5 Cara Melatih Vokal agar Suara Bagus dan Merdu

Cara melatih vokal merupakan tahap yang harus dipahami dan diperdalam bila anda berminat menjadi seorang penyanyi profesional, atau sekadar ingin menghibur diri sendiri maupun orang-orang disekitar anda. Hal ini perlu karena bisa membuat suara vokal menjadi bagus, merdu dan berksrisma.

Pada dasarnya, setiap manusia telah dianugerahi oleh Tuhan dengan masing-masing kemampuan, termasuk salah satunya adalah kemampuan bernanyi. Namun biasa juga kesenian satu ini sangat sulit bagi sebagian orang, bisa dibilang mereka tidak memiliki jiwa seni lagu dalam dirinya, dan hal ini wajar.

Jika dalam 3 orang, terdapat 2 orang yang bisa bernyanyi, kemampuan mereka juga pasti berbeda. Selain karena bawaan lahir, penyebab lainnya adalah Teknik melatih vokal suara yang berbeda, sehingga tingkat kemampuan dan pemahaman dalam membawakan lagu menjadi bervariasi pula.

Meskipun terkesan sebuah kesenian yang mudah dan gampang, apalagi hampir setiap hari kita mendengarkan lagu atau orang bernyanyi, sekilas tidak akan terdengar berbeda, namun pada kenyataannya, setiap penyanyi punya ciri khasnya masing-masing, yang tentunya menjadi pembeda.

Cara Melatih Vokal Suara dengan Benar

Jika anda adalah seseorang yang ingin punya kualitas suara yang enak didengar, pada kesempatan ini Admin Senipedia akan menjelaskan beberapa poin penting, sebagi Cara melatih vokal suara agar terdengar bagus, merdu, menghayati dan berkarisma. Simak selengkapnya dibawah ini.

1. Melatih Vokal pada Pengucapan Kata (Artikulasi)

Lirik dalam sebuah lagu umumnya menggunakan suku kata yang biasa saja, namun pengucapan bisa terkesan sulit dan sering salah, ini disebabkan oleh tempo / jarak antara satu kata dengan yang lainnya cukup rumit, sehingga kata dalam lirik berikutnya menjadi terlambat terucap.

Apalagi jika sedang berada pada nada yang tinggi, misalnya pada bagian Reff lagu. Untuk itu, latih terlebih dahulu kelantangan pengucapan kata yang mudah hingga rumit, lakukan mulai dari kecepatan rendah hingga tinggi.

Yang susahnya lagi saat anda menyanyikan lagu mancanegara, karena cara pengucapan, tempo dan kesulitannya lumayan tinggi. Maka pahami dulu bagian pertama ini, supaya anda bisa melangkah pada tahap berikutnya.

2. Melatih Kekuatan Suara

Cara melatih vokal berikutnya adalah dengan meningkatkan kekuatan suara / power vokal. Kekuatan suara yang saya maksud bukan berteriak-teriak tidak jelas, tapi mengusahakan bagaimana supaya tetap terdengar jernih.

Meskipun ada sebagian orang yang telah dianugerahi kekuatan suara yang powerful, dan mampu membawakan lagu-lagu dengan nada cenderung tinggi, namun umumnya masih kurang jernih dan masih butuh pelatihan lagi.

Salah satu trik untuk melatih kekuatan suara adalah, dengan menium api lilin dari jarak 1-1,5 meter setiap harinya sebanyak minimal 20 kali. Dengan cara ini, power suara akan meningkat, namun harus diawali dengan teknik pengaturan nafas, simak poin no. 3.

3. Cara Melatih Vokal pada Teknik Pernafasan

Teknik pernafasan merupakan poin terpenting dan bersifat mutlak, untuk mendapatkan suara dan kualitas vokal yang bagus. Namun dibalik itu, masalah terbesar dan paling banyak dialami adalah pada poin ini pula.

Banyak yang punya persepsi mengenai hal ini. Sebagian kalangan mempercayai bahwa, teknik pernafasan dada adalah yang terpenting, sebagian lagi menyebutkan teknik pernafasan perutlah yang paling utama, selanjutnya adalah teknik pernafasan Diafragma.

3 teknik tersebut adalah kunci dalam dunia tarik suara. Selain mampu menghasilkan suara yang lantang dan jernih, memahami teknik ini juga bisa menjaga Pitch Control dalam bernyanyi.

A. Teknik Pernafasan Perut

Pada teknik ini, mula-mula anda diharuskan untuk menggabungkan perut, dengan cara menghirup udara sebanyak mungkin, hingga membentuk gembungan pada perut yang berisi nafas untuk menjadi suara.

Setelah itu, hembuskan melalui mulut dengan diiringi suara secara perlahan selama beberapa detik. Lakukan cara ini secara berulang-ulang dengan mengubah durasi waktunya. Teknik ini akan membuat anda bisa menghasilkan suara yang nyaring saat bernyanyi.

Kelemahan teknik ini adalah, udara yang tersimpan dalam perut akan cepat habis, sehingga anda mudah letih. Akhirnya, tidak sedikit kalangan yang beranggapan bahwa teknik ini masih kurang cocok.

B. Teknik Pernafasan Dada

Paja jenis ini, anda diharuskan untuk menampung oksigen dengan cara mengembangkan kemudian mengempiskan paru-paru. Sama seperti teknik perut, setelah oksigen terkumpul, lalu hembuskan perlahan diiringi suara.

Namun ada yang mengatakan bahwa, teknik ini tidak direkomendasikan saat anda akan bernyanyi dengan nada tinggi, ini karena udara yang terkumpul tidak banyak, sedangkan lagu dengan nada tinggi mengharuskan nafas panjang dan udara yang cukup.

C. Teknik Pernafasan Diafragma

Yang terakhir yakni teknik pernafasan diagfragma. Diagfragma adalah otot utama yang digunakan dalam proses menarik dan mengeluarkan napas. Diafragma terletak di bawah rongga dada dan berbentuk seperti kubah otot. 

Dari 3 jenis ini, teknik diagfragma adalah yang paling direkomendasikan sekaligus yang paling baik. Cara melakukannya adalah dengan menggunakan dua rongga utama untuk menyimpan udara yaitu rongga dada dan rongga perut. 

Teknik ini sangat disarankan untuk dilatih karena, udara yang ditampung akan lebih maksimal dan yang dikeluarkan pada saat bernyanyi juga akan terkontrol dengan lebih baik, sehingga menghasilkan suara dengan nada tinggi yang jernih dan bagus.

Cara melatihnya yakni dengan berdiri santai dengan badan tegak, kemudian letakkan ujunng jempol jari pada ujung tulang rusuk yang paling bawah.

Tarik napas lewat hidung dengan perlahan ataupun cepat. Anda akan merasakan bahwa jempol Anda akan terdorong ke sebelah luar karena tulang iga melonggar.

4. Mendalami Teknik Vibrasi

Yang dimaksud dengan Vibrasi / Vibra adalah suatu teknik salam bernyanyi dengan menciptakan getaran pada suara, saat berada pada suku kata dalam lirik yang dipanjangkan.

Sebelum mikrofon ditemukan, penyanyi menggunakan vibrato untuk memaksimalkan kualitas vokal tanpa membebani pita suara.
Getaran yang dimaksud adalah gelombang pada suara.

Teknik Vibrato juga tidak bisa digunakan sembarangan pada semua tempat saat bernyanyi, karena jika kesalahan ini dilakukan, akan terdengar jelek. Untuk itu, perlu mempelajari mengenai teknik penting ini setelah kualitas suara.

Pada Diva atau penyanyi profesional dunia, anda bisa menemukan beberapa dari mereka yang bahkan bisa mengontrol dengan mempercepat dan memperlambat vibratornya, sesuai dengan kesan yang ada pada lagu yang dibawakan.

Beberapa tips untuk melatih vibrator bagi pemula adalah sebagai berikut :

  • Tempatkan tangan anda ke bawah dada atau di daerah ulu hati.
  • Sekarang menyanyikan sebuah nada dengan mengucapkan ” a a a a a…” yang tidak terlalu tinggi dengan jangkauan suara anda.
  • Sewaktu anda sedang menyanyikan sebuah nada ini, tekan, lepas, tekan, lepas, tekan, lepas daerah bawah dada tersebut. Lakukan sebanyak 3 sampai 4 tekanan per detik.
  • Dengarkan bagaimana suara anda bergetar, maka itulah yang disebut vibrato 

5. Melatih Suara Vokal Nada Tinggi

Setiap orang yang dianugerahi bakat dalam bernyanyi, sejatinya memiliki range suara yang berbeda-beda. Namun secara garis besar, range para penyanyi umumnya 3 Oktaf, namun ada juga yang hingga 4 sampai 6 Oktaf.

Baca juga : Sejarah Paduan Suara

Beberapa aliran musik ada yang mayoritas menggunakan nada tinggi, sehingga memberikan kesan khusus yang menyatakan bahwa, tidak setiap penyanyi bisa menyanyikan semua jenis lagu atau genre.

Baca juga : 160 Lagu Bahasa Inggris Yang Mudah Dihafal

Berikut ini adalah beberapa Tips melatih suara tinggi bagi pemula, yang bisa anda biasakan mulai sekarang :

  • Lakukan pemanasan terlebih dahulu dengan cara melemaskan pita suara saat menyanyikan bunyi “ah”, “mah”, “doh”, atau “mi’, “mei”, “mah”, “mow”, “mu” dalam oktaf rendah maupun tinggi, sesuaikan dengan range vokal Anda.
  • Lakukan latihan setiap hari atau sesering mungkin, karena jika tidak, pita suara akan kembali melemas, lakukan latihan dengan piano atau keyboard agar nadanya lebih presisi.
  • Nyanyikan satu lagu yang mampu mencapai oktaf tertinggi Anda. Ulangi lagu tersebut 2 sampai 3 kali. Sebaiknya dilakukan dengan santai, dan ambil napas secukupnya, dan bayangkan/konsentrasi kalo nada tinggi itu mudah dicapai.
  • Setelah mampu menyanyikan nada tinggi tersebut dengan baik, maka latihlah lagi dengan lagu lain yang nada tingginya kurang lebih sama dengan lagu sebelumnya.
  • Nyanyikan satu lagu yang mampu mencapai oktaf terendah Anda. Ulangi lagu tersebut 2 sampai 3 kali. Jika menemukan kesulitan, coba nyanyikan “mah” atau “ah”. Lakukan juga pada lagu-lagu lain yang tingkat range-nya serupa.

Selengkapnya : 11 Cara Melatih Nada Tinggi sebelum Bernyanyi

Tips Menjaga Kualitas Suara

Setelah anda berhasil dengan cara melatih vokal suara anda, tentu anda tidak akan ingin pencapaian tersebut hilang, atau kembali seperti biasa. Maka dari itu, lakukan beberapa tips dibawah ini untuk menjaga kualitas suara :

  • Cukupi kebutuhan cairan
  • Kurangi merokok bagi pria
  • Sesekali iritlah bersuara / berbicara terlalu banyak
  • Jaga dan sering merilekskan otot leher
  • Hindari pemakaian suara secara berlebihan
  • Perhatikan cara bertutur
  • Hindari keseringan membersihkan tenggorokan, misalnya berdahak
  • Rutin berlatih.
Penutup

Demikianlah, informasi kali ini mengenai Cara melatih Vokal agar suara bagus dan merdu, semoga informasi ini bisa menambah wawasan sekaligus menjadi referensi bagi pemula seperti anda. (Referensi)