Contoh Lukisan Naturalisme

Dalam dunia seni lukis terdapat beberapa aliran, salah satunya adalah Naturalisme. Apa itu aliran Naturalisme? Bagaimana ciri-ciri, siapa tokohnya dan apa saja Contoh Lukisan Naturalisme di dunia dan Indonesia? Simak ulasan Senipedia berikut ini.

Seni lukis adalah salah satu bidang dari seni rupa, yang menjadi tahap perkembangan dari menggambar. Melukis merupakan kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu.

Salah satu aliran paling fenomenal dan tersohor dari jenis seni rupa yang satu ini adalah Naturalisme. Kita bisa menemukan banyak sekali Contoh Lukisan Aliran Naturalisme baik dari seniman mancanegara, maupun tanah air.

1. Pengertian Naturalisme

Sebelum masuk ke pembahasan inti mengenai Contoh Karya Lukis Naturalisme , silakan simak pengertiannya terlebih dahulu di bawah ini, baik secara umum maupun menurut para ahli.

Menurut Wikipedia, Pengertian Naturlisme dalam seni rupa adalah bentuk objek lukisan yang menitik-beratkan pada setting alam seperti pemandangan, pekerja di ladang, dan objek-objek lainnya sesuai dengan nature atau alam nyata.

Secara umum, Definisi Naturalisme adalah lukisan yang mengedepankan keakuratan dan kemiripan dari objek yang dilukis, dengan yang sebenarnya. Aliran ini umumnya dijadikan seniman sebagai bentuk apresiasi mereka terhadap alam.

Di dunia karya seni rupa, aliran ini menjadi aliran dengan tingkat seni yang tinggi dan memiliki peminat yang banyak. Terbukti dari tidak sedikitnya contoh lukisan Naturalisme yang begitu fenomenal, bersejarah serta mempunyai harga yang tinggi.

Seni Lukis Naturalisme mendapatkan ide objek dari apa yang terlihat, kemudian menjadikannya dalam bentuk lukisan yang terlihat realistis. Seperti Tokoh Aliran Naturalisme Abdullah Suriosubroto dengan lukisan perawan desa yang sangat fenomenal.

Pada aliran ini, juga bisa dijadikan paduan atau kombinasi dari aliran lain seperti Realisme dan Romantisme. Karena Setting alam yang terimplementasi kadang diisi objek-objek yang jamak.

2. Sejarah Lukisan Naturalisme

Pada abad ke-16, seorang seniman bernama John Amos Comenius (1592-1670), digadang-gadang sebagai filsuf yang pertama kali memperkenalkan aliran Naturalisme kepada dunia, terutama dalam bidang pendidikan.

Pengenalan aliran Naturalisme ke dunia pendidikan didasari oleh pandangan John terhadap anak-anak didik, yang seharusnya memandang mereka sebagau makhluk ciptaan Tuhan. Sehingga, siapapun yang mengikuti aliran seni ini akan berkembang bersama alam.

Sejatinya, alam mengalami penyusutan dan perkembangan, semuanya telah diatur oleh Tuhan, tak ada yang luput darinya. Sehingga, aliran ini juga bisa menciptakan manusia-manusia yang selalu sadar akan kebesaran Tuhan.

Di tahun 1920-an, aliran ini mendapat sambutan baik dan positif dari kalangan masyarakat dunia, serta menjadi trend dalam objek lukisan pemandangan masa itu. Ditambah pula karena pengaruh seniman besar Inggris bernama John Constable.

Perkembangannya semakin pesat setelah dibukanya sekolah-sekolah seni lukis, diantaranya Akademi Norwich di Inggris timur, Akademi Hudson River di New York State dan juga Akademi Barbizon di Prancis tengah, yang mempengaruhi seluruh Eropa.

Seiring berjalannya waktu, akhirnya aliran ini menumbuhkan seniman-seniman lukis ternama, baik di mancanegara maupun tanah air. Karya-karya mereka juga bisa kita nikmati dan lihat secara langsung, maupun melalui internet.

Tokoh Aliran Naturalisme tersebut diantaranya William Hogart, Frans Hall, Raden Saleh, Abdullah Sudrio Subroto, Basuki Abdullah, Gambir Anom, Trubus dan masih banyak lagi.

3. Ciri-ciri Naturalisme

Sebelum masuk ke Contoh Lukisan Naturalisme, kamu sudah mengetahui pengertian dan sejarahnya di atas. Sekarang, pahami terlebih dahulu mengenai karakteristik lukisan Naturalisme di bawah ini, diantaranya adalah :

  • Objek yang hendak digambar dengan hasil lukisan diusahakan semirip mungkin, menyesuaikan dengan referensi yang ada
  • Kelihaian dan kepiawaian seniman menjadi faktor utama yang paling berpengaruh
  • Mengutamakan tema-tema lukisan nan indah, namun tetap mengandung kemurnian
  • Menjadi salah satu bentuk apresiasi para seniman terhadap alam sekitar
  • Tema yang diangkat diambil dari pemandangan-pemandangan di sekitar kediaman atau daerah tempat tinggal seniman
  • Jika objeknya manusia, maka kecantikan dan ketampanan objek dilukis secara apa adanya, tanpa ada unsur yang dilebih-lebihkan.

4. Tokoh Aliran Naturalisme

Dari mulai dikenal hingga menjadi tersohor seperti sekarang ini, aliran naturalisme telah menghadirkan banyak sekali seniman, mulai dari yang kita kenal atau namanya sering terdengar, hingga yang jarang diketahui profilnya. Berikut, beberapa diantaranya yang namanya sudah mendunia :

4.1. John Constable

John Constable adalah pelukis berkembangsaan Inggis, lahir pada 11 Juni 1776 dan wafat tanggal 31 Maret 1837. Ia menempuh pendidikan seni di Akademi Royal London, namun lebih sering belajar sendiri secara otodidak, dengan mengamati pemandangan disekitarnya.

dikenal sebagai sosok perenung pemandangan dan melukiskannya dengan penuh emosi. Karya terbaiknya pernah dipamerkan di Paris pada tahun 1924. Diantara karya terkenalnya antara lain Dedham Vale (1802) dan The Hay Wain (1821).

4.2. Thomas Cole

Thomas Cole adalah seorang maestro seni lukis asal Inggris, lahir pada 1 Februari 1981 dan wafat tanggal 11 Februari 1948. Di masa muda, ia pindah dan menetap di Amerika Serikat, dari sanalah ia mulai mendapatkan inspirasi untuk melukis.

Dia sering mengamati gurun-gurun yang ada di Amerika, kemudian menuangkan keindahan tersebut melalui media lukis. Berbagai lukisanya ikut serta dalam monumen untuk berbagai harapan dan kecemasan bangsa Amerika yang baru tumbuh selama pertengahan abad ke-19.

Beberapa Lukisan Naturalisme Karya Thomas Cole diantaranya adalah Lake with Dead Trees (Catskill) (1825), The Consummation of Empire (1836), The Oxbow (The Connecticut River near Northampton) (1836) dan masih banyak lagi.

4.3. William Bliss Baker

William Bliss Baker adalah seniman yang berasal dari Amerika, lahir pada 27 November 1859 dan wafat tanggal 20 November 1886. Beliau menempuh jenjang pendidikan seni di National Academy of Design semenjak tahun 1976.

Sebelum menempuh pendidikan, William juga sudah dikenal mahir dalam melukis oleh orang-orang disekitarnya. Setelah terkenal, dia berhasil menyabet banyak penghargaan, termasuk Elliot dan Hallgarten, serta penghargaan-penghargaan bergengsi lainnya pada masa itu.

Beberapa karyanya yang mendunia salah satunya berjudul Fallen Monarchs (1886). Dia dikenal sebagai seniman Naturalisme dengan kemampuan teknik yang baik dan rapi, bahkan menjadi inspirasi banyak pelukis lainnya pada saat itu.

4. Abdullah Suriosubroto

Abdullah Suriosubroto lahir si Kota Semarang pada tahun 1878. Beliau merupakan anak angkat dari seorang tokoh gerakan Nasional Indonesia, yakni Wahidin Sudirohusodo.

Beliau juga merupakan merupakan ayah dari pelukis ternama Indonesia lainnya yakni Basoeki Abdullah, Sudjono Abdullah dan sang pematung Trijoto Abdullah.

Pada mulanya, dia dimasukkan ayahnya pada sebuah sekolah kedokteran di Batavia kala itu. Karena tidak adanya ketertarikan dengan dunia pergerakan, akhirnya Abdullah Suriosubroto melanjutkan kuliahnya di Belanda.

Abdullah Suriosubroto merupakan salah satu tokoh seni lukis terbaik sekaligus yang pertama di abad ke-20. Beliau sangat menyukai pemandangan alam, yang kemudian diimplementasikan dalam bentuk lukisan.

Kecintaan terhadap pemandangan akhirnya memberikan dia kelebihan spesial dalam menciptakan karya seni lukis yang indah, sehingga dia diberi gelar sebagai “Mooi Indie” yang berarti “Hindia Indah”.

5. Basuki Abdullah

Basuki Abdullah (nama lengkap: Fransiskus Xaverius Basuki Abdullah) lahir pada 25 Januari 1915 di Surakarta, Jawa Tengah (masa itu masih Hindia-Belanda).

Beliau adalah anak dari seniman legendaris Abdullah Suriosubroto dan ibu bernama Raden Nganten Ngadisah, serta cucu dari Wahidin Sudirohusodo, yang merupakan tokoh pergerakan nasional Indonesia.

Sepanjang perjalanan karirnya, Basuki tersohor dengan sebutan ‘Pelukis Potret’, terutama karya lukisannya yang bertemakan wanita-wanita cantik, karena Keluarga kerajaan maupun kepala negara lebih suka memperindah lukisan daripada bentuk aslinya.

Selain pelukis potret, beliau juga ulung dalam melukis pemandangan alam, fauna-flora, tema-tema perjuangan, pembangunan dan sebagainya. Tidak heran jika beliau dikenal sebagai pelukis beraliran Naturalis.

Sepanjang perjalanan Karir dalam biografi Basuki Abdullah singkat, dia telah banyak mengadakan pameran tunggal, tidak hanya di dalam saja, tapi juga di luar negeri. Buktinya telah lebih 22 negara yang mengoleksi lukisan fenomenal hasil karyanya.

5. Contoh Lukisan Naturalisme

Nah, setelah mengetahui pengertian, sejarah, ciri-ciri hingga tokoh-tokoh di atas, sekarang kita masuk pada pembahasan inti, yakni mengenai Kumpulan Contoh Lukisan Naturalisme beserta sedikit penjelasannya di bawah ini :

Contoh Lukisan Naturalisme Karya John Constable

Lukisan Naturalisme karya seniman
Dedham Vale (1816)

Lukisan di atas berjudul Dedham Vale (1816), sebuah pemandangan alam berupa sungai, pepohonan dan pada bagian jauh terlihat gereja Dedham. Teknik yang digunakan sangat detail, sehingga terlihat realistis.

Contoh Lukisan Naturalisme Karya Thomas Cole

Contoh lukisan Naturalisme
Lake with Dead Trees (Catskill) (1825) 

Lukisan di atas berjudul Lake with Dead Trees (Catskill) (1825). Sesuai dengan judulnya, kita bisa melihat danau yang dikelilingi oleh pohon-pohon mati, beserta beberapa ekor rusa yang salah satunya sedang menatap ke arah depan.

Contoh Lukisan Naturalisme Karya William Bliss Baker

Gambar pemandangan alam
Fallen Monarchs (1886)

Lukisan berjudul Fallen Monarchs (1886) ini memperlihatkan keadaan suatu hutan, beserta 2 pohon tumbang dan yang hidup. Yang menambah keunikan adalah cahaya matahari yang menyelip diantara ranting dan batang pohon.

Contoh Lukisan Naturalisme Karya Abdullah Suriosubroto

Lukisan karya Abdullah suriosubroto
Pemandangan Gunung (1935)

Dari lukisan di atas, terlihat pemandangan gunung dari kejauhan yang sangat indah. Indonesia memang terkenal dengan pemandangan alam yang asri, menyejukkan dan bikin adem. Lukisan Abdullah Suriosubroto juga menjadi koleksi-koleksi presiden Ir. Soekarno masa itu.

Contoh Lukisan Naturalisme Karya Basuki Abdullah

Lukisan pantai Basuki Abdullah
Pantai Flores

Pemandangan pantai yang diaertai perahu nelayan dan juga pepohonan di atas bukit, terlihat sangat indah. Teknik yang sangat bagus sehingga lukisan terlihat begitu nyata dan bagus.

Akhir Kata

Demikianlah, ulasan kali ini mengenai Pengertian Naturalisme, sejarah, ciri-ciri, tokoh hingga contoh Lukisan Naturalisme Karya seniman-seniman dunia dan Indonesia. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih. (Ref).