11 Cara Melatih Nada Tinggi dalam Bernyanyi

Cara Melatih Nada Tinggi – Tidak bisa dipungkiri, lagu yang memiliki nada tinggi memang tidak semua penyanyi bisa membawakannya, karena setiap orang memiliki tingkatan suara yang berbeda-beda dalam bernyanyi.

Tidak harus musik dengan aliran Metal, lagu-lagu di Indonesia juga banyak yang bernada tinggi, sebut saja barisan lagu yang dinyanyikan oleh Once maupun David Naif.

Meskipun notabene beraliran Pop, namun banyak bagian yang mengusung nada tinggi didalamnya, sehingga hanya orang-orang yang terpilihlah yang bisa membawakannya.

Memang, lagu-lagu dengan aliran nada yang tinggi bisa diturunkan, terutama saat anda bermain gitar dengan mengubah jalur chord nya, namun yang pasti kesannya akan kurang “dapet”.

Memang bukan berarti seseorang yang punya suara rendah akan tetap berada di aliran rendah, ada beberapa tips meninggikan suara saat bernyanyi yang bisa kamu lakukan dari awal dengan benar.

Cara Melatih Nada Tinggi sebelum Bernyanyi

Nah, bagi kamu yang hanya punya kualitas ketinggian suara yang sedang, namun sangat ingin bisa menyanyikan nada lagu yang tinggi, dibawah ini adalah Cara melatih nada tinggi bagi pemula. Silakan disimak hingga selesai.

1. Memperhatikan Gaya Hidup

Poin pertama adalah bagaimana kamu menjaga gaya hidup yang sehat dan positif, karena tanpa kamu ketahui, gaya hidup yang buruk sangat berpengaruh terhadap kualitas suara.

Lifestyle yang buruk dan punya pengaruh kontan terhadap suara antara lain adalah, keseringan meminum minuman alkohol dan kecanduan merokok yang berlebihan. Kebiasaan ini bisa membuat kualitas suara anda perlahan memburuk.

Beberapa kebiasaan dan aktivitas yang bisa memperbaiki dan meninggikan suara anda antara lain adalah, mengatur waktu olahraga, misalnya lari-lari kecil / jogging, perbanyak minum air putih sekitar 8 gelas perhari dan selingi juga dengan air teh untuk melemaskan pita suara.

Selain itu, jangan lupa menjaga waktu tidur sesuai anjuran dokter, yakni 8 jam. Terlebih setelah anda menyanyikan banyak lagu, dan besoknya akan menyanyi lagi, usahakan untuk memaksimalkan waktu istirahat yang ada.

2. Pola Makan yang Baik

Menjaga pola makan juga salah satu cara melatih nada tinggi secara mendasar dan penting. Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi makanan-makanan pedas dan berminyak bisa mengganggu bahkan merusak pita suara kamu.

Selain bisa merusak pita suara kamu, makanan pedas, berminyak dan asam juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan lambung, dimana lambung yang sehat sangat berpengaruh terhadap keindahan suara seseorang, untuk bisa bernyanyi dalam nada yang tinggi.

3. Melatih Pernafasan

Cara melatih nada tinggi dalam bernyanyi berikutnya yakni melatih pernafasan. Kondisi nafas sangat berperan penting saat bernyanyi. Semakin tinggi nada yang dinyanyikan, artinya semakin panjang pula nafas yang dibutuhkan.

Untuk itu, kamu perlu melatih pernafasan secara rutin untuk mendapatkan nafas yang panjang dan tinggi. Beberapa tips yang bisa kamu lakukan antara lain adalah :

  • Ambil nafas, tahan dan lepaskan, ketiga tahapnya dilakukan selama waktu 10 detik pada masing-masingnya
  • Lakukan tutorial tersebut berulang kali, namun tingkatkan juga interval waktunya hingga 15 sampai 20 detik
  • Pada interval waktu yang anda sanggup, pertahankan dan latih terus pada level tersebut. Tidak perlu memaksakan terlalu tinggi, intinya cukup pada interval yang anda mampu saja.

Semakin sering kamu melakukan latihan dengan panduan di atas, maka perlahan suara rendah kamu akan berangsur-angsur menjadi tinggi dan terus meningkat.

4. Tingkatkan Power Vokal

Yang dimaksud dengan tenaga vokal tidak sama dengan berteriak atau menjerit, tapi bernyanyi dengan suara tinggi, namun tetap enak enak didengar. Untuk mendapatkan ini, anda harus melatih kekuatan vokal yang ada.

Dalam proses latihannya, tidak berarti harus dipaksakan setinggi mungkin, karena selain berakibat kehabisan suara, pita suara juga berpotensi rusak. Yang perlu dilakukan hanyalah latihan secara bertahap dan kontinyu.

Nah, beberapa tips meningkatkan tenaga vokal antara lain adalah :

  • Siapkan dan nyalakan sebuah lilin
  • Ambil jarak anda dengan lilin, coba dulu dengan jarak 1-1,5 meter
  • Tiup lilin tersebut hingga apinya padam
  • Jika terasa terlalu jauh, dekatkan lagi dan kemudian tiup
  • Jika sudah pas, lakukan hal ini sebanyak 10-20 kali dalam sekali latihan
  • Ketika dirasa sudah bisa, tambah lagi jarak anda dengan lilin
  • Lakukan secara rutin, namun tidak boleh dipaksakan, rileks saja.

Konsisten dengan tips latihan ini, kamu akan mendapati tenaga vokal kamu akan meningkat. Setelah itu kamu bisa mencoba beberapa lagu yang sebelumnya tidak sanggup, dan lihat perubahannya.

Untuk mulai berlatih, silakan coba dengan Lagu cadas yang nadanya tergolong lumayan dulu, kamu bisa pilih Lagu Rock Indonesia kesukaanmu.

5. Melenturkan Otot Wajah

Tahukah anda, salah satu Cara bernyanyi dengan nada tinggi adalah dengan melenturkan otot wajah. Pelenturan ini akan mampu memproduksi hasil suara yanh lantang dan jernih menggunakan rongga mulut.

Beberapa tips yang bisa dilakukan antara lain meregangkan mulut dan lidah ke segala arah, menguap sambil membuka rongga mulut selebar mungkin sampai ke bagian belakang tenggorok, dan merilekskan rahang bawah sampai bisa ditekan atau ditarik dengan tangan.

6. Mulailah Bernyanyi

Berikutnya adalah mukailah menyanyikan beberapa lagu yang sebelumnya tidak sanggup untuk anda nyanyikan. Praktekkan oktaf tertinggi kamu, ulangi hingga terbiasa, namun ingat, bernyanyilah dengan rileks, jangan dipaksakan.

Memulai dengan lagu yang bernada rendah juga ide bagus, karena bisa dijadikan sebagai pemanasan sebelum masuk ke lagu dengan nada yang tinggi. Praktekkan semua tips yang telah kamu latih selama ini.

Tips menyanyikan Lagu dengan Nada Tinggi

Saat serangkaian tutorial dan cara-cara diatas sudah anda lakukan dan terapkan, maka mukailah bernyanyi dari nada rendah hingga ke batas oktaf suara yang anda mampu.

Namun tidak sampai disitu. Saat bernyayi, ada beberapa tips yang harus anda lakukan supaya mendapatkan hasil yang maksimal, alias tidak mengecewakan. Beberapa tips tersebut antara lain :

1. Minum Air Putih sebelum penyanyi

Pertama, jangan lupa mengonsumsi air putih sebelum mulai bernyanyi. Jangan sampai tenggorokan kering sebelum bernyanyi, karena jika terjadi, baru bernyanyi beberapa baris lirik saja, suara anda akan mulai melemah dan pengaturan nafas pun akan susah.

2. Bernyanyi sambil Duduk atau Berdiri Tegap

Jangan bernyanyi sambil membungkuk, tegakkan punggung kamu dengan netral, tujuannya supaya diafragma dan paru-paru kamu bisa mengembang secara maksimal, begitu juga dengan udara masuk akan mengalir dengan lancar.

Baca juga : Sejarah Paduan Suara

3. Tarik Nafas dari Mulut

Dengan mengambil nafas melalui mulut, hasilnya akan lebih maksimal. Karena jika nafas diambil lewat hidung, banyak para pengamat yang menyebutkan bahwa hal ini akan membuat seseorang merasa lebih kesulitan untuk mencapai nada yang tinggi.

4. Konsidikan Pita Suara

Tahukah anda, pita suara manusia itu ibarat sebuah balon, dimana jika sudah diregangkan, maka diagfragma dan paru-paru akan lebih mudah untuk mengembang karen sudah lentur terlebih dahulu.

5. Nyanyikan Lagu yang Kamu Sukai

Jangan langsung bernyanyi dengan lagu yang baru saja anda kenal, terlebih dahulu nyanyikanlah beberapa lagu yang anda sukai, dalam artian lagi tersebut paling sering anda nyanyikan. Setelah itu, masuklah pada lagu yang notasinya setingkag lebih tinggi.

6. Jangan Memaksakan Diri saat Bernyanyi

Jenis lagu yang minim jeda menuntut semua orang untuk wajin mengatur pernafasannya, salah satu caranya adalah dengan rileks, dalam artian tidak ada unsur kepaksaan dalam diri. Perlahan namun pasti, asalkan bertahap dan terkahir.

Baca juga : 5 Cara Melatih Vokal Suara agar Jernih dan Lantang

Yang Tidak Boleh dilakukan sebelum Bernyanyi Nada Tinggi

Untuk mendapatkan suara vokal yang tinggi dalam bernyanyi itu perlu latihan yang konsisten dan serius. Bahkan bagi mereka yang sudah terlanjur memilikinya dari kecil saja, masih memerlukan latihan yang panjang untuk terus mengasah skill mereka.

Nah, dibawah ini adalah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan sebelum latihan, atau sebelum menyanyikan sebuah lagu bernada tinggi maupun rendah :

  • Jangan menggaruk-garuk tenggorokan
  • Jangan minum minuman yang dingin dan mengandung kafein
  • Jangan merokok
  • Jangan makan makanan yang berlemak dan pedas
  • Jangan berteriak atau berbicara terlalu keras
  • Usahakan fisik untuk tidak dalam keadaan lelah
  • Jangan berada di lingkungan udara yang buruk.

Baca juga : 7 Hal yang Harus Dipersiapkan sebelum Belajar Main Gitar

Penutup

Demikianlah, informasi kali ini mengenai 11 Cara melatih nada tinggi sebelum bernyanyi, untuk menjaga pita suara dan mendapatkan kualitas suara yang tinggi, jernih serta lantang. Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih. (Referensi)