50+ BAND ROCK INDONESIA Terbaik Sampai Kapanpun

Band Rock Indonesia – Industri Musik di tanah memang sudah berumur cukup tua, pastinya tidak ada yang tahu. Namun pasalnya, musik telah digunakan sebagai media dalam upacara adat sejak beratus-ratus tahun yang lalu.

Seiring perkembangan zaman, dunia musik terus mengalami peningkatan dan penyempurnaan dari segala aspek, termasuk soal genre. Di Indonesia, genre musik juga sangat banyak, mulai dari pop, jazz, r&B, metal, Lagu Rock dan lain-lain.

Ini disebabkan oleh minat orang-orang yang beragam, tentunya memiliki kesukaan terhadap aliran musik yang berbeda pula. Salah satu genre yang populer ialah Rock. Akhirnya, Band Rock Indonesia 90an & terkini bermunculan dari waktu ke waktu.

Untuk itulah, Senipedia telah merangkum Daftar Band Rock asal Indonesia yang populer, hingga yang belum pernah kamu dengar. Siapkan kopi dan cemilan terlebih dahulu, enjoy dan selamat menikmati informasi yang renyah di bawah ini.

Band Rock Indonesia 90an

Tahun 90-an memang menjadi momentum berbagai industri di Indonesia, baik perfilman, sastra, teater hingga industri musik. Dan ysng tidak ketinggalan ialah eksistensi grup rock tanah air yang kian melesat cepat.

Sayangnya, beberapa band rock tahun 90-an yang dukunya eksis menghiasi layar kaca maupun konser ke berbagai daerah, kini telah sedikit meredup. Ini disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya perpecahan, faktor usia dan lainnya. Oke, berikut daftarnya buat kamu :

1. Elpamas

Bagi yang belum tahu, kata “Elpamas” adalah kependekan dari “Elektronik Payung Mas”, yang merupakan sebuah nama toko Elektronik milik Anthony Depamas, sekaligus sebagai penyedia seluruh peralatan band Elpamas. Tak disangka, Elpamas akhirnya menjelma jadi band rock yang besar.

Band ini mulai aktif sejak tahun 1983, berasal dari Pasuruan, Jawa Timur. Beberapa albumnya antara lain ialah Dinding-Dinding Kota (1989), Tato (1991), Bos, Kami Makan Apa? (1993), Negeriku (1997) dan lain-lain.

2. Grass Rock

Sebuah band rock yang bercikal dari lulusan Festival Rock, yang diselenggarakan oleh Log Zhelebour. Band ini dibentuk karena ingin mendaftar dalam ajang Djarum Super Rock Festival kala itu. Akhirnya, Grass Rock melesit dan menembus pasar nasional dengan cepat.

Tahun 1990, Grass Rock mengorbitkan album pertama mereka bertajuk Anak Rembulan, kemudian diikuti dengan Bulan Sabit (1992), Grass Rock (1994) dan album Menembus Zaman (1998). Salah satu single terbaik mereka yang berjudul “Prasangka” menjadi lagu paling berkesan di hati para fans.

3. Voodoo

Band rock Indonesia terbaik
Liputan6.com

Band Rock asal Indonesia berikutnya bernama Voodoo, yang dibentuk oleh Edo Widiz pada 12 Juli 1991. Entah apa hubungannya, namun kata “Voodoo” mengisyaratkan bahwa semua personil pertamanya sangat tertarik dengan hal-hal yang berbau mistis.

Mau tidak mau, Voodoo menjelma menjadi salah satu band rock yang paling disegani di masa lalu. Beberapa single mereka menghiasi seluruh pelosok desa dan pusat kota, sebut saja lagu “Salam untuk dia” dan “Selamanya”. Hingga sekarang, kamu juga masih bisa mendengarkan lagu-lagu mereka dari Youtube.

4. Sket

Selanjutnya bernama Sket, sebuah Band Rock Indonesia yang patut diperhitungkan kala itu, meskipun akhirnya harus bubar karena beberapa personilnya memisahkan diri, sebut saja seperti Aldrin yang join dengan Rampok Naong, serta Willy Sabena dan Michael Meyer memilih jalur solo karier.

Beberapa lagu Sket terbaik antara lain “Katakanlah”, “Takkan Kembali”, “Biarlah”, “Tuan Senja”, “Kucoba” dan masih banyak lagi. Salah satu prestasi terbaik Sket yang paling membekas ialah ketika mereka manggung di Kuala Lumpur, saat Opening Act konser grup rock Mr. Big (1994).

5. Adi Metal Rock

Daftar Band Rock Indonesia berikutnya bernama Adi Metal Rock. Band ini datang dari Surabaya dan dibentuk pada 15 April 1984. Tahukah kamu, ke-5 personil dari band ini adalah kakak beradik, atau berasal dari satu ibu yang sama.

Diantaranya ialah Adi Sandoyo, Adi Nirwanto, Adi Sugiarto, Adi Prasetyo dan Adi Prastanto. Ibarat Slipknot-nya Indonesia, band ini sering tampil dengan kostum nyeleneh serta memakai topeng ketika manggung.

Nama Adi Metal Rock kian meroket pasca menjadi juara dalam ajang Festival Rock Se-Indonesia, yang diselenggarakan Log Zhelebour tahun 1987. Beberapa lagu populernya antara lain “Aku Cinta Kamu”, “Deru Tantangan”, “Episode Kehidupan” dan lain-lain.

6. Whizzkid

Grub band rock 90an
Tribunnews.com

Berikutnya bernama Whizzkid, sebuah Band aliran Rock asal Indonesia yang mengudara di era 90-an. Hanya bermodalkan tampil dari satu panggung ke panggung yang lain, Whizzkid tumbuh meroket secara perlahan hingga akhirnya menjadi besar.

Sosok dibalik kesuksesan Whizzkid adalah Hengky Supit, yang dinobatkan menjadi vokalis rock terbaik di Indonesia dalam ajang ke-6 versi Log Zelebour. Prestasi ini kemudian menghantarkan mereka masuk dapur rekaman kompilasi, dengan membawakan lagu “Nyanyian Kehidupan”.

Album pertama “Percayalah” keluar dan terjual hingga 200.000 kopi, sebuah angka penjualan di industri musik yang amat fantastis kala itu. Kemudian “Kecil” yang menandai album kedua mereka tahun 1994. Whizzkid kemudian tenggelam pasca ditinggal Hengky, lalu bergabung kembali tahun 2006.

7. U’Camp

Band Rock Legendaris Indonesia selanjutnya bernama U’CAMP, band yang berasal dari Bandung dan dikomandoi oleh Iram, Sandy, Rudi, Erry dan Ovi. Album “Bayangan” menjadi momentum popularitas mereka di kancah belantika musik tanah air.

Bukan main, lagu berjudul “Bayangan” ini seakan-akan menjadi lagu wajib untuk dinyanyikan semua penggemar musik rock saat itu. Dari pelosok desa hingga pusat kota, berbagai tempat karaoke, bus, pusat perbelanjaan dan lainnya selalu memutar lagu ini setiap harinya.

Sayang seribu sayang, perkembangan dunia musik serta kemunculan berbagai genre, menyebabkan U’Camp jatuh dalam lubang kevakuman, yang akhirnya menurunkan eksistensi mereka di mata masyarakat.

8. Andromedha

Kehadiran Andromedha sebagai kompetitor band-band rock yang telah ada kala itu, memang sangat patut untuk diperhitungkan. Pasalnya, band asal Surabaya ini merebut berbagai kejuaraan, sebut saja seperti Festival Rock Se-Indonesia ke-V pada tahun 1989 dan ke-VII pada tahun 1993.

Andromedha diisi oleh Pungky Deaz, Lucky, Hendrik Sanada, Denny Ireng dan Yoyok. Formasi inilah yang menjadi cikal bakal kemunculan album Lamunan”, yang kemudian sempat merajai chart radio di Malaysia, beriringan dengan single bertajuk “Isabela” milik Search asal Malaysia.

9. Jet Liar

Band rock asal Indonesia
Medium.com

Band yang mengusung aliran Heavy Metal ini dipiloti oleh Iwan Xaverius, Gino Irianto, Yoyok Ragil, Tommy YMS dan Ade Virguna ini kerap sekali manggung bersama band-band yang besar, serta acap kali memainkan musik-musik Judas Friest.

Meski masih tergolong pendatang baru, namun penampilan yang selalu enerjik menjadikan band ini memiliki banyak sekali fans yang selalu mengelu-elukan. Bahkan mereka mampu melampaui eksistensi band yang tenar kala itu, seperti SAS, Rolland, Makara, Cockpit dan Bharata.

10. Kaisar

Band Rock Indonesia selanjutnya bernama Kaisar. Dua dari lagu mereka (Garis-Garis Bintang dan Kerangka Langit) masuk dalam nominasi lagu favorit pilihan konsumen dalam 10 finalis “Festival Rock Se- Indonesia”. Pada tahun 1989-1991, beberapa lagu mereka meraih predikat Lagu Rock Terbaik di tanah air.

Tahun 1991, mereka juga menyabet juara dalam ajang Festival Rock Se-Indonesia ke-6 di Surabaya. Di tahun yang sama, band asal Solo ini merilis album pertama mereka bertajuk “Mulut Angin”, dan langsung mendapat respon positif yang menakjubkan dari pada penikmat musik Rock.

11. Kayakas

Tahukah kamu, Kayakas merupakan singkatan dari “Karunia Yang Kuasa”. Band ini berasal dari Jakarta, serta sang gitaris Iwan Kayakas yang menjadi momok dibalik kesuksesan mereka. Kayakas mempunyai dua orang vokalis dengan ciri khas suara yang berbeda, sehingga menjadi keunggulan tersendiri.

Saka Birzha yang memiliki suara tinggi melengking, sedangkan Rangga Mathias dengan karakter suara rendah serta sedikit fals. Kualitas suara dua vokalis ini sudah tidak diragukan lagi, bahkan telah diakui lebih baik dari Red Spider, Alukard maupun Pumars. Namun, perjalanan karir mereka tidak berlangsung lama.

12. Lochness

Band Rock asli Indonesia selanjutnya berasal dari Bandung, yang kita kenal dengan nama Lochness. Band ini diisi oleh Hendraman, Hendrawan, Irwan CD, Arie Ness, Alain Jeff dan Andre Gustian, serta diorbitkan oleh Alm. Denny Sabri.

Kiprah mereka juga tidak berlangsung lama. Pasalnya, tercatat hanya 3 album yang berhasil diterbitkan secara bebas. Namun setidaknya, lagu berjudul “Mengapa Kau Pergi” berhasil menembus pasar nasional dengan sukses di era 90-an.

13. Kindern

Tidak banyak informasi yang bisa didapat dari band ini. Grup yang beranggotakan Ricky, Arya, Pechonk, Hengky, Bato ini memang sejatinya tidak setenar band-band lain. Album “Kamuflase” yang dikeluarkan tahun 1997 juga tidak begitu mendapat banyak respon.

Namun bagaimanapun, kehadiran mereka juga disambut baik oleh semua kalangan. Buktinya, Single berjudul “Masih Ada” menjadi satu-satunya lagu mereka yang dikenal luas dan paling banyak dikenal, melalui paduan slow rock serta distorsi gitar yang baik.

14. Sahara

Band Rock Indonesia selanjutnya bernama Sahara. Band ini didirikan oleh Richard Mutter dan Ahmad Sebastio pada tahun 1989, kemudian mulai masuk dapur rekaman tahun 1994, dengan album pertama berjudul “Imsomnia”. Band ini beranggotakan vokalkan Ixan Rantas, Dion, Ahmad Sebastio dan Agus Aziz.

Eksistensi mereka mulai bersinar selepas meluncurkan album kedua bertajuk “Biarlah Sepi”, yang akhirnya mengangkat nama band rock asal Bandung ini ke tengah-tengah belantika musik rock Nusantara. Kesibukan masing-masing personil menjadi penyebab kevakuman band ini.

15. Kidnap

Band beraliran rock ternama
Musik.kapanlagi.com

Band Kidnap didirikan pada 28 Oktober 1991, dengan personil awal : Anang Hermansyah, Damon Koeswoyo, Kcho, Gorgha Pasaribu, Teguh Sutomo dan Massto Sidharta. Sayangnya, band ini hanya berhasil merilis 1 saja sepanjang karirnya, berjudul “Katrina”.

Uniknya, lagu-lagu album ini lebih condong bermakna tentang sosialisme, di mana terdapat beberapa lagu yang menyinggung persoalan dalam kehidupan bersosial. Kemudian diselingi dengan beberapa lagu yang bertema asmara.

16. Protonema

Di urutan selanjutnya ada Protonema, yang diambil dari bahasa Biologi yaitu “Tunas Lumut”. Band ini terbentuk di Bandung tahun 1991, dengan beranggotakan Doddy, Gun gun, Didiet dan Sidik. Tidak lama setelahnya, Benny dan Ozie bergabung.

Memang tidak setenar band rock lain yang jam terbangnya sudah berkala nasional maupun mancanegara, namun Protonema begitu melekat di hati masyarakat Bandung kala itu. Mereka sering mengisi acara di kafe-kafe dan berbagai event lainnya.

Selain itu, mereka juga sempat mengisi acara menjadi Homeband Radio Oz, dalam format acara “Pub On The Air” setiap malam Jum’at, serta acara “Music Cafe” di Radio Ardan di kota Bandung. “Kirana” dan “Rinduku Adinda” menjadi lagu hits dari mereka.

17. Roxx

Grup Band Rock 90an berikutnya bernama Roxx, dibentuk pada awal tahun 1986 dan berdomisili di Jakarta. Sebenernya, personil dari band ini merupakan pecahan dari 2 band tersohor kala itu, yakni Skull dan Navy, kemudian memulai debut awal sebagai band glam rock ’80an.

Nama Roxx mulai melesat usai menjadi vinalis dalam ajang Festival Rock se-Indonesia, yang disponsori oleh Log Zhelebour pada 1980-an, di mana tembang Rock paling tersohor ialah yang berjudul “Rock Bergema”, bahkan dijadikan soundtrack / backsound beberapa program musik di stasiun radio.

18. Power Slaves

Personil Power Slaves adalah beberapa mahasiswa dari  UNDIP Semarang, yang terbentuk pada tahun 1991, diantaranya adalah Heydi, Anwar, Kolem, Randy, Vidi dan Wiwik. Nama Power Slaves sendiri diambil dari Ensiklopedia, yang berarti sekumpulan tentara Nabi Musa yang tangguh.

Benar-benar mulai dari 0, tanpa lelah untuk tampil dari satu panggung ke panggung lain, dan akhirnya berhasil menyabet banyak penghargaan. Di tahun 1994, Power Slaves akhirnya menorbitkan album pertama mereka yang bertajuk “Metal Kecil”.

19. Power Metal

Band beraliran Rock berikutnya berjudul Power Metal, band ini telah ada sejak tahun 80-an. Prestasi awal yang mereka raih ialah menyabet juara dalam ajang Festival Rock Remaja se-Jawa Timur di Lumajang (1987). Sebelum terkenal, mereka sering membawakan lagu metal barat seperti Metallica.

Power Metal awalnya diisi oleh Totty M., Ipunk, Pras Hadi, Raymond dan Mugix. Hingga kini, telah sering melakukan pergantian personil, terhitung telah ada 12 mantan yang pernah menjadi personil Power Metal.

20. Boomerang

Lagu rock dari boomerang
Abadikini.com

Kamu yang sedang membaca tulisan ini, pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama yang satu ini, band yang mempopulerkan lagu “Tragedi” dan “Pelangi” ini memiliki eksistensi yang amat populer bahkan hingga detik ini.

Band yang dipersonilkan oleh John Paul Ivan, Inno Daon, Pet Agusty dan Hubert Henry ini awalnya bernama Lost Angel, kemudian di tahun 1994, resmi berganti menjadi Boomerang yang kita kenal hingga saat ini.

Dalam ajang Festival Musik Rock Indonesia yang diadakan oleh Log Zhelebour, Boomerang berhasil menyabet posisi 10 besar. Di tengah hiruk-pikuk perkembangan musik rock, Boomerang berdiri kokoh dan setia di hatinpara fans hingga detik ini.

21. EdanE

Bagi yang belum tahu, EdanE adalah singkatan dari Eet Sjahranie dan Ecky Lamoh. Band ini muncul ke permukaan pada tahun 1991, di mana personil awalnya ialah Eet Sjahranie, Ecky Lamoh, Iwan Xaverius, dan Fajar Satriatama.

“The Beast” adalah album pertama mereka yang mengudara mulai tahun 1992. Dua album berikutnya bertajuk “Jabrik” dan “Borneo” dibawakan oleh Heri Batara setelah menggantikan posisih Edky sebagai vokalis.

Tak berselang lama, Heri terpaksa mengundurkan diri karena sakit, sehingga digantikan oleh Fatah Mardiko untuk beberapa lagu dalam album “Borneo”. Lalu Fatah digantikan pula oleh Trison. Sepanjang karir, Edane telah menerbitkan 7 album. Luar biasa.

22. Cynomadeus

Band Rock Indonesia berikutnya bernama Cynomadeus, yang berarti Cycle Neo Amadeus. Band ini dicetus oleh Iwan Madjid dan Eet Syahranie, lalu merekrut Arry Syaff dan Fajar Satritama sebagai vokalis dan drum, terakhir, dilengkapi oleh Todung Panjaitan sebagai bassis.

Tahun 1990 menjadi masa keemasan mereka, di mana di tahun itu mereka berhasil mengeluarkan album perdama bertajuk “Cynomadeus”. Band yang awalnya bernama Hush, dengan menggandeng peran ganda Todung Panjaitan sebagai bassis dan eksekutif produser.

23. Jamrud

Berikutnya ada Jamrud, ya, sebuah band rock yang pastinya tidak asing lagi di telinga kita semua. Band ini berasal dari Cimahi, Jawa Barat dan dibentuk tahun 1989. Personil awalnya ialah Azis Siahaan, Ricky Teddy, Agus dan Oppie.

 Tahun 1990, Jamrud meluncurkan album pertama berjudul “Nekad”. Album ini langsung melejitkan nama Jamrud ditengah-tengah industri musik tanah air. Kemudian diikuti oleh album Putri (1997), album Terima Kasih (1999).

Hingga detik ini, Jamrud menjadi salah satu band rock asal Jawa dan Indonesia yang mrmiliki nama paling populer di kalangan pecinta musik. Banyak tembang dari mereka yang hingga sekarang masih senantiasa dilantunkan.

24. Rotor

Band ini dibentuk tahun 1991 di Jakarta. Nama band ini mulai dikenal secara luas pasca menjadi supporting act konser Metallica selama dua hari berturut-turut di stadion Lebak Bulus, Jakarta pada tahun 1993. Band ini awalnya dimonitori oleh oleh Irvan Sembiring.

8 tahun bertarung di belantika musik Nusantara, Rotor sukses menerbitkan 4 album. Bubarnya band ini diawali oleh wafatnya salah satu personil. Terakhir, mantan vokalis (Jodie) meninggal dunia pula. Personil yang lainnya juga telah memilih jalan hidup yang lain.

25. Rolland Band

Pada tanggal 22 Desember 1984, Yogyakarta melahirkan salah satu Band Rock Legendaris tanah air bernama Rolland Band, yang bergelar Judas Priest Indonesia, diisi oleh Petrus S., Bento Jepang, Lugudz Nugroho dan Yoyok.

Meski band ini berakhir dan bubar secara kurang baik karana adanya konflik internal, setidaknya beberapa lagu mereka seperti “Gigolo”, “Teror”, dan “Percakapan Satu Kamar”, menjadi hits pada zamannya sehingga mereka dikenal masyarakat.

Band Rock Indonesia Legendaris Lainnya

Band rock Indonesia yang terkenal
Kumparan.com

Sebenarnya, daftarnya sangat banyak, baik yang dikenal maupun tidak alisa eksistensinya kurang terlihat. Daftar di atas hanya sebagian dari jumlah keseluruhan. Sebagai tambahan buat kamu, simak beberapa koleksi band lainnya di bawah ini :

  • Getah
  • Red Spider
  • Garux
  • Fargat 727
  • The Folwers Band
  • Rudal Band
  • Goodbless
  • Slank
  • Koes Plus
  • The Tielman Brothers
  • /RIF
  • PAS Band
  • Koil
  • The Sigit
  • Netral
  • Seringai
  • Superman Is Dead
  • Dan lain-lain…..

Band Rock Indonesia 2000-an Hingga Sekarang

Di tengah perkembangan musik dalam berbagai genre di Indonesia, kita belum bisa langsung menyimpulkan bahwa aliran musik rock telah mati, ya, meskipun sedikit mengalami penurunan. Hanya saja, keberadaannya masih bisa ditemukan dengan mudah.

Namun pastinya, yang lahir di beberapa tahun belakangan ini tentulah tidak memiliki eksistensi seperti band rock lawas lainnya di atas. Namun, mereka patut diacungi jempol karena tetap menjaga dan mempertahankan genre ini ditengah-tengah masyarakat.

Untuk itu, bagi kamu yang merupakan pecinta musik beraliran rock / metal, namun masih berusia muda atau beranjak dewasa, referensi mengenai beberapa Band rock 2000-an hingga sekarang di bawah ini, akan bisa menambah wawasan kamu :

Grup genre cadas terbaru
Supermusic.id
  • Barefood
  • Eleventwelfth
  • .Feast
  • Gaung
  • Heals
  • HURT’EM
  • Mooner
  • Kelelawar Malam
  • Scaller

Jangan Lewatkan : 115 BAND ROCK BARAT Terbaik Sepanjang Masa

Penutup Band Rock Indonesia

Demikianlah, ulasan kali ini mengenai Daftar Band Rock Indonesia 90an, 2000an, dan yang terbaru serta terbaik sepanjang sama. Semoga bisa menambah wawasan serta kecintaan kita terhadap musik beraliran Rock. (Referensi 1, 2, http://amrilfranks.blogspot.com/2012/01/biography-singkat-group-rock-indonesia.html).

Tinggalkan komentar