20+ Contoh Pembukaan Pidato Berbagai Tema Terbaik

Contoh Pembukaan Pidato – Saya yakin, kamu tidak akan asing lagi dengan yang namanya Pidato, dari sejak duduk di bangku sekolah SD hingga perkuliahan, Kegiatan Pidato akan selalu mengisi hari-hari kamu dalam proses menuntut ilmu.

Contoh Pidato yang paling sering dan selalu kita saksikan antara lain adalah saat peringatan Hari-hari besar, upacara adat, kegiatan peresmian, rapat sosial, pidato kegiatan di sekolah / kampus, kepemudaan dan lainnya.

Namun tahukah kamu, apapun jenis dan penempatannya, struktur pidato itu dibagi menjadi 3 bagian, yakni Pembuka, isi dan penutup. Namun ada yang merangkum kesimpulan sebelum penutup, ada pula yang tidak, tergantung selera masing-masing.

Nah, umumnya, Kalimat Pembuka Pidato pasti berbeda antara satu dengan yang lainnya, ini disesuaikan dengan tema yang bersangkutan atau sedang di bahas. Misalnya, Pidato tema hari kemerdekaan akan berbeda dengan tema Maulid Nabi, dst.

Karena perbedaan itulah, yang menggerakkan hati saya untuk merangkum beberapa Contoh Teks Pembuka Pidato dalam berbagai tema. Selain itu, rangkuman ini saya tulis berdasarkan pengalaman sendiri, yang sekita sekolah dulu sangat suka dengan pidato.

Namun sebelum lanjut ke pembahasan, ketahui dahulu apa itu pidato, bagian-bagian dalam sebuah pidato, dan karakteristiknya secara singkat di bawah ini.

Pengertian Pidato, Bagian dan Kriteria

Secara sederhana, pengertian pidato adalah kegiatan berbicara di depan umum (one way), dengan membawakan tema atau topik-topik tertentu secara singkat / rinci, baik itu bersifat mengajak (persuasif) maupun penyaluran informasi.

Pidato disebut juga sebagai “Orasi”. Seperti yang saya sebutkan di atas, Kelengkapan sebuah pidato dikelompokkan menjadi 3 bagian, diantaranya adalah :

  • Pembuka : Bagian pertama berupa Salam, puja-puji, penghormatan dan sinopsis topik
  • Isi : Penjelasan mengenai topik, mulai dari informasi, argumen, pandangan, data-data dan sebagainya.
  • Penutup : Biasanya didahului dengan kesimpulan dari keseluruhan topik bahasan, kritikan hingga penutup yang diakhiri salam.

Untuk Ciri-ciri Pidato sendiri antara lain adalah :

  • Memiliki maksud dan tujuan yang jelas
  • Adanya data fakta dan kebenaran pada keseluruhan isi
  • Menyesuaikan gaya penyampaian dengan keadaan audiens / pendengar
  • Menggunakan intonasi, artikulasi dan volume yang jelas
  • Memakai bahasa yang formal, mudah dipahami, kesesuaian dengan keadaan, sopan dan santun.

Contoh Pembukaan Pidato dalam berbagai Tema

Nah, saya anggap kamu sudah paham apa yang dimaksud dengan Pidato, bagaimana ciri-cirinya serta bagian didalamnya. Sekarang kita masuk ke beberapa contoh teks pembuka pidato yang saya rangkum secara lengkap di bawah ini. Silakan disimak.

1. Contoh Pembukaan Pidato Islami

Indonesia adalah negara yang mayoritas beragama Islam. Bahkan, mendapat peringkat 1 sebagai jumlah penduduk terbanyak yang memeluk islam di dunia. Oleh karenanya, tidak heran bila setiap hari-hari besar islam akan dirayakan sebegitu meriahnya.

Dalam pelaksanaan, pasti disetiap hari-hari besar tersebut akan ada yang namanya pidato, baik pembukaan acara, kata penghantar hingga perlombaan. Nah, di bawah ini adalah beberapa Contoh Pembuka Pidato singkat bertemakan Islami :

1. 1. Tema Maulid Nabi

Assalamualaikum Wr. Wb.
Pertama dan yang paling utama sekali, marilah sama-sama kita panjatkan Puji beserta syukur, atas kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmad dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga kita masih diberi kesehatan dan kesempatan, untuk bisa berkumpul di Masji Al-Ikhlas ini, dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kali yang kedua, tak lupanya juga kita untuk, mengirimkan shalawat beserta salam, ke hadap junjunhan nabi besar Muhammad SAW, yang berupa do’a Allahumma solli ‘ala sayyidina Muhammad, wa ‘ala ali sayyidina Muhammad.

Yang saya hormati, Bapak Al-Ustadz kita, bapak imam masjid Al-Ikhlas, bapak kepala RT, bapak ibu dan teman-teman sekalian, umumnya yang menyempatkan diri untuk bisa hadir pada acara peringatan ini.

Sesuai dengan tema hari ini, izinkan saya untuk menyampaikan pidato singkat untuk para jamaah semua, dimana pidato tersebut berjudul “Meneladani Kesederhanaan Rasulullah dalam memimpin umat”.

1. 2. Tema Isra’ Mi’raj

Assalamualaikum Wr. Wb.
Pertama sekali, marilah kita ucapkan Puji dan syukur kehadirat Allah SWT, yang memberikan kesehatan dan kesempatan, untuk bisa berkumpul di sekolah tercinta ini, dalam rangka memperingati Isra’Mi’raj nya Muhammad SAW.

Tak lupa-lupanya, marilah mengirimkan shalawat beserta salam, kepada nabi Muhammad SAW, yang berupa do’a Allahumma solli ‘ala sayyidina Muhammad, wa ‘ala ali sayyidina Muhammad.

Sebagai kata-kata penghormatan, Yang saya hormati, Bapak Kepala Sekolah SMA N. 1 Kota Binjai dan wakil kepala, bapak wakil kesiswaan, para guru, tata usaha dan pustaka, serta yang saya sayangi teman-teman seperjuangan.

Pada 27 Rajab, Nabi Muhammad telah melakukan Isra’, yakni perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsho di Yerussalem, dan Mi’raj yaitu perjalanan Nabi Muhammad dari bumi menuju langit ketujuh, lalu dilanjutkan ke Sidratul Muntaha.

Oleh karenanya, judul pidato yang akan saya bawakan kali ini adalah “Menjaga Sholat 5 Waktu yang diperintahkan langsung untuk seluruh Muslim di Dunia”, sesuai dengan perintah yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Muhammad ketika di Sidratul Muntaha (peristiwa Mi’raj).

1. 3. Tema Tahun Baru Islam

Assalamualaikum Wr. Wb.
(Puja-puji dan shalawat)
Yang saya hormati, bapak Kepala Jorong Sukamakmur, Bapak Datuk, Alim ulama, tokoh Masyarakat, para pemuda, ibu-ibu, bapak-bapak dan umumnya seluruh hadirin yang telah datang pada peringatan Tahun Baru Islam ini.

Hari ini, Jum’at, 31 Agustus 2019, tidak terasa kita telah berada pada tanggal 1 Muharram 1441 Hijriah, yang berarti merupakan tahun baru islam 2019. Untuk itu, judul pembicaraan saya kali ini adalah “Mempererat Silaturahmi Antar sesama Muslim”.

1. 4. Tema Khatam Qur’an

Assalamualaikum Wr. Wb.
(Puja-puji dan Sholawat)
Yang sama-sama kita hormati, Bapak RT Kompleks Suka Makmur, Bapak Guru Mengaji TPA Al-Falaq, bapak-bapak dan ibu-ibu, dan yang tersayang adik-adik kami yang malam ini akam khatam, serta hadirin secara umum.

Ini adalah malam yang bahagia, dimana anak-anak kita telah memenuhi syarat sebagai seorang yang lancar dan fasih dalam membaca Al-qur’an, sehingga malam ini mereka telah layak dihkatamkan.

Namun sebelum acara dimulai, izinkan saya untuk membawakan sebuah pidato singkat yang berjudul “Cara Membiasakan Mengaji di Rumah bagi Anak-anak”.

1. 5. Tema Buka Puasa Bersama

Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat sore untuk teman-teman semua.
Puji dan Syukur kita ucapkan kehadirat Allah SWT, serta Shalawat beserta salam kepada Nabi Muhammad SAW, berupa do’a Allahumma solli’ala sayyidina Muhammad, wa ala Alihi Sayyidina Muhammad.

Teman-teman yang saya sayangi, sore di bulan Ramadhan ini, kita masih diberi waktu, kesehatan dan kesempatan, untuk bisa kembali berkumpul bersama, dalam rangka mempererat tali persaudaraan dan persahabatan, pada acara berbuka bersama Ramadhan 2020 ini.

Hari telah menunjukkan pukul 17:30, artinya tidak lama lagi kita akan memasuki waktu berbuka. Namun sebelumnya, izinkan saya untuk menyampaikan beberapa patah kata, untuk mengisi waktu kosong ini.

Baca juga : 10+ Contoh Pidato Singkat berbagai Tema

2. Contoh Pembukaan Pidato di Sekolah

Sejak duduk di bangku SD hingga SMA, sejatinya kita telah diajarkan untuk terbiasa berbicara di depan umum, baik itu berpidato, membacakan puisi, pementasan drama di depan kelas, kegiatan upacara bendera dan sebagainya.

Begitu juga ketika ada perayaan hari besar di sekolah, misalnya hari Guru, pahlawan, pendidikan nasional dan sebagainya, pasti banyak siswa/i yang diberi tugas atau kewenangan untuk tampil di depan.

Salah satu yang paling jelas adalah pidato, yang nantinya disesuaikan dengat tema yang tengah dirayakan. Untuk itu, dibawah ini adalah beberapa Contoh Pembukaan Pidato di Sekolah untuk kamu :

2. 1. Tema Hari Pendidikan Nasional

Hari ini, kita kembali memeringati Hari Pendidikan Nasional, yang juga telah rutin kita rayakan setiap tanggal 2 Mei tiap tahunnya. Pada siang hari yang berbahagia ini, kita kembali berkumpul di sekolah tercinta ini, untuk kembali merayakannya, dengan berbagai kegiatan positif dalam ajang pengembangan diri.

Namun sebelum masuk ke pokok acara kegiatan kita, izinkan saya untuk membawakan sebuah pidato singkat tema hari pendidikan, yang berjudul “Meningkatkan Mutu Belajar Siswa di Era Digital”.

2. 2. Tema Hari Guru

Assalamualaikum Wr. Wb.
(Pujian dan sholawat)
Yang saya hormati, bapak kepala sekolah beserta wakil, bapak ibu majelis guru dan teman-teman senasib juga seperjuangan. Hari ini, tepatnya tanggal 25 November, adalah hari spesial untuk para guru-guru tanpa tanda jasa di seluruh Indonesia.

Hari dimana menjadi saksi dan bukti, betapa jasa para guru takkan lekang oleh panas, dan tak lapuk oleh hujan. Untuk itu, mita kembali memperingatinya hari ini. Sebelum masuk ke inti acara, saya akan membawakan sepatah dua kata untuk teman-teman dan majelis guru semua, yang berjudul “Hari Guru sebagai Momentum Kebangkitan Tenaga Pengajar Lokal”.

2. 3. Tema Pengangkatan Ketua OSIS Baru

Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat Siang semuanya. Yang saya hormati, Bapak Kepala Sekolah beserta jajaran para majelis guru, serta teman-teman SMA N. 1 Jakarta Selatan. Siang ini, adalah momen pengangkatan Ketua Osis yang baru, periode 2019-2020.

Terima kasih yang sebesar-besarnya saya ucapkan kepada semua pihak penyelenggara pemilihan, serta teman-teman yang memilih saya maupun tidak, sehingga saya dinobatkan sebagai ketua OSIS yang baru di sekolah kita tercinta ini.

Dengan terpilihnya saya, kedepannya saya akan membuat berbagai perubahan, baik kecil maupum besar, dengan tujuan membangkitkan dan menegakkan kembali eksistensi sekolah kita di mata nasional. Semoga kita bisa bekerja sama dengan baik dan saling bahu-membahu.

Di kesempatan berbahagia ini, saya akan membawakan sepatah dua kata tentang kepengurusan yang baru, mulai dari visi, misi dan tujuan kedepannya sebagai ketua, serta para jajaran OSIS SMA N. 1 Jakarta Selatan ini.

2. 4. Tema Penyambutan Siswa/i Baru

Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat pagi dan selamat bergabung untuk adik-adik sekaliam, dengan kami di SMA N. 1 Sukaraya ini. Perkenalkan, saya Irfan Putra selaku Ketua OSIS periode 2019-2020.

Disini, saya mengucapkan, selama datang dan selamat bergabung dengan keluarga besar SMA ini, sejak sekarang, esok hingga 3 tahun ke depan. Mulai besok, kita akan sama-sama meniba ilmu di sekolah yang sama, guru yang sama, mata pelajaran yang sama dan menjadi sebuah keluarga.

Tak perlu terlihat resah, enjoy saja. SMA tidak ada ubahnya dengan SMP, dimana kita tetap menuntut ilmu seperti biasa. Biasakan diri kalian dan jangan segan-segan bila ada yang hendak ditanyakan.

Saya berharap kedepannya, kita bisa bekerjasama dalam menjaga, melindungi dan memajukan SMA ini. Semoga dengan hadirnya kalian, SMA ini bisa bertambah mampu untuk bersaing dalam perihal prestasi dan hal positif lainnya, dengan ribuan SLTA di luar sana.

2. 5. Tema Penyambutan Mahasiswa/i Baru

Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat siang dan salam sejahtera untuk kita semua disini, semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Aaminn.

Perkenalkan, saya Putra Abdi Utama, selaku Presma (Presiden Mahasiswa) di Universitas ini, untuk periode 2019-2020. Dan di sebelah kiri kanan saya adalah Wakil ketua dan sekretaris BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa).

Kami selaku perangkat organisasi di kampus ini, mengucapkan terima kasih banyak, karena telah memilih kampus ini sebagai tempat pendidikan lanjutan kalian, sekaligus mengucapkan selamat datang, dan selamat bergabung dalam keluarga besar kampus Universitas A ini.

3. Contoh Pembuka Pidato Bahasa Arab

Di banyak acara kemasyarakatan / sosial, sebuah pidato yang dibuka dengan bahasa Arab adalah hal yang paling sering didengar, bahkan telah turun-temurun. Saking lumrahnya, kamu pasti hapal salah satu diantaranya, meskipun tidak pernah menghapalnya.

Contohnya saja ketika khutbah Jum’at, pidato rutin malam tarawih di bulan Ramadhan, ceramah ustadz ketika pengajian, ceramah hari raya, ta’ziah, perayaan hari besar islam / nasional, dan sebagainya.

Karena eksistensinya di sekeliling kita, sehingga ada banyak sekali pembuka / muqaddimah pidato bahasa arab yang tersebar, sesuai dengan perkembangannya. Nah, di bawahi ini adalah beberapa diantaranya :

3. 1. Muqaddimah Bahasa Arab 1

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh. Alhamdulillahhirobbil’alamin, Assolatuwassala mu’ala asrofil ambiyai walmursalin, wa’ala alihi wasohbihi rasulillahi Ajmain, ammaba’du.

Ashadu’alla ilaha ilallah, wahdahula syariqalah, wa’ashadu’anna Muhammad Abduh ya rasulluh, allazi la nabiya ba’da.

3. 2. Teks Muqaddimah Bahasa Arab 2

Alhamdulillahirobbil ‘alamin, wabihi nasta’in ‘ala umuriddunyawaddin, ashsholatuwassalamu’ala asrofil ambiyaa iwal mursalin wa’ala alihi washohbihi ajma’in.

Robbisrohlisodri, wayassrili amri, wahlul uqdatammilisani yafqohu qouli, amma ba’du.

3. 3. Muqaddimah Bahasa Arab 3

Alhamdulillahil ladzii an’amanaa bini’matil iimaan wal islaam. Wanushalli wanusallimu ‘alaa khairil anaam, sayyidinaa muhammadin wa’alaa aalihii wasohbihi aj-ma’iin, amma ba’du.

3. 4. Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Arab 4

Alhamdulillahi-lladzii hadaana lihadzaa, wama kunna linahtadiya laula an hadanallah, laqod jaa-at rusulu robbinaa bil haqqi wanuuduu an-tilkumul jannah, uuritstumuuhaa bimaa kuntum ta’maluun.

3. 5. Muqaddimah Bahasa Arab 5

Innal hamdalillah, nahmaduhu wanasta’inuhuu wanastaghfiruhu,, wa na’udzubillahi min syuruuri anfusinaa wa min sayyiaati a’maalinaa, may-yahdihil laahu falaa mudhillalah, wa-may yudhlil falaa haadiyalah, Asyhadu an-laa ilaa-ha illallaah, wahdahula syariikalah, wa-asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rosuluh, amma ba’du.

Baca juga : 50+ Pantun Penutup Pidato

4. Contoh Pembukaan Pidato Resmi

Contoh teks pembuka pidato
Contoh Pembukaan Pidato

Yang dimaksud resmi disini adalah, sebuah penyelenggaraan pidato yang ditampilkan pada acara yang terintegrasi, memiliki izin acara, diketahui serta disetujui oleh pihak-pihak berwenang, maupun pemuka di suatu daerah.

Sebenarnya sama saja dengan perayaan hari-hari tertentu dimanapun, mulai dari konteks keagamaan, pendidikan, nasional, pentas seni dan sebagainya. Sedangkan contoh tidak resmi tersebut misalnya seperti pidato buka bersama dan reuni antar alumni.

Nah, di bawah ini adalah beberapa Kalimat pembuka pidato resmi yang bisa kamu gunakan, pada beberapa acara yang resmi :

4. 1. Teks Pembuka Pidato Panjang dan Lengkap

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh. Alhamdulillahhirobbil’alamin, Assolatuwassala mu’ala asrofil ambiyai walmursalin, wa’ala alihi wasohbihi rasulillahi Ajmain, ammaba’du.

Puji dan syukur, marilah sama-sama kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga masih diberi waktu dan kesempatan untuk bisa berkumpul disini, dalam rangka penyaluran bantuan korban longsor di desa kita ini, yaitu keluarga A dan B.

Yang kedua, marilah bersama-sama kita kirimkan, Shalawat beserta salam kepada junjungan nabi besar kita, Nabi Muhammad SAW, berupa Do’a Allahumma solli ‘ala sayyidina Muhammad wa ala Alihi sayyidina Muhammad.

Yang sangat saya hormati, semua hadirin dan relawan yang menyempatkan diri dalam menyalurkan bantuan, baik secara materi maupun fisik dalam acara ini. Semoga kita semua tetap dalam lindungan Allah SWT, dan kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses.

Sebelum kita menuju ke TKP dan melaksanakan kegiatan, saya selaku Ketua Pemuda Desa Sukasari, menghimbau kepada seluruh rekan-rekan untuk bisa mengikhlaskan hati dalam memberikan bantuan, dengan tujuan menolong dan mendapatkan Ridho Allah.

Disini, saya akan menyampaikan beberapa poin penting dalam mengisi kegiatan ini. Yang nantinya, akan jadi panduan dan tahap-tahap yang akan kita lakukan, dari awal hingga akhir.

4. 2. Contoh Pembukaan Pidato yang Baik dan Benar

Untuk contoh yang satu ini, saya tidak akan menguraikan contoh kalimat maupun kata-katanya, namun hanya beberapa poin dalam penyusunannya. Sedangkan untuk kalimat / kata, semuanya telah tersedia di bagian contoh di atas. Penyusunannya adalah sebagai berikut :

  • Salam
  • Buka dengan Puji syukur dan mengirim Shalawat kepada Nabi Muhammad SAW
  • Kata-kata Penghormatan
  • Meminta izin untuk berpidato, kemudian sebutkan judulnya.

4. 3. Teks Pembuka Pidato berawalan Sinopsis Topik

(Salam > Puji syukur dan Shalawat > Penghormatan)

Kita menyadari bahwa, kebersihan lingkungan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan sosial. Namun yang terjadi di lingkungan kita adalah, kurangnya perhatian dan kepedulian masyarakat kita, untuk menjaga dan merawatnya.

Saat ini kita menyaksikan betapa lingkungan yang kita tinggali cukup memprihatinkan, baik dari segi sampah yang berserakan di sungai, hingga tepi jalan raya. Untuk itu, disini saya akan menyampaikan sepatah dua kata, yang akan mengajak saudara/i semua untuk bersama-sama, dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.

5. Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris

Pembuka pidato bahasa Inggris
Contoh Pembukaan Pidato

5. 1. Pembuka Pidato Bahasa Inggris 1

Ladies and Gentlemen,
Before I start, what is the first thing we see in here? Yes, the first thing we see is scattered trash everywhere. Isn’t this kind of thing disturb our view? Even though we all know that garbage is the source of disaster. Garbage can cause disease through the air we breathe. Imagine if every day we breathe the polluted air produced by those garbages, of course, this is very dangerous for all of us.

Terjemahan :

Hadirin yang berbahagia, Sebelum saya mulai, apa hal pertama yang kita lihat di sini? Ya, hal pertama yang kita lihat adalah sampah berserakan di mana-mana. Bukankah hal semacam ini mengganggu pandangan kita? Padahal kita semua tahu bahwa sampah adalah sumber bencana. Sampah dapat menyebabkan penyakit melalui udara yang kita hirup. Bayangkan jika setiap hari kita menghirup udara tercemar yang dihasilkan oleh sampah-sampah itu, tentu saja, ini sangat berbahaya bagi kita semua.

5. 2. Pembuka Pidato Bahasa Inggris 2

Today is the day before the Independence Day of the Republic of Indonesia. Today certainly makes us remember our predecessors, freedom fighters who have sacrificed all their souls and bodies to dispel and expel the invaders from our homeland, beloved Indonesia.

Terjemahan :

Tepat hari ini adalah hari sebelum hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Hari ini tentu membuat kita teringat dengan para pendahulu kita, pejuang kemerdekaan yang telah mengorbankan seluruh jiwa dan raga mereka untuk menghalau dan mengusir para penjajah dari tanah air kita, Indonesia tercinta.

5. 3. Pembuka Pidato Bahasa Inggris 3

Thanks to the attendees who have taken the time to attend the speech event that I will convey at this opportunity. What an honor for me to stand here and deliver a speech.

Terjemahan :

Terimakasih kepada para hadirin yang telah menyempatkan diri untuk hadir pada acara pidato yang akan saya sampaikan di kesempatan kali ini. Sungguh suatu kehormataan bagi saya yang dapat berdiri di sini dan akan menyampaikan pidato nantinya.

Penutup

Demikianlah, ulasan kali ini mengenai 20+ Contoh Pembukaan Pidato Singkat dan paling banyak digunakan pada berbagai tema populer. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari Contoh teks pembuka pidato. Terima kasih. (Ref)

Contoh Pembukaan Pidato

Tinggalkan komentar