7 Cara Menulis Artikel Yang Baik dan Amanah

Cara menulis artikel yang baik – Ditengah pesatnya kemajuan teknologi dan informasi di era Digital ini, mempermudah manusia untuk bisa mendapatkan suguhan informasi terbaru dengan cepat dan akurat.

Ini tidak lepas dari peran benyaknya media online, yang menyuguhkan berita ter-update dari berbagai kasus yang berbeda, serta pemerataan jaringan internet yang telah menyentuh pelosok desa terujung.

Kendati demikian, masyarakat yang jauh dari wilayah perkotaan sekalipun, sudah bisa mendapatkan beragam informasi terbaru, dengan hanya sekali Klik menggunakan Smartphone mereka.

Di sisi lain, pesatnya pertumbuhan jaringan berita online lantas tidak sepenuhnya menghasilkan penulis-penulis yang berkualitas. Pasalnya, tidak sedikit pula yang hanya menyuguhkan artikel informasi tanpa analisa, minim kualitas dan asal-asalan saja.

Sehingga, para pembaca akhirnya menelan mentah informasi yang kebenarannya masih simpang-siur. Untuk itu, sangat dibutuhkan yang namanya Penulis Artikel Yang Disukai Pembaca, dengan tulisan yang bisa dipercaya, dipertanggungjawabkan dan menjunjung tinggi nilai kejujuran.

Langkah-Langkah Menulis Artikel yang Baik

Nah, bagi kamu yang saat ini berprofesi sebagai Online Freelance Writer, baik di website portal berita maupun Blog pribadi, ada baiknya memperhatikan beberapa Cara menulis Artikel yang Baik dan benar ala Kontenindo.com di bawah ini.

1. Memilih Topik

Saat ini, hampir semua topik sudah bisa ditemukan di Internet, juga mencakup segala usia, status, pekerjaan dan demografi lainnya. Sebelum menulis, tentukan terlebih dahulu tentang topik apa yang akan kamu tulis dan kembangkan.

Usahakan topik tersebut bisa mendapatkan perhatian dari pembaca, memberi dampak yang baik, bermanfaat dan bisa dikembangkan dalam beberapa judul artikel dari topik tersebut nantinya.

Selain itu, kamu juga bisa memilih topik yang kamu kuasai, agar mendapatkan kenyamanan dan jabaran yang luas, berkat pengetahuan pribadi saat menulis artikel tersebut.

Untuk mempermudah dalam proses pembuatan, upayakan topik pembahasannya tidak terlalu analitis, tapi bagaimana caranya agar kamu bisa menikmati waktu-waktu dalam pembuatannya.

Dengan begitu, pikiran akan lebih rileks dalam mengembangkan topik yang sedang ditulis.

2. Menggali Referensi

Setelah kamu menentukan topiknya, kemudian mulailah menggali lebih jauh dan dalam mengenai penjabaran topik tersebut. Kunjungi beberapa website yang memuat artikel serupa, kemudian kumpulkan poin-poin yang ada.

Website yang akan dijadikan sumber juga harus diusahakan dari situs berkualitas, punya kredibilitas, terpercaya dan mempunyai redaksi yang jelas, sehingga artikel bisa lebih dipertanggungjawabkan.

Selain dari website, kamu juga bisa mendapatkan referensi secara offline seperti buku, untuk meraih data lebih lanjut dan meningkatkan keakuratan informasi. Setelah selesai, lakukan langkah di bawah ini.

3. Analisa hasil yang didapat

Langkah-langkah menulis artikel yang baik selanjutnya yakni, menyimpulkan semua sumber referensi yang telah dikumpulkan dalam satu tempat, ditambah dengan wawasan dan pengetahuan pribadi kamu mengenai topik tersebut.

Namun ingat, jangan lupa untuk menyertakan Link sumber artikel yang dijadikan referensi, untuk dimasukkan ke dalam bagian rujukan artikel.

Hal ini akan meningkatkan keyakinan pembaca mengenai kevalidan artikel anda tersebut, karena berasal dari sumber-sumber terpercaya.

4. Menentukan Judul Artikel

Judul merupakan salah satu elemen paling penting dalam sebuah artikel. Judul akan memberi sinyal, notifikasi sekaligus gambaran kepada pembaca, mengenai keseluruhan isi dari artikel tersebut.

Buatlah judul artikel yang unik dan bersifat persuasif, namun perhatikan juga relevansinya dengan isi. Jangan membuat judul yang hanya mengedepankan daya tarik hingga berlebihan, karena kesannya akan jadi Click Bait.

Intinya, judul yang ditetapkan akan menjadi rangkuman inti dari artikel yang ditawarkan. Anda juga disarankan untuk membuat judul yang unik, karena akan ada ratusan artikel serupa di Mesin Pencari. Dengan keunikan yang anda punya, maka persentase klik akan lebih banyak.

5. Mulai menulis artikel

Setelah menentukan topik dan judul yang pas, cara menulis artikel yang baik berikutnya adalah menyegerakan untuk membuat artikel itu sendiri. Jabarkan hasil analisa dari berbagai topik di awal, dan aplikasikan sewaktu menulis.

Namun sebelum masuk ke pembahasan, buatlah terlebih dahulu satu atau dua paragraf, sebagai kata penghantar / pembuka artikel. Di sana, Anda harus mendeskripsikan latar belakang serta tujuan artikel tersebut dibuat.

6. Sertakan Gambar yang Relevan

Tanpa adanya tambahan media berupa Gambar, maka artikel akan terasa sedikit hambar dan kurangnya daya tarik. Seberkualitas atau sebagus apapun artikel yang diterbitkan, dianjurkan untuk memasukkan gambar minimal satu buah dalam artikel.

Selain untuk menambah daya tarik, gambar juga berfungsi sebagai penyaluran Informasi inti dari artikel. Misalnya ketika anda menerbitkan artikel tentang Bencana Alam, maka gambar yang relevan akan memperjelas maksud tulisan.

Jika Kamu suka memotret atau punya keahlian dalam menggambar dengan perangkat digital, maka cara ini sangat disarankan. Namun bila tidak, kamu bisa mendownload gambar di Internet, dengan syarat bebas Copyright.

Baca juga : Peralatan Membuat Sketsa

7. Baca Kembali dan Revisi

Setelah artikel selesai dibuat, jangan terburu-buru untuk mempublikasikannya di website / blog kamu. Silakan baca kembali dari awal hingga akhir, revisi bila ada yang patut diperbaiki, misapnya Typo, kalimat yang kurang baku dan sebagainya.

Nah, bila dirasa semuanya sudah sesuai dengan langkah di atas, silakan publikasikan artikel kamu.

Penutup

Jika kamu merupakan seorang Blogger yang cukup sibuk dengan rutinitas lain, misalnya pekerjaan atau pendidikan, kamu juga bisa menyewa Jasa. Saya merekomendasikan Kontenindo.com sebagai Jasa Penulis Artikel terpercaya dan berkualitas.

Demikian ulasan untuk kali ini, semoga artikel mengenai cara menulis artikel yang baik, amanah dan bisa dipertanggungjawabkan di atas bisa membantu kamu sebagai seorang Freelancer maupun Blogger.

Image : Pixabay.com

Tinggalkan komentar