Cara Merawat Kucing Persia

Cara Merawat Kucing Persia – Kucing persia tergolong jenis kucing yang memiliki bulu yang tebal, sehingga banyak catslover menyukai jenis kucing yang satu ini.

Untuk itu dalam perawatan Kucing Persia membutuhkan perawatan khusus, agar bulu tebal yang indahnya tetap terjaga kebersihannya, serta kecantikan selalu terlihat pada kucing tersebut.

Setiap kucing memiliki karakter dan kebiasaan masing-masing, dan tentunya untuk membuat kucing memiliki kesehatan yang baik dan bulu yang indah, untuk perawatannya perlu untuk di sesuaikan dengan kucing itu sendiri.

Cara Merawat Kucing Persia

Dalam hal merawat kucing persia, butuh beberapa hal yang penting untuk dilakukan, karena setiap kucing yang dipeliahra memiliki asal usul yang berbeda-beda, ada yang sudah dijinak.

Karena di urus dengan baik oleh pemilik sebelumnya ada juga kucing persia yang kurang terawat dan juga belum jinak. Simak di bawah ini beberapa cara merawatnya :

1. Menjinakan Kucing Persia

Menjadi jinak pada kucing persia merupakan hal penting untuk di dapatkan oleh kucing tersebut, karena jika kucing di rawat dalam keadaan masih terlalu giras, maka akan sulit di rawat, contohnya kucing sulit dimandikan dan kucing sering ketakutan oleh pemiliknya.

Ciri-ciri kucing belum jinak

Kucing yang masih giras atau belum jinak, tentunya bisa dilihat dari ciri-cirinya, dan utuk membuat kucing persia jinak, perlu tahapan yang harus dilakukan.

Ciri-ciri kucing yang masih giras bisa dilihat dari karakternya yang cenderung terlihat gelisah, ingin menyerang, stres, kuping menekut kebelakang, matanya melotot, mengeram/mengeong.

Jadi, ketika Kucing Persia peliharaan anda terlihat tanda-tanda di atas, maka jangan coba-coba mendekatinya terlebih dahulu hingga kucing tersebut terlihat santai.

Nah, untuk menjinakkan kucing persia, caranya adalah sebagai berikut :

  • Tunggu hingga kucing benar-benar diam, baru mulai mendekati dan mulai melakukan penjinakan
  • Rayu kucing dengan dan memberikan kata-kata pujian untuk kucing  dan sebaiknya jangan mentap secara fokus, karena kucing akan beranggapan sedang di tangtang
  • Perlakukan kucing secara lembut, nanti lambat laun kucing akan jinak karena nyaman karenanya
  • Jangan sesekali membentak kucing yang masih belum jinak, karena akan membuat kucing semakin takut dan semakin sulit untuk dijinakan
  • Berikan makanan kesukaannya secukupnya, jangan jangan terlalu kenyang, agar kucing masih merasa nyaman, sehingga nantinya kucing memiliki ketergantungan pada pemiliknya, jika lapar akan mendekati dengan sendirinya
  • Jika terlihat santai dan diam ketika di dekati pemiliknya, mulailah pegang kucing tersebut sambil membelainya, mulai dari kepala hingga ekornya

2. Kandang yang bersih

Agar bulu kucing terlihat indah dan juga bersih, tempat dimana kucing tinggal harus dipastikan bersih, seperti menyapu dan mengepel sisa pakan dan kotorannya secara rutin.

3. Tempat pakan Kucing Persia

Berikan tempat pakan yang tepat untuk kucing persia, dan untuk tempat pakannya jangan terlalu cekung, karena lidah kucing persia pendek, sehingga ketika makan atau minum, lidahnya tidak bisa menjangkau.

4. Tempat Pup Kucing

Agar memudahkan dalam perawatan kucing, sebaiknya siapkan tempat khusus untuk persia, dimana di tampat tersebut di berikan pasir untuk kucing buang air besar.

Sehingga ketika kucing buang air besar, tidak berceceran di lantai, tapi di tempat pup tersebut, dan tinggal di buang saja jika kucing sudah pup di wadahnya tersebut.

5. Mandikan Kucing persia

Untuk memandikan kucing persia, ada caranya, sebelum memandikan kucing persia, maka membutuhkan perlengkapan yang dibutuhkan, seperti :

  • Air hangat dengan dalam ember
  • Persiapkan shampoo kucing
  • Bedak kucing
  • Hydryer atau Blower
  • Handuk
  • Cuttonbuds
  • Handuk yang lembut
  • Basahi Bulu Kucing

Pertama-tama, bulu kucing di bawahi terlebih dahulu menggunakan air hangat yang sudah di persiapkan, secara merata, tapi perhatikan juga jangan sampe terkena hidung atau telinganya, di khawatirkan kucing menjadi tidak bisa diam atau lari.

  • Gunakan Shampoo

Ketika bulunya sudah basah, lalu gunakan shampoo yang sudah di persiapkan tadi dan usap-usap hingga keseluruh bagian tubuhnya secara halus secara merata, hingga shampoo nya tersebut meresap keseluruh bulu dan kulitnya.

  • Membilas

Agar bulu dan kulitnya bersih dari kutu, kotoran , bilas secara perlahan dan merata, hingga bulu kucing benar-benar bersih dan juga tidak ada shampoo yang menempel pada bulunya.

  • Keringkan Bulu Kucing

Agar bulu kucingnya kering kembali, maka gunakan handuk yang di persiapkan tadi untuk mengeringkan bulunya dengan cara menggosok-gosokan.

Atau, rekan-rekan petslover juga bisa menggunakan hair dryer atau blower tergantung kesukaan kucing dan kebiasaan kucing.

  • Bersihkan Telinga Kucing

Setelah selesai dimandikan hingga bulunya bersih kembali, selanjutnya tinggal bersihkan bagian telinga dengan menggunakan cottonbuds.

Untuk cara membersihkan telinga dengan menggunakan cottonbuds sama seperti membersihkan telinga manusia, lakukan dengan cara perlahan hingga kotorannya menempel pada cottonbuds tersebut.

Selain itu, gunakan baby oil juga pada cottonbuds tersebut agar kapas cottonbuds nya tersebut basah dan mudah untuk membersihkan kotoran pada telinga kucing.

Sebelum memandikan kucing persia, alangkah baiknya potong terlebih dahulu kukunya, agar nanti ketika kucing tidak bisa diam, kuku kucing tidak melukai kulit pemiliknya.

6. Menyisir Bulu Kucing

Cara menyisir bulu kucing Persia
Meongku.com

Agar bulu kucing tidak kusut dan juga tetap mengkilap, maka sehari 2 kali kucing di sisir bulunya, dan untuk menyisirnya menggunakan sisir logam.

7. Ajak Bermain

Bukan hanya manusia, kucing juga bisa mengalami kebosanan, agar kucing tidak bosan dan tetap aktif, maka ajak main ke suatu tempat.

Sambil main bersama pemiliknya, bisa di dalam rumah atau bisa juga di luar rumah, seperti ke taman dan ke tempat lainnya yang anda minati.

8. Kontrol Kesehatan Kucing

Agar kucing terjaga kesehatannya, maka kucing dilakukan vaksinasi secara rutin, selain itu kandang kucing sebaiknya terkena sinar mahati ketika pagi hari atau paling tidak, kucing di jemur pada pagi hari , berikan multivitamin dan pakan yang berkualitas.

Yuk, Baca Juga Puisi Tentang Hewan Peliharaan ini.

Akhir Kata

Demikian, 8 cara merawat kucing persia yang baik dan benar. Semoga postingan di atas bisa  bermanfaat buat pembaca semua. Terima kasih.

Referensi : https://agromedia.id/harga-kucing/

Tinggalkan komentar