya sebatas sosialisme dan revolusi saja, tapi juga menciptakan perdamaian di dunia. Hanya ada satu cara, yakni kemenangan dari kaum proletariat sosialis.


Jika “kebebasan” menjadi “hak istimewa”, artinya esensi kebebasan politik akan / telah dilanggar.


Siapa pun yang meninggalkan perjuangan untuk sosialisme, berarti dia meninggalkan mobilisasi dan demokrasi pekerja.


Semua orang yang ingin memperkuat demokrasi, maka ia juga harus ingin memperkuat, bukan melemahkan gerakan sosialis.


Kata Motivasi Rosa Luxemburg

Di antara reformasi sosial dan revolusi, ada demokrasi sosial yang tidak dapat dipisahkan. Perjuangan untuk reformasi adalah : revolusi sosial.


Suatu hari, ketika pasar dunia kurang lebih sepenuhnya berkembang dan tidak dapat lagi tiba-tiba diperbesar, dan jika produktivitas tenaga kerja terus meningkat, maka cepat atau lambat pertikaian berkala antara kekuatan-kekuatan produktif dan hambatan pasar akan dimulai.


Semakin demokrasi sosial berkembang, tumbuh, dan menjadi lebih kuat, semakin banyak massa pekerja yang tercerahkan akan mengambil takdir mereka sendiri, kepemimpinan gerakan mereka, dan penentuan arahnya ke tangan mereka sendiri.


Sejarah adalah satu-satunya guru sejati, revolusi sekolah terbaik bagi kaum proletar.


Demokrasi sosial, hanyalah penjaga muka proletariat, bagian kecil dari total massa pekerja, darah dari darah mereka, dan daging dari daging mereka.


Kelas-kelas pekerja di setiap negara hanya belajar untuk berjuang dalam perjuangan mereka.


Orang-orang akhirnya memahami bahwa peran partai sosial-demokrat bertumpu pada kepemimpinannya yang sadar akan perjuangan massa melawan masyarakat yang ada, sebuah perjuangan yang harus memperhitungkan kondisi vital yang diperlukan masyarakat kapitalis.


Tindakan proletariat adalah faktor penentu dalam sejarah. Dan meskipun kita tidak bisa lagi melompati tahapan perkembangan sejarah daripada seseorang dapat melompati bayangannya, bagaimanapun, kita dapat mempercepat atau memperlambat perkembangan itu.


Konstitusi hukum yang ada hanyalah produk dari sebuah revolusi. Revolusi adalah tindakan penciptaan politik dalam sejarah kelas-kelas, sementara undang-undang dasar adalah ekspresi dari vegetasi politik masyarakat yang berkelanjutan.


Pekerjaan untuk reformasi hukum hanya terjadi dalam kerangka bentuk sosial, yang diciptakan oleh revolusi terakhir.


Meskipun pinjaman luar negeri sangat diperlukan untuk emansipasi negara-negara kapitalis yang sedang naik daun, mereka masih merupakan ikatan paling pasti di mana negara-negara kapitalis lama mempertahankan pengaruhnya, melakukan kontrol keuangan, dan memberikan tekanan pada kebijakan bea cukai, kebijakan luar negeri dan komersial negara-negara kapitalis muda.


Di Era Imperialis, pinjaman luar negeri memainkan peran yang luar biasa sebagai sarana bagi negara-negara kapitalis muda untuk memperoleh kemerdekaan.


Baca juga : Kata Bijak Joseph Stalin

Penutup

Demikianlah, Kumpulan Kata Bijak Rosa Luxemburg yang fenomenal, inspiratif dan terkenal untuk kamu semua. Semoga, koleksi quotes tokoh dunia di atas bisa menambah wawasan dan dijadikan referensi utama. Terima kasih.

Satu pemikiran pada “Kata Bijak Rosa Luxemburg”

  1. I was suggested this blog by my cousin. I am not sure whether this post is written by him as nobody else
    know such detailed about my difficulty. You’re incredible! Thanks!

Tinggalkan komentar