Biografi Abdullah Suriosubroto : Mooi Indie yang Fenomenal

Biografi Abdullah Suriosubroto – Hai teman-teman, kembali lagi bersama Admin Senipedia disini. Pada kesempatan kali ini, saya akan coba mengulas mengenai salah satu Biografi pelukis terbaik di Indonesia, yakni Biodata Abdullah Suriosubroto.

Artikel ini akan mengulas lengkap mengenai perjalanan hidup Abdullah Suriosubroto , mulai dari kelahiran, pendidikan, karya, keluarga hingga wafatnya.

Bagi para pecinta seni, akan terkesan aneh bila dia tidak mengenal Siapa Abdullah Suriosubroto dan apa pengaruhnya.

Biografi Lengkap Abdullah Suriosubroto

Abdullah Suriosubroto lahir si Kota Semarang pada tahun 1878. Beliau merupakan anak angkat dari seorang tokoh gerakan Nasional Indonesia, yakni Wahidin Sudirohusodo.

Beliau juga merupakan merupakan ayah dari pelukis ternama Indonesia lainnya yakni Basoeki Abdullah, Sudjono Abdullah dan sang pematung Trijoto Abdullah.

Pada mulanya, dia dimasukkan ayahnya pada sebuah sekolah kedokteran di Batavia kala itu. Karena tidak adanya ketertarikan dengan dunia pergerakan, akhirnya Abdullah Suriosubroto melanjutkan kuliahnya di Belanda.

Namun karena tidak sepemikiran dengan sang ayah, dia malah memperdalam ilmu seni lukis ketika di Belanda, tepatnya di kota Den Haag.

Setelah belajar beberapa waktu, dia kembali ke Tanah Air dengan melanjutkan impiannya tersebut untuk menjadi pelukis ternama.

Perjalanan Karir Abdullah Suriosubroto

Abdullah Suriosubroto merupakan salah satu tokoh seni lukis terbaik sekaligus yang pertama di abad ke-20. Beliau sangat menyukai pemandangan alam, yang kemudian diimplementasikan dalam bentuk lukisan.

Kecintaan terhadap pemandangan akhirnya memberikan dia kelebihan spesial dalam menciptakan karya seni lukis yang indah, sehingga dia diberi gelar sebagai “Mooi Indie” yang berarti “Hindia Indah”.

Dalam beberapa karyanya, lukisan pemandangan terlihat sangat apik dan kompleks, dengan mengusung tema ketentraman, kesejukan dan keindahan dalam jangkauan pemandangan alam yang luas.

Menurut Kusnadi, topik Abdullah Suriosubroto sering diulas lewat beberapa karya lukis cat minyaknya, sebagai hasil praktik memandang tamasya alam dari jarak jauh, dan bersifat romantik.

Bandung menjadi kota pilihannya untuk menetap, karena pada masa itu sangat banyak pemandangan alam yang indah dan sangat menginspirasinya.

Setelah menetap di bandung beberapa waktu, dia pindah ke Yogyakarta dan menghembuskan nafas terakhirnya pada tahun 1941.

Lukisan Karya Abdullah Suriosubroto

Nah, setelah menyimak ulasan mengenai Biografi singkat Abdullah Suriosubroto beserta perjalanan karirnya diatas, dibawah ini adalah beberapa lukisan Abdullah yang sangat terkenal dan fenomenal sebagai salah seorang Pelukis Terbaik Indonesia :

Karya Lukisan Abdullah Suriosubroto
Karya Lukisan Abdullah Suriosubroto
Pemandangan alam karya Abdullah Suriosubroto
Pemandangan alam karya Abdullah Suriosubroto
Lukisan karya Abdullah Suriosubroto
Gambar Lukisan karya Abdullah Suriosubroto

Baca juga :

Penutup

Nah, itulah informasi singkat mengenai Biografi Abdullah Suriosubroto , mulai dari kelahiran, pendidikan, anak, perjalanan karir hingga karya lukisnya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan terima kasih. (Referensi)