115+ BAND ROCK BARAT Terbaik Yang Pernah Ada

Band Rock Barat – Genre musik yang ada dan terus tumbuh di bumi ini sangatlah banyak, dan masing-masing darinya mempunyai pasar yang berbeda. Bahkan, di daerah-daerah yang kaya akan budaya, memiliki genre khusus dan hanya ada di wilayah itu saja.

Namun secara global dan dikenal oleh semua orang, salah satu genre paling ternama dan telah memiliki sejarah yang besar ialah genre rock. Dari awal kemunculan hingga detik ini, banyak sekali Band Rock terbaru, terbaik dan pilihan, yang memiliki jutaan penggemar.

Terutama yang datang dari wilayah barat, eksistensi mereka sudah tidak diragukan lagi. Bahkan sekalipun band rock barat tersebut sudah vakum atau tidak mengeluarkan album baru lagi, namun Lagu-lagu mereka masih terus dinyanyikan.

Ini adalah bukti bahwa keberadaan mereka tetap ada dan abadi dalam benak para penggemar. Sekaligus menjadi bukti, bahwa genre musik rock tidak akan ada matinya, dan akan selalu memiliki generasi berkelanjutan yang berkualitas.

Kumpulan Band Rock Barat Terbaik Sepanjang Masa

Pada artikel ini, Senipedia telah merangkum kumpulan Band Rock Barat terbaik, populer dan legendaris beserta sedikit penjelasan, agar kamu semua tidak hanya mengenal lagu mereka, namun juga sedikit tentang biografi band-band itu. Check this out…

1. Red Hot Chili Peppers

Yang pertama ada Red Hot Chili Peppers, sebuah band yang telah ada sejak tahun 1983, berasal dari Los Angeles, California, USA. Band ini beraliran Funk rock, alternatif rock ,funk metal, rap rock. Meskipun sudah berumur lebih 30 tahun, namun masih aktif hingga sekarang.

Perlu kamu ketahui bahwa, band satu ini diakui sebagai salah satu band rock paling sukses sepanjang sejarah, dengan penjualan lebih 80 juta rekaman yang berhasil terjual di seluruh dunia, Lagu Rock favorit dari band ini antara lain Californication, Scar Tissue, Under The Bridge, dan lain-lain.

Personil dari band ini diantaranya Anthony Kiedis, Michael Balzary,Josh Klinghoffer dan drummer Chad Smith. Banyak penghargaan yang telah mereka raih, salah satunya ialah pemenang 6 Grammy Award, dengan 16 kali masuk nominasi.

2. Nirvana

Band rock barat terbaik
Liputan6.com

Di tempat kedua ada Nirvana, yang pastinya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Band yang bergenre Alternatif rock dan grunge ini lahir di Aberdeen, Washington, A.S, sejak tahun 1987 dan bubar di tahun 1994. Band ini dibentuk oleh Kurt Cobain dan Krist Novoselic.

Meskipun berumur singkat alias 7 tahunan saja, serta hanya mengorbitkan 3 album sepanjang kiprahnya, namun pengaruh mereka dalam dunia musik rock amatlah besar, bahkan dinobatkan sebagai salah satu band rock alternatif terbaik sepanjang masa.

Penyebab bubarnya band ini ialah karena kematian sang vokalis sekaligus pencipta Nirvana, yakni Curt Cobain. Beberapa lagu paling hits dari mereka diantaranya Smells Like Teen Spirit, Come As You Are, In Bloom dan Breed dan lainnya.

3. The Rolling Stones

Band Rock terbaik di dunia selanjutnya bernama The Rolling Stones yang berasal dari London, Inggris, dengan genre Rock blues, blues rock dan rock and roll. Band ini didirikan tahun 1962, dan masih ada hingga saat ini, meskipun sudah berusia lebih 50 tahun.

Personil awal dari band ini ialah Brian Jones , Mick Jagger , Keith Richards, Bill Wyman, Charlie Watts dan Ian Stewart. Mantan anggota antara lain ialah Brian Jones, Ian Stewart, Bill Wyman, Mick Taylor, Dick Taylor dan Tony Chapman.

Beberala lagu terhits dari mereka diantaranya (I Can’t Get No) Satisfaction, Paint It Black, Brown Sugar, Jumpin’ Jack Flash, Sympathy of the Devil dan lain-lain. Hingga kini, kamu masih bisa mendengarkan via YouTube maupun streaming khusus musik.

4. Led Zeppelin

Berikutnya ada Led Zeppelin, band yang masih berasal dari London, Inggris, dengan mengangkat genre Hard rock, blues rock, folk rock, heavy metal. Band ini telah ada sejak tahun 1968, kemudian bubar tahun 1980. Mereka juga sempat melakukan pertemuan alumni, yakni tahun 1985, 1988, 1995 dan 2007.

Led Zeppelin dilabeli oleh Atlanti dan Swan Song, dengan beberapa lagu terbaik mereka diantaranya Kashmir, Whole Lotta Love, Black Dog, Ramble On dan tentu saja yang mungkin kamu kenal yakni Stairway to Heaven.

Pada awal kemunculannya di tahun 1986, band ini dipersonali oleh Jimmy Page, Robert Plant, John Paul Jones dan John Bonham. Di masa kejayaan dulu, mereka dianggap sebagai salah satu band yang menjadi pelopor sekaligus nenek moyang Musik Hard Rock di dunia.

5. Queen

Pelantun lagu Bohemian Rhapsody ini pastinya tidak asing lagi di teling kita semua. Berusia lebih 40 tahun, band yang muncul sejak 1970 ini masih ada sampai sekarang, dan lagi-lagi masih berasal dari London, serta berlabel EMI, Parlophone, Elektra, Capitol dan Hollywood Island.

Formasi pertama dari band ini adalah Freddie Mercury, Brian May, Roger Taylor dan John Deacon. Eksistensi yang dimiliki dengan segudang lagu fenomenal, menghantarkan karir mereka ke puncak kesuksesan.

Beberapa lagu Queen yang masih sering terdengar hingga kini diantaranya Bohemian Rhapsody, Love of My Life, We Will Rock You, I Want to Break Free, We are the Champions dan lain-lain. Bahkan lagu We are the Champions dijadikan backsound di hampir seluruh kejuaraan olahraga.

6. The Beatles

Grup band barat legendaris
CNBC.com

Masih berasal dari Inggris namun bukan London, tepatnya Liverpool. Band yang hanya berkiprah 10 tahun (1960-1970) ini berhasil membuktikan kepada dunia, bahwa untuk meraih prestasi yang gemilang tidak selalu membutuhkan waktu yang lama.

Ini dibuktikan dengan keberhasilan mereka dalam meraih berbagai penghargaan m, serta banyak single yang bisa dengan cepat menembus pasar dunia. Sebut saja lagu yang bertajuk Yesterday, Let It Be, I Want to Hold Your Hands, She Loves You, Help, A Day in the Life, Twist and Shout dan lain-lain.

Di sisi lain, kepopulerannya tidak lepas dari formasi awal yang benar-benar komplit dan bertalenta, diantaranya John Lennon, Paul McCartney, George Harrison dan Ringo Starr, yang menghantarkan mereka pada titik puncak ketenaran di masanya.

7. Gun N’ Roses

Berikutnya ada Gun N’ Roses, band beraliran Heavy Metal dan Hard Rock yang berasal dari Los Angeles, California, A.S. Band yang sering disingkat GNR ini awal mulanya masuk ke Geffen Records pada tahun 1986.

Formasi awal diisi oleh Axl Rose, Slash, Izzy Stradlin, Duff McKagan dan Steven Adler. Beberapa lagu terhits mereka diantaranya Sweet Child O’Mine, November Rain, Welcome to the Jungle, Paradise City dan masih banyak lagi.

Gun N’ Roses adalah salah satu band beraliran Hard rock dan heavy metal terbaik sepanjang masa, dengan lebih 100 juta penjualan rekaman melalui 6 album mereka, di mana 45 juta diantaranya di Amerika Serikat.

8. Deep Purple

Band Rock Barat berikutnya yakni Deep Purple, sebuah band yang berasal dari Hertford, Hertfordshire, Inggris, dengan menggandeng aliran Hard Rock, Heavy Metal, Progressive Rock dan Psychedelic Rock (early).

Band ini aktif sejak tahun 1968 dan bubar di tahun 1976. Meski hanya berjalan selama 8 tahunan saja, namun Deep Purple telah dinobatkan sebagai salah satu pelopor heavy metal dan hard rock modern hingga saat ini.

Di tahun 1975, Deep Purple meraih penghargaan sebagai Band Terkeras di Dunia versi Guinness Book of World Record, serta berhasil menjual lebih 100 juta rekaman ke seluruh dunia. Beberapa lagu fenomenal mereka diantaranya Soldier of fortune, Burn, Highway Star dan lain-lain.

9. Avenged Sevenfold

Pelantun lagu fenomenal “Dear God” ysng menghiasai masa-masa bermain Warnet ini telah ada sejak tahun 1999, berasal dari Huntington Beach, California, A.S., dan berlabel Capitol Warner Bros dan Hopeless Good Life.

Band yang sering disingkat A7X dan terkenal dengan logo Kelelawar berkepala Tengkorak ini punya segudang lagu hits yang masih tenar hingga detik ini, sebut saja seperti Dear God, Hail to the king, So far away, bat Country, Afterlife, Nightmare dan lain-lain.

Personil Avenged Sevenfold untuk saat ini ialah Matt Shadow, Synyster Gates, Zacky Vengeance, Johny Crisht dan Brooks Wackerman. Mantan anggotanya antara lain The Rev, Mike Portnoy, Daemon Ash, Justin Sane, Matt Wendt dan Arin Ilejay.

10. Linkin Park

Band beraliran rock terbaik
Merahputih.com

Selanjutnya ada Linkin Park, band yang berasal dari Agoura Hills, California, A.S. dan bergenre Alternatif rock, nu metal, alternative metal, rap rock dan Rock elektronik. Band ini telah ada sejak 1996 hingga sekarang, meskipun sang Vokalis telah wafat baru-baru ini.

Di tahun 2000, Linkin Park mulai mengudara secara internasional, melalui debut album pertama mereka bertajuk Hybrid Theory, serta mendapatkan sertifikasi Diamond oleh RIAA pada tahun 2005 dan multi-Platinum di beberapa negara lainnya.

Personil saat ini adalah Rob Bourdon, Brad Delson, Mike Shinoda, Dave Farrell dan Joe Hahn. Tahun 2017, Band ini mulai vakum selepas wafatnya Chester Bennington beberapa saat sebelumnya. Ditambah lagi, mereka belum menemukan pengganti yang cocok.

Beberapa lagu Linkin Park paling terkenal diantaranya adalah Numb, breaking the habit, No body Listening, What I’ve Done, New Divide, In The End, Papercut, Crawling dan masih banyak lagi.

11. U2

Band Rock Terbaik Sepanjang Masa selanjutnya yakni U2, generasi band yang muncul pada tahun 80-an dan masih eksis hingga saat ini. Personilnya antara lain ialah Bono, The Edge, Adam Clayton dan Larry Mullen menjadi pelopor kesuksesan U2 di kancah internasional.

Salah satu album paling sukses dari mereka ialah “The Joshua Tree”, melambungkan nama mereka di Irlandia selaku daerah asalnya, hingga ke panggung dunia. Beberapa lagu terkenal mereka diantaranya Vertigo, New Years Day, With or Without You dan lainnya.

12. The Grateful Dead

Selanjutnya ada The Grateful Dead yang sudah mengudara sejak tahun 1965. Keunikan band asal Amerika Serikat ini ialah keberhasilan dalam mengkombinasikan beberapa unsur musik, diantaranya Rock, Folk, Bluegrass, Blues, Raggae dan Jazz.

Eksistensi mereka cukup diperhitungkan pada masanya. Meskipun saat ini sudah fakum karena faktor usia, lagu-lagu mereka akan selalu dikenang. Bahkan band ini masuk dalam daftar 100 band paling berpengaruh di dunia, dan berada di posisi 57.

13. The Velvet Underground

Di posisi selanjutnya ada The Velvet Underground, band yang berasal dari New York, Amerika Serikat, dan telah mengudara dari tahun 1964. Personil awal band ini dikomandoi oleh Lou Reed, John Cale, Sterling Morrison dan Angus MacLise.

Band ini vakum setelah tahun 1996, 32 tahun berkiprah dalam belantika musik rock dunia, menjadikan The Velvet Underground sebagai salah satu band yang disegani dan memiliki banyak sekali penggemar dari seluruh penjuru bumi.

14. Ramones

Band Rock tersukses selanjutnya ialah Ramones, yang dikenal sejak tahun 1974. Band yang berasal dari Amerika Serikat digadang-gadang menjadi band beraliran Punk Rock pertama sekaligus sebagai pelopor bagi generasi selanjutnya.

Kiprah yang panjang membuat mereka menerbitkan 14 album, diantaranya ialah Blitzkrieg Bop, I Wanna Be Sedated dan Sheena Is A Punk Rocker, menggema begitu fantastis di hampir setiap negara di dunia, sekaligus menjadi single terhits mereka.

15. Pink Floyd

Pink Floyd lahir tahun 1968, band yang beraliran Physcedelic Rock dan Progressive Rock begitu kental sepanjang perjalanan mereka, ditambah lagi lirik-lirik lagunya yang religius serta identik dengan unsur keagamaan.

Kesuksesan medeka dilirik oleh banyak label musik, diantaranya Labels EMI Columbia, Tower, Harvest, Capitol, Columbia, Sony Music, EMI hingga Parlophone. Personil awalnya ialah Syd Barrett, Nick Mason, Roger Waters dan Richard Wright.

16. Metallica

Gambar metallica hd
Metalsucks.net

Band Rock asal Barat selanjutnya ialah Metallica, nama awalnya ialah The Young of Metal Attack, namun diubah beberapa saat setelahnya menjadi Metallica. Kata ini sendiri konon ialah penggabungan dari 2 suku kata, yakni Metal dan Vodca.

Band ini berasal dari California, Amerika Serikat. Personil awal Metallica diantaranya Lars Ulrich, James Hetfield, Lloyd Grant dan Ron Mc Govney, yang kemudian memunculkan single Hit The Light, lagu paling fenomenal dan berhasil melambungkan nama mereka.

17. Black Sabbath

Band asal Birmingham, Inggris ini disebut-sebut sebagai pelopor dari aliran Heavy Metal, pendirinya antara lain Ozzy Osbourne, Tony Iommi, Geezer Butler dan Bill Ward. Mereka sangat sering berganti personel, hingga akhirnya hanya Lommi saja personil awal yang tersisa.

Band ini telah mengudara sejak tahun 1968 hingga sekarang, dilabeli oleh Vertigo, Warner Bros, Sanctuary, IRS, Reprise dan Epic. Meskipun hampir semuanya telah bercerai, namun hingga kini mereka masih sering mengadakan pertemuan alumni.

18. Eagles

The Eagles merupakan grup musik rock asal Amerika Serikat, yang dibentuk pada tahun 1971, di mana anggota awalnya ialah Glenn Frey, Don Henley, Bernie Leadon, dan Randy Meisner. Album Hotel California menghantarkan band ini menjadi pemuncak di Amerika Serikat kala itu.

Eagles telah meraih beberapa kali penghargaan, diantaranya 6 Grammy Awards, 5 American Music Awards, dan 6 album nomor satu. Mereka jiga dinobatkan sebagai band rock tersukses di tahun 70-an. Band ini dilabeli oleh LabelAsylum, Geffen, Polydor dan Lost Highway.

Oleh “Rolling Stone “The 500 Greatest Albums of All Time”, lagu berjudul “Hotel California” dimasukkan dalam daftar mereka serta ditempatkan pada posisi ke 37. Album mereka yang bertajuk Their Greatest Hits (1971–1975), masuk dalam 20 Album terlarik di AS versi  Recording Industry Association of America.

19. AC/DC

Dari keseluruhan daftar di atas, ini adalah satu-satunya yang berasal dari Asia. AC/DC dibangun di Sydney, Australia pada tahun 1973 oleh Malcolm Young dan saudaranya Angus Young. Band ini beraliran Hard rock, Heavy Metal, Blues-Rock dan Rock & Roll.

Pengaruh mereka sangat besar dalam dunia musik Rock, pasalnya, 150 juta keping rekaman telah tersebar ke seluruh dunia. Bahkan, album bertajuk “Back in Black” yang terjual 42 juta keping, 21 juta kepingnya ludes di Amerika Serikat saja.

Anggota band AC/DC terakhir ialah Brian Johnson, Angus Young, Malcolm Young, Cliff Williams dan Phil Rudd. Sedangkan mantan anggota yakni Bon Scott, Simon Wright, Chris Slade, Mark Evans, Dave Evans dan lainnya.

20. Bon Jovi

Gambar band bon Jovi
Ultimateclassicrock.com

Bon Jovi ialah grup musik rock ysng berasal dari Sayreville, New Jersey, Amerika Serikat. Band ini telah berdiri sejak tahun 1983, dan berhasil menjual lebih dari 120 juta keping, di mana 40 juta diantaranya beredar di Amerika Serikat.

Band ini dimonitori oleh Jon Bon Jovi, David Bryan, Tico Torres, Phil X dan Hugh McDonald. Sepanjang kiprah mereka, band ini telah merilis 13 album studio, tiga album kompilasi dan satu album live. mereka juga sudah melakoni 2.700 konser di lebih dari 50 negara, dengan lebih dari 34 juta fans.

Band Rock Terbaik Di Dunia Yang Lainnya

Jika di Indonesia saja, terdapat lebih dari 50 band rock, bagaimana di luar negeri / secara global? Tentu jumlahnya akan sangat banyak sekali. Tetapi, tidak semuanya terekspos dengan jelas, apalagi yang usianya sudah sangat legendaris.

Untuk itu, disini Senipedia mencoba merangkum beberapa Band beraliran Rock terbaik, yang diseleksi dari berbagai sumber terpercaya. Beberapa band di atas hanya sebagian kecilnya saja. Untuk lebih lengkapnya, silakan kenali di bawah ini :

  • Bob Marley & The Wailers
  • Sly And The Family Stone
  • The Who
  • The Doors
  • Scorpions
  • Aerosmith
  • Van Halen
  • S*x Pistols
  • Iron Maiden
  • Europe
  • Helloween
  • White Lion
  • Dream Theater
  • Radiohead
  • Green Day
  • Mr. Big
  • Pearl Jam
  • Fire House
  • Oasis
  • SteelHeart
  • Muse
  • Foo Fighters
  • The Killers
  • Coldplay
  • My Chemical Romance
  • Experience
  • The Jimi Hendrix
  • Van Halen
  • The Police
  • Stone Temple Pilots
  • Rush
  • Genesis
  • Prince and the Revolution
  • Yes
  • Earth Wind and Fire
  • The Beach Boys
  • The Bee Gees
  • Steely Dan
  • Soundgarden
  • James Brown and the JBs
  • Fleetwood Mac
  • Crosby, Stills, Nash and Young
  • ZZ Top
  • Aerosmith
  • Cream
  • The Allman Brothers
  • Bruce Springsteen & The E Street Band
  • Boston
  • Dire Straits
  • King Crimson
  • Parliament Funkadelic
  • Foreigner
  • Dixie Chicks
  • The Talking Heads
  • David Bowie and The Spiders From Mars
  • The Band
  • Jethro Tull
  • The Beastie Boys
  • Tool
  • The Clash
  • Rage Against The Machine
  • No Doubt
  • Creedence Clearwater Revival
  • Little Feat
  • Alice In Chains
  • Duran Duran
  • Orbital
  • Frank Zappa and the Mothers of Invention
  • Living Colour
  • Audioslave
  • Primus
  • The Carpenters
  • Blondie
  • Lynyrd Skynyrd
  • Traffic
  • R.E.M.
  • Isaac Hayes and the Movement
  • Buffalo Springfield
  • The Jackson Five
  • Derek and the Dominos
  • The O’Jays
  • Harold Melvin and the Blue Notes
  • Underword
  • Thievery Corporation
  • Motley Crue
  • Janis Joplin and Big Brother and the Holding Company
  • The Animals
  • The Kinks
  • Radiohead
  • Iron Maiden
  • Kansas
  • Motorhead
  • The Orb
  • The Cure
  • Judas Priest
  • Slayer
  • Black Eyed Peas

Penutup Band Rock Barat

Demikianlah informasi tentang Kumpulan Band Rock Barat Terbaik dan populer sepanjang masa. Semoga dengan adanya informasi di atas, bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu seputar musik beraliran rock di dunia. Terima kasih.

Tinggalkan komentar