Biografi Titian Ramsay Peale : Seniman dan Naturalis

Biografi Titian Ramsay Peale – Hai, SeniLovers, pada kesempatan kali ini, Senipedia akan coba mengulas tentang Perjalanan Hidup Titian Ramsay Peale, seorang naturalis yang sangat terkenal dan tersohor pada masanya, hingga hari ini.

Seperti yang kita ketahui selama ini, sejatinya bahkan sejak zaman sebelum Masehi sekalipun, perkembangan seni sudah berkembang cukup pesat, terutama di berbagai belahan negara Eropa, antara lain Italia dan Amerika.

Salah satu penyebab mengapa Eropa punya kemajuan yang pesat dalam Dunia seni rupa dan naturalis adalah, karena sejumlah yang ada, serta gaya kehidupan disana yang terkenal bersaing dan strategis, sehingga tidak heran jika banyak Tokoh seniman terkenal disana.

Dibalik itu, selain untuk menyalurkan hobi dalam hal berkarir, hasil pemikiran yang diciptakan juga dijadikan sebagai pekerjaan / penghasil finansial yang cukup menggiurkan, bahkan ada yang bisa dijual dengan tarif yang fantastis.

Biografi Titian Ramsay Peale secara singkat

Akhirnya, dari beberapa pernyataan diatas, muncullah sebuah nama tokoh yang sangat terkenal dan fenomenal pada masanya, dan disini saya akan mengulas secara singkat mengenai Biografi Titian Ramsay Peale, sebagai orang yang saya sebut itu.

1. Kelahiran dan Keluarga

Titian Ramsay Peale Peale adalah seorang seniman yang lahir di Kota Philadelphia, pada tanggal 17 November 1799, dan wafat pada 13 Maret 1885, pada usia 86 tahun. Selain sebagai seniman, dia juga Naturalis, Entomolog, dan Fotografer Amerika Serikat.

Ayahnya adalah seorang pelukis terkenal masa itu bernama dan Charles W. Peale, seorang seniman Naturalis yang hidup mulai 1741 sampai tahun 1827. Di usianya yang ke 17 tahun, dia bekerja bersama kakaknya yang bernama Rubens Peale, adik dari Charles W. Peale hingga tahun 1818 (kisaran 2 tahun).

Memasuki masa remaja, Titian mulai mendalami bidang Anatomi (Ilmu Makhluk Hidup) di Universitas Pennsylvania. Di usianya yang ke 21 tahun, dia mengakhiri hubungan asmaranya dengan menikahi Eliza Cecilia La Forgue di tahun 1822.

Tidak lama setelahnya, dia menyunting Lucy Mullen, san dari dua istri tersebut melahirkan 6 orang anak. Di sela pekerjaan bersama kakaknya, dia bergabung dalam sebuah ekspedisi yang bernaung di bawah Academy of Natural Sciences of Philadelphia, menuju menuju Florida dan Georgia pada tahun 1817.

2. Perjalanan Karir

Pada ekspedisi pertamanya ini, dia tidak sendiri, ditemani oleh Ekspedisi itu juga diikuti oleh Thomas Say (1787-1843), George Ord (1781-1856) dan William Maclure (1763-1840).

Dua tahun kemudian (1819), dia dipercaya oleh Stephen Harriman Long (1784-1864), untuk menjadi Asisten Say, dalam sebuah ekspedisi menuju Pegunungan Rocky. Dua tahun setelah itu, tepatnya pada tahun 1821, sebagai asisten di Museum Philadelphia, yang sekarang bernama Museum Peale.

Pada tahun 1838, setelah Charles Darwin kembali dari perjalanannya dengan HMS Beagle, Peale mulai mendalami ilmu Naturalis bersama Peacock, untuk United States Exploring Expedition (1838-1842) yang kala itu dipimpin oleh Lt. Charles Wilkes.

Sebagai naturalis kepala, ia mengumpulkan dan melestarikan sejumlah spesimen sejarah alam, banyak yang dikemas dan dikapalkan balik ke museum.

Namun sayangnya di tahun 1843, museum tersebut mengalami kebangkrutan, lalu ia bekerja untuk US Patent Office dan mulai dikenal secara mayoritas sebagai Fotografer.

Baca juga : Perkembangan Seni Rupa di Indonesia

3. Karya Titian Ramsay Peale

Lukisan karya Titian Ramsay Peale

Sebagai seorang ilustrator ternama, ia telah menerbitkan sejumlah risalat, antara lain adalah Lepidoptera Americana(1833), Mammalia and Ornithology (1838-1842).

Selain itu, Ia juga membuat ilustrasi untuk American Entomology (1824-1828) karya Thomas Say dan American Ornithology karya Bonaparte (1825-1833).

Beberapa koleksi yang diserahkan ke Akademi Ilmu Pengetahuan Alam dari ekspedisi di Philadelphia termasuk 122 gambar oleh Peale. Dia memperoleh kalkun liar untuk koleksi museum.

Penutup

Demikianlah, ulasan mengenai Biografi Titian Ramsay Peale secara singkat, beserta keluarga, perjalanan karir dan berbagai karya yang diterbitkannya. (Source)

2 pemikiran pada “Biografi Titian Ramsay Peale : Seniman dan Naturalis”

Tinggalkan komentar